Liana Maharani

Saya merupakan mahasiswa semester 2 PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 yang mengikuti perkuliahan di LPTK Universitas Pendidikan Ganesha...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksi Nyata Topik 4 Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Aksi Nyata Topik 4 Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

AKSI NYATA TOPIK 4 PSdPI

Refleksi Pembelajaran menggunakan alur MERDEKA

- Mulai dari diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawaban :

Hal yang saya pikirkan mengenai topik ini sebelum proses pembelajaran adalah cara guru dalam menerapkan implementasi dari topik ini. Bagi saya belum sepenuhnya memahami bagaimana penerapan ZPD yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

- Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Hal yang dapat saya pelajari yakni pandangan saya mengenai topik bahasan ini membuat konsep pembelajaran yang melibatkan perspektif sosiokultural dalam ZPD (Zone of Proximal Development) pada sebuah pembelajaran. Hal yang harus dipersiapkan dalam menerapkan ZPD ini adalah mengidentifikasi dan memahami kondisi peserta didik guna memudahkan pembelajaran mengenai dampak dari peserta didik diberi bantuan. ZPD dapat digunakan untuk merangsang aktivitas peserta didik dalam berpartisipasi di kelas sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di kelas.

- Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Jawaban :

Hal-hal yang saya dan rekan-rekan kelompok pelajari pada ruang kolaborasi yakni saya dan teman-teman digabung menjadi sebuah kelompok untuk berdiskusi mengenai pandangan masing-masing terkait ZPD dalam proses pembelajaran dan kesiapan mengajar. Selain itu terdapat persamaan dan perbedaan pandangan terkait seorang guru mengetahui di tahap mana peserta didik berada dan sejauh mana bantuan yang akan diberikan.

- Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawaban :

Hal-hal penting yang telah saya pelajari dari alur “Demonstrasi Kontekstual” yakni hasil presentasi mengenai pandangan masing-masing dalam memahami pembelajaran menggunakan ZPD dapat membantu peserta didik ataupun guru dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berpihak pada peserta didik. Kami menyadari bahwa ZPD memberikan pengaruh dalam proses pembelajaran

- Elalobrasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Jawaban : Hal-hal yang saya pahami mengenai topik ini adalah saya memahami mengenai pemmbelajaran Zone of Proximal Development dan proses scaffolding yang berpengaruh dalam proses pembelajaran di kelas.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Jawaban :

Hal-hal baru yang saya pahami dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran yakni istilah scaffolding yang merupakan pemberian bantuan kepada peserta didik selama tahap awal pembelajaran dan mengurangi bantuan tersebut ketika peserta didik mampu mengerjakan sendiri. Hal ini bertujuan untuk memudahkan guru untuk menyamaratakan dengan pertimbangan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran denga memerhatikan kondisi peserta didik.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Jawaban :

Hal-hal yang ingin saya pelajari mengenai lebih lanjut adalah :

- Apakah ZPD dan scaffolding bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan dan bagaimana cara seorang guru untuk mengatasi situasi jika terjadi kecemburuan sosial dalam proses pembelajaran di kelas?

- Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun mata kuliah lain?

Jawaban :

Hal yang telah saya pelajari dalam koneksi antar materi ini baik pada mata kuliah yang sama ataupun pada mata kuliah yang lain yakni adanya beberapa kaitan dengan mata kuliah lain, seperti Filosofi Pendidikan Indonesia, Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya, Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I, Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran dan lainnya memberikan kesimpulan bahwa kaitan ZPD (Zone of Proximal Development) dalam pengajaran dan pembelajaran di Indonesia.

- Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat pembelajaran perspektif sosiokultural khususnya pada kesiapan saya dalam mengajar jika menerapkan ZPD dan scaffolding di kelas dengan melibatkan perspektif sosiokultural.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10?

Kesiapan saya dalam skala 1-10 adalah 8.

Apa alasannya?

Alasannya karena menerapkan pembelajaran karena saya belum memahami secara mendalam terkait strategi dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan ZPD.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal-hal yang perlu saya siapkan lebih lanjut agar bisa menerapkannya secara optimal yakni menambah pengetahuan dengan membaca artikel-artikel terkait pembelajaran yang menerapkan ZPD yang melibatkan perspektif sosiokultural serta melaksanakan kegiatan kuliah dan melaksanakan tugas secara optimal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post