Lia Nurmala

Seorang ibu yang memiliki 2 pasang putra/i, memiliki cita - cita menuliskan perjalanan hidup dan karirnya tentang menggapai cita yang bukan cita - citanya. Bela...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sharing, Kenapa Tidak????
Keluarga SDN Cibugel 1

Sharing, Kenapa Tidak????

Agenda hari ini adalah ajang pertemuan keluarga besar SDN Cibugel 1, tanpa terkecuali karna prinsip yang kami miliki adalah untuk kita , oleh kita dan dari kita. Semua yang kita sudah sepakati, dijalani dengan kesadaran diri tanpa paksaan dan tanpa melihat siapa atau karna apa.

Ada beberapa hal yang disampaikan pada pertemuan ini, yaitu tentang supervisi akademik yang sudah berjalan sebagai monitoring dan evaluasinya. Persiapan supervisi manajerial dan akreditasi sekolah yang akan kami hadapi nantinya. Otomatis butuh sinergitas diantara satu sama lain untuk mewujudkannya.

Dalam melaksanakan supervisi akademik, sebelumnya semua guru sudah diberikan jadwal serta instrumennya. Maksud dan tujuannya agar para guru paham dan mengerti apa saja yang perlu mereka persiapkan dan tentunya sebagai manajerial tak pernah sedikitpun mewajibkan mereka untuk mempersiapkan semuanya dengan sempurna. Prinsipku semua butuh proses dan tak semudah membalikkan telapak tangan, jadi sekecil apapun usaha yang mereka lakukan pastilah sangat berharga. Tak pernah menjudge apapun yang sudah mereka buat itu salah, selama mereka berusaha sejauh itulah penghargaan akan ku berikan. Ibaratnya mau benar atau tidak, yang terpenting mereka mengerjakan. Yang salah itu yang tidak mengerjakan , betul bukan??? Hehehe ....

Jika mereka sudah mengerjakannya, akan ada tindak lanjut yang diberikan. Dengan catatan, berkomunikasi dan sharing atau berbagi bukan mengajari. Sehingga tak ada istilah si A yang hebat lalu bisa mengomentari , si B yang sudah lama lalu bisa menyalahkan yang sudah dikerjakan oleh new comer๐Ÿ˜

Inilah yang kami inginkan, saling berbagi satu sama lain. Kekurangan yang kami punya saling ditutupi oleh kelebihan yang masing - masing kami miliki. Dengan demikian tak ada istilah siapa yang paling hebat, tetapi semua berkedudukan sama dengan saling melengkapi.

Untuk persiapan supervisi manajerial yang akan dilaksanakan oleh pengawas sebagai supervisor nya pada Kamis, 27/02/2020 ini , ada 14 item yang harus dipersiapkan. Dengan diskusi akhirnya ke 14 item ini kita bagi bersama, bukan bermaksud untuk mengerjai atau memberikan tugas tambahan pada mereka , maksud yang ku punya antara lain ingin berbagi agar mereka mengetahui dan paham apa saja yang ada dalam supervisi manajerial. Kalo boleh sombong, hehehe... Maaf Pemirsah๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ bisa saja ke 14 item tersebut ku kerjakan sendiri, tapi apakah itu disebut dengan manajerial yang baik??? Aku hanya ingin kita pelajari bersama toh didalamnya terdapat beberapa item yang masih berkaitan dengan tupoksi mereka sebagai guru. Tentunya dengan saling berbagi atau istilah kerennya dengan arahan dan bimbingan sebagai manajerial tentunya.

Pengalamanlah yang akan mengajarkan semuanya, aku menginginkan nantinya mereka mumpuni dalam bidang ini, toh tidak rugi bukan untuk mempelajarinya??? Mendapatkan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat nantinya.

Tanpa mereka sadari, dengan mempersiapkan semuanya itu sudah menjadi persiapan dalam menghadapi akreditasi sekolah nantinya. Tertib administrasi sangatlah dibutuhkan untuk menghadapinya , karna nanti apa yang kamo kerjakan sekarang akan menjadi bukti fisik pada saat visitasi akreditasi sekolah oleh asesor yang ditugaskan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Banten nantinya.

Pasca saling berdiskusi, diakhiri dengan makan bersama nasi liwet yang memang sudah disiapkan dengan menu sederhana tapi tak kalah nikmat dengan masakan hotel ternama bintang lima. Kalau ada bintang tujuh pun lewat, mau mencoba??? Datanglah ke sekolah kami๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Sekali lagi, tak pernah ada batasan antara kami. Semua berjalan dengan menjalankan tugas, pokok dan fungsinya ( tupoksi ) masing - masing. Tak ada yang disebut pimpinan atau bawahan, kami semua sama dengan tupoksi yang kami miliki. Bukan kah dihadapan Allah semua manusia sama??? Hanya amal ibadahlah juga keimanan dan ketakwaannya lah yang akan membedakannya. Jika di dunia semua sama.

Tak ingin ada rasa takut dan sungkan, biar semuanya terlarut dalam kekeluargaan sehingga tak perlu lagi ada batasan di antara kami semuanya.

Semoga saja kekeluargaan dan silaturahmi yang kami jamin menjadi ajang komunikasi, kolaborasi dan kerjasama sehingga menghasilkan sinergitas yang solid satu sama lain. Semoga saja, Aamiin...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post