LILIK FATKHU DINIYAH

Asah kreativitas, hasilkan karya tanpa batas...

Selengkapnya
Navigasi Web
Inilah Alasan Internet Penting bagi Pendidikan

Inilah Alasan Internet Penting bagi Pendidikan

Di zaman milenial ini, siapa sih yang tidak butuh internet? Hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan internet, baik tua, muda, bahkan anak-anak usia TK pun sudah mampu menggunakannya. Namun, apakah internet telah membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat pengguna? Atau justru sebaliknya?

Sebagai guru, bagi saya internet sudah menjadi kebutuhan. Mengapa? Melalui internet, kita dapat menemukan berbagai sumber dan media pembelajaran yang menarik. Anak zaman now tentu kurang tertarik jika guru hanya menggunakan sumber atau media pembelajaran yang berada di lingkungan sekitar. Guru harus mampu mengolaborasikan dengan media edukatif dari internet, tentu anak-anak mudah memahami dan menyenangkan. Banyak tersedia video-video menarik tentang pembelajaran, termasuk video animasi maupun film dokumenter.

Selain itu, guru juga bisa mencari refensi yang dibutuhkan. Melalui internet, kita dimudahkan mencari literatur. Cukup dengan mengetikkan kata kunci materi yang diajarkan, langsung muncul daftar tulisan yang berkaitan dengan materi tersebut. Namun, pastinya harus memilih daftar tulisan dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kebenarannya. Bahkan, mencari buku pun sangat dimudahkan melalui e-book.

Saya sering menggunakan Google Schoolar atau Google Cedekia untuk mencari sumber referensi dalam membuat media atau penerapan berbagai model dan teknik pembelajaran. Di sana terdapat banyak jurnal yang dapat dipertanggungjawabkan sumbernya. Jadi, sangat mudah bagi kita untuk melakukan improvisasi dan inovasi dalam pembelajaran sehinga kita mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Setelah guru mampu menciptakan inovasi dalam pembelajaran, guru juga bisa membuat laporan penelitian, baik berupa PTK maupun artikel yang bisa dipublikasikan melalui jurnal. Pengalaman saya, setelah mendapatan berbagai referensi tentang model pembelajaran dari jurnal nasional, saya mencoba membuat artikel. Kemudian artikel tersebut saya ajukan ke jurnal inovasi daerah “Jendela” dari Balitbang Kota Magelang. Alhamdulillaah artikel saya lolos dan masuk menjadi pemakalah pada acara For Call Paper yang direview oleh Prof. Dr. Ir. Saratri Wilonoyudho, M.Si., seorang dosen Universitas Negeri Semarang. Belau juga Sekretaris Dewan Riset Daerah Jawa Tengah dan Ketua Koalisi Kependudukan Jawa Tengah.

Sebuah anugerah bagi saya sebagai guru kecil bisa lolos dalam ajang istimewa ini. Internet sangat membantu saya dalam pengembangan kompetensi maupun pembelajaran. Bahkan, tahun lalu saya mendapatkan Anugerah Guru Inspiratif Nasional juga karena mendapat informasi dari internet. Salah seorang teman memberikan informasi melalui Whatsapp tentang seleksi guru inspiratif nasional yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar PGRI. Setelah melalui berbagai seleksi dan persyaratan, Alhamdulillaah saya lolos dan mendapat anugerah tersebut.

Selain itu, internet juga dapat kita gunakan untuk berkomunikasi secara intensif kepada orang tua murid. Apalagi guru SD memiliki tanggung jawab besar untuk mengembangkan karakter peserta didik. Dalam kurikulum 2013, penguatan pendidikan karakter menjadi yang paling diutamakan bagi peserta didik. Untuk itu, kerjasama dengan orang tua dalam menanamkan pendidikan karakter sangat dibutuhkan. Kita dapat menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan orang tua.

Saya membuat grup WhatsApp (WA) untuk komunikasi dengan orang tua kelas 6. Melalui grup WA, saya menyediakan ruang sharing dan kerjasama untuk memantau ibadah dan perilaku peserta didik selama di rumah maupun di sekolah. Pertama yang saya tekankan adalah tentang ibadah. Mengapa? Karena pelaksanaan ibadah yang sempurna mampu menjadi tolok ukur karakter anak. Ketika anak sudah mampu melaksanakan ibadah dengan benar dan sempurna, dia akan mudah diarahkan menjadi anak yang berkarakter baik. Apa pun masalah serta keluhan yang dihadapi orang tua, saya melayani melalui WA, baik disampaikan melalui grup maupun secara pribadi.

Demikianlah pentingya internet dalam dunia pendidikan. Melalui bantuan internet, kita dimudahkan dalam menyelesaikan setiap persoalan. Bahkan, kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya serta tenaga jika mampu memanfaatkan internet dengan baik. So ... mari manfaatkan internet seluas-luasnya dalam dunia pendidikan. Dengan demikian, kita juga membantu mewujudkan tujuan nasional Bangsa Indonesia dalam mencerdaskan anak bangsa.

#InternetPendidikan #MediaGuru

#Indosat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jika internet adalah pisau tajam, maka 'pisau' ini akan menajdikan pemiliknya mudah dan enak memakainya. Hasil potongannya juga rapi dan menyenangkan. Tapi, orang tuatua pastikan akan mengingatkan, pisau itu juga berbahaya. Ya, kan Bu?

25 Jan
Balas

Berbahaya saat kita salah menggunakannya. Begitu Bapak? Salam hormat

25 Jan

Jika internet adalah pisau tajam, maka 'pisau' ini akan menajdikan pemiliknya mudah dan enak memakainya. Hasil potongannya juga rapi dan menyenangkan. Tapi, orang tuatua pastikan akan mengingatkan, pisau itu juga berbahaya. Ya, kan Bu?

25 Jan
Balas

Inggih Bapak ...Sangat setuju

26 Jan

harus bisa memilah dan memilih

25 Jan
Balas

Ya, benar Bunda

25 Jan

Internet itu hasil dari teknologi. Teknologi yang ada bisa kita pergunakan dengan baik. Tapi sayangnya ada beberapa daerah yang belum bisa menjangkaunya, sehingga kecanggihan internet untuk saat ini belum bisa ternikmati merata. Maaf ibu, Di daerah tempat saya ngajar, peserta didik saya kalau inginendapatkan sinyal harus keluar darah derahnya sejauh lebih kurang 25 km.

14 Dec
Balas

Internet itu hasil dari teknologi. Teknologi yang ada bisa kita pergunakan dengan baik. Tapi sayangnya ada beberapa daerah yang belum bisa menjangkaunya, sehingga kecanggihan internet untuk saat ini belum bisa ternikmati merata. Maaf ibu, Di daerah tempat saya ngajar, peserta didik saya kalau inginendapatkan sinyal harus keluar darah derahnya sejauh lebih kurang 25 km.

14 Dec
Balas



search

New Post