LILIK MASRUKHAH,M.Pd

Lilik Masrukhah adalah salah satu guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Wonoayu,tepatnya sebagai ketua tim Literasi di SMP N 2 Wonoayusejak thn 2017.Menulis bagin...

Selengkapnya
Navigasi Web
SISI NEGATIF GADGET DALAM PEMBELAJARAN

SISI NEGATIF GADGET DALAM PEMBELAJARAN

Gadget merupakan hasil inovasi dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang canggih, yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat modern saat ini yang menjadi suatu kebutuhan penting dalam setiap aktivitas kehidupan.

Penggunaan gadget dalam aktivitas pembelajaran harus dilakukan secara efisiensi dan efektiv sehingga mampu membangun suasana belajar yang enjoy, mudah, kritis dan kreatif bagi siswa. Namun diantara banyak dampak positif nya ada beberapa dampak negatif dari penggunaan gadget dalam aktivitas pembelajaran. Salah satu yg sangat urgensi sekali bahwa gadget ini membentuk generasi muda yang berfikir pendek serta ketahanan konsentrasi nya hanya dalam waktu yg singkat.

Sebagian besar anak anak kita menggantungkan hidupnya pada alat alat elektronik seperti Android, tablet, laptop yang lebih biasa disebut gadget. Kecenderungan penyalahgunaan gadget yang menyediakan berbagai kemudahan dalam semua informasi dan hal hal yang berbau up dateng bahkan bisa mengakses hal hal terkait dalam segala hal. Hal ini akan menjadikan siswa menjadi malas dalam melaksanakan tugas disekolah yg cenderung membatasi kreativitas siswa. Sehingga berpengaruh pada sikap siswa yang cenderung menjadi pemalas.

Dengan maraknya pemakai gadget, menurut beberapa ahli akan sangat memengaruhi perilaku sosial dalam diri siswa. Bagaimana siswa sulit berinteraks secara face tolong face, sehingga kehilangan makna berinteraks secara face to face, kurang terjalin nya kerja sama antar teman. Hidup secara indidualis dengan menggunakan dunia maya.

Sehingga disarankan dalam pemakaian gadget pembelajaran harus di imbang dengan pengawasa yang konsisten sehingga dampak negatif yang bisa diminimalisirkn, karena gadget ini begitu dibutuhkan dalam kegiatan observasi dalam aktivitas proses belajar mengajar dikelas.

Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

"Harus diimbang dengan pengawasa yang konsisten." Benar bu. Sepakat

04 Jul
Balas

"Hidup secara indidualis dengan menggunakan dunia maya". Di sini justru orang tua perlu andil dalam pendampingan dari segi waktu dan pengawasan. Bagaimana dengan Anda?

06 Jul
Balas

harus di imbang dengan pengawasan yang konsisten sehingga dampak negatif yang bisa diminimalisirkn, setuju bu...

04 Jul
Balas

Terapi dan solusi yang cerdas. Sip , mampu seimbangkan langkah.

04 Jul
Balas



search

New Post