Lili Suryani

Penulis adalah Sarjana Matematika jurusan pendidikan matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Saat ini penulis ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karakteristik Siswa

Karakteristik Siswa

Mengenali karakter siswa adalah salah satu kemampuan paedagogik guru, tujuannya membantu guru merencanakan pembelajaran yang sesuai untuk siswa agar hasilnya lebih optimal.

Faktor - faktor yang mempengaruhi karakteristik siswa :

1. Latar belakang siswa

status sosial ekonomi lingkungan keluarga kesehatan fisik kemampuan berbahasa pengalaman masa lalu

Cara menyesuaiakan strategi belajar dengan latar belakang siswa :

#status sosial ekonomi

Jika ada siswa yang kurang mampu maka strateginya dengan menyesuaikan penugasan agar memanfaatkan barang-barang sekitar supaya tidak mahal.

#Jika siswa tidak memiliki gawai/hp

bila PJJ, sesuaikan kegiatan dengan perangkat siswa, jika siswa tidak punya hp maka strateginya tugas diberikan dalam bentuk panduan melalui HP orang tua yang dapat dicatat ulang siswa sehingga penggunaan perangkat bisa diminimalisir.

2. Perkembangan Kognitif Siswa

fokus atensi ingatan pengolahan informasi penalaran pemecahan masalah

Cara menyesuaiakan strategi belajar dengan perkembangan kognitif siswa :

#Bila banyak siswa tidak fokus belajar maka strateginya : guru menggunakan alat peraga /media warna-warni untuk menarik perhatian belajar.

terapkan kegiatan pembelajaran aktif yang menuntut siswa untuk bergerak : bermain peran dan aktivitas berbasis permainan supaya siswa tidak mudah bosan.

3. Perkembangan sosial-emosional siswa

kemampuan sosial emosi motivasi pola pikir (mind set) Regulasi diri (self-regulation)

Cara menyesuaiakan strategi belajar dengan perkembangan emosional - sosial siswa :

# Bila guru merasa kemampuan sosial siswa perlu ditingkatkan maka guru merancang kegiatan kelompok untuk mengasah kerja sama dan interaksi sosial antar siswa.

# Beri penugasan yang membuat siswa harus berinteraksi lansgung dengan anggota keluarga / masyarakat sekitanya agar kemampuan interpersonal siswa semakin terasah.

4. Pengetahuan akan Mata Pelajaran itu sendiri.

Konsep penting pelajaran terkait yang menjadi pondasi untuk memahami topik selanjutnya.

#MTK _ Hitung luas bangun datar siswa harus paham operasi bilangan.

(operasi Bilangan, geometri)

#BI _ Menulis Cerpen harus memiliki kosakata dan kemampuan baca yang cukup.

(kosakata, kemampuan membaca, menulis)

#IPA _ Proses foto sintesis bagian tumbuhan dan fungsinya.

(Klasifikasi tumbuhan, bagian tumbuhan, Proses fotosintesi)

Cara menyesuaiakan strategi belajar dengan pengetahuan mata pelajaran :

# Sebelum masuk topik baru lakukan :

*Urun pengetahuan.

*Kuis atau permainan untuk menyegarkan ingatan siswa akan topik sebelumnya.

*Pemantapan khusus untuk siswa yang kesulitan.

#TAGUR#20

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post