Pembelajaran Berdiferensiasi
Belajar adalah sebuah evolusi yang melibatkan berbagai pihak. Belajar bukan hanya tugas guru. Murid dan guru harus sama sama belajar, agar evolusi yang diharapkan berubah ke arah yang lebih baik. Murid belajar memahami dan mempraktekkan teori yang di berikan guru, sedangkan guru belajar tentang teori mengajar yang baik. Selain itu, guru harus memahami karakteristik murid dalam kelas masing masing.
Menurut Ki Kajar Dewantara, setiap individu itu adalah unik. Ki Hajar Dewantara mengingatkan guru bahwa pendidikan anak sejatinya melihat kodrat diri anak dan menghubungkannya dengan kodrat zaman. Kodrat diri anak yang bervariasi ini, mengakibatkan terjadinya perbedaan cara belajar murid, perbedaan daya serap dan berbagai perbedaan lainnya. Guru harus jeli melihat keberagaman tersebut dan tidak bisa memaksakan cara belajar tertentu sesuai dengan teori yang mereka yakini baik bagi murid. Murid juga berhak menerima pembelajaran sesuai dengan cara belajar masing masing, karena itu adalah kodrat alam mereka. Demi memenuhi perbedaan tersebut, maka pembelajaran berdiffrensiasi merupakan salah satu solusi yang patut dipahami oleh guru.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris differentiated instruction. Dalam KBBI, pembelajaran berdifferensiasi adalah proses atau filosofi untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk: mendapatkan konten; mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing siswa.
Menurut Tomlinson (2000), pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Guru harus adil dalam memenuhi kebutuhan murid. Adil bukan berarti memperlakukan murid sama, tapi ada kecocokan antara kebutuhan murid dan proses pembelajaran. Ada tiga strategi penerapan pembelajaran berdiffrensiasi, yaitu diferensiai konten, difereresiasi Proses dan diferensiai produk. Namun ketiga strategi tersebut tidak boleh lepas dari aspek kesiapan belajar murid, minat murid dan profil belajar murid.
Diferensiasi konten merupakan pemberian materi yang berbeda, sesuai dengan tingkat kesiapan belajar masing masing murid. Diferensiasi proses merupakan pembelajaran yang memberikan variasi kepada murid dalam mememahami materi, menemukan teori atau proses lainnya. Salah satu contohnya adalah, guru mendata minat dan bakat murid sebelum melakukan pembelajaran. Guru membuat pertanyaan pemandu yang diletakkan pada sudut sudut minat dalam kelas. Sementara itu, diferensiasi produk merupakan pemberian tugas yang berbeda kepada murid. Perbedaan tersebut tidak terlepas dari kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid.
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini, membuat murid merasa diperhatikan, lebih dihargai dan tertantang untuk belajar. Konten yang sesuai dengan kesiapan belajar, proses yang menarik, produk yang menantang, akan meningkatkan motivasi belajar murid. Kepiawaian seorang guru dalam membangun atmosfer lingkungan kelas yang positif, sangat diperlukan. Dengan demikian, profil pelajar pancasila, akan lebih mudah diwujudkan.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Sabana langkok dik. Mantaaap
Makasih un.
Wah, tulisan yang luar biasa lengkap dan bermanfaat. Sukses selalu Bunda
Terimakasih bunda Neti. Sukses juga buat bunda
Wah luar biasa, ulasan nya menarik menambah pemahaman, TKS bunda
Terimakasih telah mampir bunda Erni.
Mantap ulasannya..bu..salam sukses selalu
Terimakasih Bu Erida Yanti. Salam sukses juga buat ibu
Ulasan yang mantap, Bu. Differensiasi pembelajaran pas banget dengan konsep merdeka belajar. Salam sukses, Bu.
Terimakasih Apresiasinya bunda Cicik. Salam Sukses juga buat bunda
Ulasan yang mencerahkan
Terimakasih pak Barid
Ulasan yang menginspirasi dan keren bunda lily..salam sukses selalu bunda
Terimakasih bunda Yenti cantik. Salam sukses juga buat bunda