Lily Yuliani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Diklat ICT Meningkatkan Profesionalisme Pamong Belajar

Diklat ICT Meningkatkan Profesionalisme Pamong Belajar

Suatu pagi di hari Rabu 15 Agustus 2018,ada seorang teman alumni Literasi Pontianak membagikan kiriman di WA group yang berisi Diklat ICT for Professional Teachers Buku Digital Berbasis Ncesoft Flip Book Maker , gratis dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI. Info ini sangat menarik selain gratis syaratnya cukup mudah :

1. Share informasi ke group FB,WA dan Telegram

2. Kiriman screenshot ke WA admin

3. Invite friends ke group Telegram KGMD

4. Like dan share FB Pages Komunitas Guru Masa Depan

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari Komunitas Guru Masa Depan dengan Balai Insan Cendekia. Fasilitas yang akan didapatkan diantaranya :

1. Bimbingan online via telegram

2. Modul berupa Ebook

3. Mendapatkan sertifikat 32 JP

4. Instruktur profesional Balai Insan Cendekia

Alhamdulillah langkah saya untuk bisa bergabung dengan kegiatan ini dimudahkan, pembelajaran full daring berlangsung dari tanggal 15-31 Agustus 2018. Ada 2 room yang dipakai selama kegiatan yaitu kelas full WA E-Diklat ICT KGMD FREE untuk kosultasi dan juga channel telegram Info Diklat dan Modul.

Meskipun daring kegiatan ini juga menyertakan surat tugas dari masing-masing kepala instansi, maka dari itu panitia memberikan surat undangan bagi peserta yang telah registrasi. Jumlah peserta lumayan banyak sekitar 165 orang berasal dari jenjang formal maupun non formal dari TK , SD,SMP,SMA,SLB,SKB se Indonesia..

Hari pertama peserta diberikan modul Petunjuk Teknis untuk diklat daring bersama Balai Insan Cendekia melalui chanel telegram dipandu oleh Erizal seorang guru dan instruktur di Balai Insan Cendekia. Dipilihnya telegram sebagai chanel info diklat dan modul karena memudahkan untuk mengirim file yang berekstensi exe atau software untuk PC. Dengan demikian peserta diwajibkan untuk menginstal telegram. Selain itu peserta hanya perlu meluruskan niat untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru atau pendidik , kalaupun sertifikat hanya sebagai bonus saja. Mau meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan dan yang tidak kalah pentingnya adalah laptop dan android yang mumpuni.

Untuk instruktur Balai Insan Cendekia melakukan rekrutmen sangat ketat berasal dari berbagai wilayah di Indonesia melalui rekrutmen terbuka untuk seluruh kalangan terutama guru/pendidik.Ediklat pun tidak hanya tebatas pada guru/pendidik tetapi juga untuk dosen .

Hari berikutnya peserta mempelajari tentang Komunitas Guru Masa Depan melalui modul yang dibagikan. Komunitas ini di inisiatif oleh Adhan Chaniago selaku pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insani Cendekia ( LPP-BIC ) pada tahun 2014. Awal tahun 2018 bersama dengan team mengembangkan Diklat Daring untuk guru se Indonesia.

Komunitas Guru Masa Depan menjadi ruang bagi para guru/pendidik untuk saling menginspirasi belajar, berkolaborasi, berkarya dan meningkatkan kompetensi. Sehingga melahirkan berbagai kegiatan dan media untuk memenuhi kebutuhan belajar untuk para guru/pendidik.

Pertemuan selanjutnya peserta mulai diberikan 6 modul digital sebagai panduan dalam melakukan tugas.Berisi tentang instalasi Flipbook Maker, membuat buku digital, publish buku digital, instalasi flash player, video presentation, upload youtube sampai dengan laporan.

Melalui WA group peserta mengkonsultasikan kendala yang dihadapi. Beruntung kegiatan ini dikawal oleh admin yang sangat sabar namun tegas. Yah harus sabar karena peserta tidak semuanya paham dengan ICT belum lagi ada beberapa peserta yang sudah tidak muda lagi namun memiliki semangat yang luar biasa untuk meningkatkan kompetensinya. Tegas kepada peserta yang malas untuk baca info di chanel telegram maupun di WA group. Selain itu peserta saling mensupport satu sama lain.

Untuk tugas peserta wajib mempublikasikannya ke FB Komunitas Guru Masa Depan baik yang berupa buku digital, RPP, video tutorial , artikel/laporan dan harus menyertakan logo penyelenggara E-diklat.

Alhamdulillah saya berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan meski tidak jarang menghadapi beberapa kendala. Terimakasih kepada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insani Cendekia ( LPP-BIC ) selaku penyelenggara E-diklat yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Admin yang sudah banyak memberikan ilmunya serta para peserta se Indonesia yang sangat solid. Sukses selalu untuk kita……….

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post