Lina handayani

Wanita biasa yang biasa-biasa saja. -Hamba Allah-...

Selengkapnya
Navigasi Web

TULISAN MERUPAKAN WUJUD NYATA INVESTASI MEMBACA

TULISAN MERUPAKAN WUJUD NYATA INVESTASI MEMBACA

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dalam bidang kebahasaan yang cukup digemari banyak orang, karena melalui sebuah tulisan banyak hal dapat tersampaikan dengan jelas ketika ucapan tidak lagi bisa didengarkan. Hal ini terbukti dengan banyaknya fenomena yang ada saat ini, banyak orang tetiba menjadi gemar menulis dimedia-media sosial untuk sekadar mencurahkan isi hatinya, baik dalam bentuk cuitan ataupun menuliskan pantun dan puisi dilaman akun medsos pribadinya. Akan tetapi disadari ataupun tidak kegemaran menuliskan curhatan pribadi diakun media sosial terkadang menjadi seperti 2 mata pisau bagi penulisnya, jika sang penulis menuliskan tulisannya berbobot dan runtut tentunya akan menjadi tulisan yang menginspirasi bagi pembacanya, dan lain halnya menjadi kebalikannya jika penulis menuliskan sesuatu yang isinya tidak berbobot dan menggunakan diksi-diksi yang tidak tepat. Oleh karenanya jika dilihat sepintas menulis itu adalah kegiatan yang sangat mudah, namun jika ditelisik lebih dalam keterampilan menulis itu tidak semudah yang dibayangkan.

Bukti jika menulis itu tidak semudah yang kita bayangkan adalah ketika saya menyuruh peserta didik untuk menuliskan pengalaman pribadinya dalam 3 paragraf, kebanyakan keluhan mereka adalah “bingung bu”, “saya tidak bisa menulis bu...”, dan lain sebagainya dan hal ini dibuktikan dalam waktu 2 jam pelajaran hanya beberapa siswa yang mampu menyelesaikan tugasnya. Bukan hanya siswa saya yang mengeluhkan itu, karena jujur saja diri saya sendiripun mengalami hal yang sama, selalu merasa kesulitan untuk menulis dan menghasilkan tulisan yang baik.

Berdasarkan fakta tersebut akhirnya sayapun berusaha mencari tahu jawabannya. Hingga pada suatu hari saya temukan jawaban atas renungan yang saya lakukan, yakni melalui pengamatan dari beberapa penulis hebat yang ada di Indonesia mulai dari Bung Karno dengan tulisan-tulisannya, kemudian Ahmad Dhani dengan syair-syair populernya, seorang teman dengan geuritan-geguritan kondangnya di Yogyakarta, dan kepala sekolah saya dengan PTK-PTK yang dihasilkannya. Semua saya amati satu persatu, dari pengamatan saya semua penulis-penulis hebat yang saya sebutkan tadi, ternyata kesemuanya memiliki satu hobi yang sama yakni mereka semua rajin dan senang membaca buku. Bung Karno dengan hobinya membaca aneka macam buku, Ahmad Dani dengan kegemarannya membaca buku sastra, kemudian seorang teman yang selalu menenteng buku kemanapun dia pergi, lalu yang terakhir adalah kepala sekolah saya sendiri yang selalu membawa buku-buku pendidikan didalam tas kerjanya.

Dari sanalah jawaban saya temukan, bahwa membaca adalah bentuk investasi yang nyata untuk seseorang menjadi penulis yang baik. Melalui membaca inilah penulis-penulis hebat itu menghasilkan tulisan yang hebat, karena didalam memorinya merekam ribuan kata, sehingga tulisan yang dihasilkannya pun adalah tulisan yang berbobot dan terstruktur.

Melalui simpulan tersebut maka tidaklah heran jika pemerintah sekarang ini sedang gencar-gencarnya menggalakkan kegiatan literasi sebelum jam pembelajaran. Harapannya tentu sangat besar untuk para siswa agar memiliki hobi membaca, karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa melalui membacalah semua ilmu akan terbuka, termasuk keterampilan menulis.

"Jadi apakah hari ini anda sudah membaca?"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget dan inspiratif. Lanjutkan

22 Aug
Balas

Terimakasih pak

22 Aug

Teruslah menulis.. Jika aku da kritikan anggap sebagai pemacu untuk menulis lebih baik lagi. Agar menjadi penulis yang baik, jadilah pembaca yang baik. Tetap semangat..

21 Aug
Balas

Terimakasih bu Endang

21 Aug

Berikut ini pengartian "investasi" menurut Wikipedia: "Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal." --jika mengacu pada pengartian tersebut, pilihan kata "investasi" pada judul tulisan di atas terasa agak mengganjal. --Mohon maaf jika saya yang salah paham, dan salam literasi!

21 Aug
Balas

Terimakasih

21 Aug

Anggap saja penanaman modal pak

21 Aug

Ada istilah investasi kesehatan ada juga istilah investasi kecantikan ada juga istilah investasi pendidikan apakah semuanya mengacu pada keuangan bapak...begitupun saya mengistilahkan investasi membaca.tapi mgkn disini saya masih kurang membaca,terimakasih masukan yg membangun inj

21 Aug

Pilihan kata "investasi"-nya saya kira sudah tepat. Ternyata letaknya itulah yang membuatnya terasa kurang mak nyus. Coba, misalnya: "Membaca adalah Investasi Utama untuk Menghasilkan Tulisan yang Bagus" --atau coba cari pilihan lain, kecuali tulisan itu sudah dianggap final.

21 Aug

Pernyataan bapak yg ini adalah kritikan yg membangun...terimakasih pak masukannya.dan terimakasih telah memahami maksud investasi yg saya pakai dalam tulisan saya...saya sangat senang bapak memberikan masukan yg luar biasa pada tulisan saya.salam literasi Saya adalah penulis amatir yg masih ingin menulis...mudah2an kedepnnya bisa menulis spt bapak

21 Aug

Terima kasih, sami-sami. Saya senang merasa maksud saya bisa dipahami. Saya malah ingin buat satu tulisan pendek lagi tentang "kritik atas tulisan" yang sering tidak disukai orang. Salam

21 Aug

Joss bu lina. Bilamana kita sudah mampu mencurahkan banyak inspirasi ke dalam tulisan, bukan tidak mungkin PTK terasa sangat mudah untuk dilakukan.

21 Aug
Balas

Mendengar PTK...rasanya ud horror duluan hahahhaha

22 Aug

Hari ini saya sudah membaca tulisan ibu...salam kenal...

21 Aug
Balas

Terimkasih banyak bu

21 Aug



search

New Post