Lisa Lazwardi, S.Pd

Menjadi pendidik yang bisa memberikan manfaat untuk orang banyak merupakan impian saat memilih profesi guru. Mengabdi di SMAN 1 Kecamatan Akabiliru...

Selengkapnya
Navigasi Web
Reviu Makalah Manajemen Pendidikan Islam

Reviu Makalah Manajemen Pendidikan Islam

Payakumbuh, 4 Oktober 2020

Judul Makalah : Pengertian, Peran dan Fungsi Perencanaan Pendidikan.

Dosen pembimbing: Dr.Asmendri, S.Ag, M.Pd

 

Mahasiswa IAIN Batu Sangkar Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, menyusun makalah tentang Pengertian, Peran dan Fungsi Perencanaan Pendidikan. Makalah ini dipublikasikan pada hari Sabtu, tanggal 3 Oktober 2020, melalui grup WA kelas, face book dan youtube. Makalah ditulis oleh kelompok 1 yang beranggotakan Dedi Hendris, Yusra Defawati, Sofia Majid dan Lisa Lazwardi dibawah bimbingan Dr.Asmendri, S.Ag, M.Pd.

Penulisan makalah ini sudah berdasarkan Ejaan Bahasa Indonesia ( EBI) yang disempurnakan. Penulisan huruf kapital yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang benar, disertai dengan penulisan miring untuk kata yang diambil dari bahasa asing. Seperti penulisan kata guite pada alinia pertama BAB II, kata planning pada paragraf kedua dan beberapa istilah yang dikutip dari jurnal internasional.

Yang menjadi latar belakang masalah adalah perencanaan menempati posisi yang strategi dalam keseluruhan proses pendidikan dan banyaknya tujuan yang tidak tercapai karena perencanaan yang tidak matang. Penulis merumuskan masalah dan tujuan yang sesuai. Rumusan masalah meliputi; pengertian perencanaan, pengertian perencanaan pendidikan, pentingnya perencanaan pendidikan dan fungsi perencanaan pendidikan.

Format penulisan makalah sudah sesuai dengan kaidah EBI, terdiri atas judul, pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan. Pembahasan dimulai dengan perencanaan berasal dari bahasa rencana (plan) yang berarti proyeksi tentang apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang bernilai. Dilanjutkan dengan uraian tentang Perencanaan Pendidikan menurut beberapa ahli dan diulas penulis dengan ayat-ayat Al Qur'an yang berkaitan.

Surat Al-Hasyr ayat 18, surat Al-An'am ayat 38 dan terjemahannya dijelaskan dalam makalah untuk menguraikan pentingnya perencanaan. Salah satu fungsi perencanaan diperkuat dengan Al Qur'an surat Al Isra' ayat 76 yang artinya, "Dan janganlah Kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semua akan diminta pertanggungjawabnya."

Penulis mengaitkan ayat tersebut dengan fungsi perencanaan sebagai pedoman pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan, penjamin mutu pelaksanaan. Dan pada akhirnya menjadi acuan pertanggungjawaban  atas pelaksanaan dari perencanaan yang telah ditetapkan.

Referensi pada makalah ini diambil dari berbagai sumber, buku-buku tentang manajemen dari beberapa ahli di nasional dan internasional, jurnal dan artikel online yang diperkuat dengan Al Qur'an dan hadis yang sahih. Penulisan daftar pustaka sudah sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Semua sumber yang diambil relevan dengan judul makalah.

Kesimpulan makalah meliputi tentang perencanaan, perencanaan pendidikan, peranan dan fungsi perencanaan. Penulis menyimpulkan dengan baik berdasarkan pembahasan secara teoritis dari rumusan masalah. Ada sinkronisasi dari latar belakang masalah, rumusan, tujuan, pembahasan sampai kesimpulan.

Presentasi makalah sangat menarik, dapat dilihat dari vidio yang ditampilkan di grup facebook dan akun youtube pemakalah. Presentasi dengan slide yang menarik dan warna latar yang mendukung kejelasan tulisan, ditambah dengan vokal pemateri yang mengalir lancar menyampaikan ulasan materi . Terdapat kolaborasi yang bagus pada kelompok satu. Ada presenter yang representatif didukung 3 orang anggota lain, yang menanggapi setiap pertanyaan audiens melalui grup face book dan google classroom dengan jelas dan santun.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasoh Ola..Review pertama La

28 Nov
Balas



search

New Post