Listyo hartati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Ecoprint bersama Ibu-ibu PKK

Belajar Ecoprint bersama Ibu-ibu PKK

#Tagur H-20

 

Diprint merupakan salah satu teknik mencetak pada kain dengan menggunakan pewarna  alami dan membuat motif dari daun secara manual yaitu dengan cara ditempel sampai timbul motif pada kain. 

Ada dua teknik yang dikenal yaitu teknik iron blanket dan pounding. Perbedaannya jika iron blanket slah satu prosesnya dengan menggulung kain dan mengukus selama dua jam sedangkan pounding dengan memukul daun pada kain dengan palu kayu dan dikeringkan langsung di bawah sinar matahari. 

Itulah ulasan singkat tentang ecoprint. Dan hari ini TP PKK Desa Sawangan Leksono Wonosobo mengadakan pelatihan ecoprint bagi ibu-ibu perwakilan RT yang dipandegani oleh Pokja 3. Pelatih didatangkan dari tetangga kecamatan beliau salah satu pelaku usaha di bidang batik biak batik tulis maupun ecoprint. Beliau adalah Ibu Titin dari Limbangan Kadipaten kecamatan Selomerto. 

Teknik yang digunakan pelatihan hari ini adalah iron blanket. Peserta praktik langsung dengan dipandu oleh Ibu Titin menggunakan kain jenis pirisima yang mudah menyerap warna. Peserta sangat  antusias dan menikmati setiap prosesnya karena termotivasi ingin belajar hal baru bagi mereka. 

Proses demi proses dilalui sampai proses akhir  yaitu merebus selama 2 jam. Saat membuka gulungan kain yang selesai direbus, tampak ekspresi wajah yang girang, bahagia karena mereka bisa menghasilkan sebuah karya ecoprint meskipun masih menggunakan sample kain yang kecil. Yang terpenting saat ini peserta memahami setiap langkahnya dengan harapan nanti sekembali ke RT masing- masing dapat menularkan ilmunya ke warga RT. Lebih diharapkan lagi agar dapat dipraktekkan bersama seluruh warga. 

Tetapi hasil hari ini masih belum sempurna karena masih harus menunggu waktu 7 hari untuk proses berikutnya yaitu penguncian. Tujuannya untuk lebih menajamkan lagi warna yang dimunculkan pada kain dengan cara di rendam dan dicuci dengan air tawas atau cuka. 

Karena masih harus menunggu proses akhir, maka hasil ecoprint hari ini belum bisa dibawa pulang ke RT masing-masing. Dan acara berakhir pada pukul 13.30 wib. Sementara peserta pulang membawa ilmu lebih dulu dan hasil ecoprint nya akan disusul kan ke RT setelah proses akhir selesai. 

Selamat berkarya dan berkreasi untuk menciptakan sebuah produk dengan berbasik ke alam. 

 

Sabtu, 26 Maret 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post