Ludiazzuhri

Guru di SDIT Al Fatih Cipayung Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Seorang guru yang mulai kecanduan dengan dunia tulis menulis, ketika di amanahi sebagai PJ Litera...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mandi Hujan

Mandi Hujan

Mandi Hujan Oleh: Ludiazzuhri

Memasuki bulan Oktober, November dan Desember, Indonesia memasuki masa musim hujan. Setelah beberapa bulan hujan tak kunjung turun, di bulan-bulan ini turun hujan hampir tiap hari.

Di musim penghujan adalah salah satu musim yang disukai oleh sebagian anak-anak. Karena saat musim hujan, mereka bisa mandi hujan sepuasnya. Walaupun terkadang beberapa orangtua melarang mereka. Dengan alasan nanti bisa sakit.

Padahal harus diketahui oleh para orangtua, Rasulullah Saw juga pernah mandi hujan lho.. . Karena air hujan sesungguhnya adalah keberkahan. Dalam hadist riwayat Muslim, Anas bin Malik radhiallahu anhu berkata,''Kami bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kehujanan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyingkap pakaiannya agar terkena air hujan. Kami bertanya: Ya Rasulullah, mengapa kau lakukan ini?''

''Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjawab,'Karena ia (hujan) baru saja datang dari Tuhannya ta’ala'.” (HR. Muslim)

Imam Nawawi, dalam kitab Al Minhaj, menjelaskan makna hadist ini. Maknanya bahwa hujan adalah rahmat, ia baru saja diciptakan Allah ta’ala. Maka kita ambil keberkahannya.

Selain air hujan adalah berkah, air hujan juga dapat dijadikan obat. Terapy penghilang stres, bahkan terapi kesuburan bagi pasangan suami istri yang belum diberikan keturunan.

Tetes air hujan ternyata memberikan kejutan pada sistem saraf yang terletak dibawah jaringan kulit manusia. Dengan hanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar 10 menit saja, kemudian sekian banyak butiran air hujan tersebut akan memukul tubuh. Dengan pukulan air hujan tersebutlah yang akan mengejutkan ribuan sistem syaraf dan akan tersebar pada seluruh tubuh kita sehingga dapat mengurangi kadar stres dalam diri kita.

Namun meski begitu, saat mandi hujan juga harus lihat kondisi. Dipastikan hujannya bukan hujan yang pertama kali turun setelah musim kemarau. Karena air hujan yang turun pertama setelah musim kemarau bercampur dengan partikel-partikel debu. Yang sangat memungkinkan air hujan bercampur dengan kuman. Air hujan yang begini yang dapat menyebabkan jatuh sakit, seperti flu.

Dan yang harus diperhatikan saat mau mandi hujan, kondisi badan memang sedang fit. Karena saat kondisi badan kurang fit dipaksakan mandi hujan, bisa jadi kita mudah terkena flu.

Seperti sore ini, penulis mencoba untuk mandi hujan. Kegiatan yang sudah lama sekali tidak dilakukan. Karena malu juga udah dewasa kok mandi hujan. Tapi karena sore ini habis pergi kondangan kehujanan jadi sekalian deh... mandi hujan depan rumah.

Tapi Subhanallah... ternyata penulis merasakan suatu yang sangat luar biasa. Entah kenapa bahagia aja rasanya. Merasakan kulit tangan dan wajah langsung terkena air hujan, seperti ada sensasi yang membuat hati bahagia. Kepala yang tadinya cenat-cenut juga langsung enteng.

Pantesan melihat anak-anak kalau sedang mandi hujan, terlihat ceria seperti tak ada beban. Karena ternyata mandi hujan itu dapat menimbulkan kebahagian dan ketenangan. Saat hati senang maka hormon endorphin pun akan memenuhi hati dan otak kita. Sehingga saat itu kita akan merasa bahagia.Tak lupa mumpung lagi hujan deras, sekalian deh berdoa apa yang diinginkan. Karena salah satu waktu yang diijabahnya doa adalah ketika turun hujan.

Karena air hujan bisa dijadikan obat, jadi saat mandi hujan kita juga boleh meminumnya, tentunya dengan diiringi doa memohon pada Allah Swt. Karena air hujan mengandung nitrogen yaitu suatu gas diatomik serta tidak akan berwarna dan tidak berbau juga, kalau dalam rumus kimia juga lebih dikenal dengan rumus N2. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir dengan kesehatan kita pada saat mengkonsumsi air yang turun dari langit tersebut.

Namun harus dicermati, air hujan yang boleh diminum adalah air hujan yang turun langsung tanpa ada penghalang. Bukan kita nadahin air dari talang. Kita siapkan wadah seperti gelas untuk menampung air hujan. Secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Air hujan ternyata juga bisa menyehatkan rambut. Orang-orang barat pada zaman dulu sangat mempercayai bahwa mencuci rambut dengan air hujan dapat memperindah serta memberikan kesehatan pada rambut.

Ternyata banyak ya manfaat air hujan dan mandi hujan. Karena sesungguhnya hujan itu adalah rahmat. Hujan itu adalah berkah dan hujan itu adalah rizqi. So... yuk mandi hujan lagi... 😁 Jangan lupa berdoa ya.. Allahumma sayyiban nafi'an yang artinya: Ya Allah jadikanlah hujan ini bermanfaat, aamiin ;

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yuuk, mandi hujan, hehe. Tulisannya keren, terima kasih informasinya.

12 Nov
Balas

Samasama, Ayuk ...mumpung musim hujan...

17 Feb

Tulisan yang luarbiasa keren, saya suka banget bu. Sehat dan sukses selalu. Barakallah.

12 Nov
Balas

Samasama pak Mulya, masih terus belajar pak

17 Feb

Samasama ibu

23 Feb

Terimakasih infonya, hujan yang membawa manfaat. Barokallah

12 Nov
Balas

Sama-sama bunda

12 Nov

Jadi pengin mandi hujan

12 Nov
Balas

Mandi hujan Bu, mumpung musim hujan...

17 Feb

Asyiiiiik mandi hujan. Sukses selalu dan barakallah

12 Nov
Balas

Aamiin... ayuk ah.. mumpung musim hujan, jangan sampai takut mandi hujan ya... he.. he..

12 Nov



search

New Post