LUFTIA HANIK

Lahir di kota Wali Demak Jawa Tengah sebuah Kota Religius yang santun. Domisili di kota Semarang. Suami asal Malang. Berputra 2 anak, si sulung lulusan sarjana...

Selengkapnya
Navigasi Web
SAATNYA GURU PENULIS MENUAI HASIL

SAATNYA GURU PENULIS MENUAI HASIL

Tak dapat dipungkiri lagi hampir sebagian besar guru yang mau dan rajin menulis sangat berpengaruh pada prestasinya. Meski awalnya ini sebuah tuntutan karena berbagai kebijakan yang harus dipenuhi, namun dampak positif terhadap kinerja guru tersebut kini mulai dirasakan hasilnya. Dan ini dapat dibuktikan oleh guru penulis gemblengan mediaguru.

Satu persatu guru-guru hebat nan ulet ini mulai menuai hasil kerja keras mereka. Tak peduli dengan cemoohan sesama rekan guru yang masih belum menyadari arti pentingnya menulis. Awalnya cibiran dan sikap sinis sempat mewarnai sebagian guru penulis yang bersedia keluar dari zona nyaman. Rasa iri guru-guru yang belum mau dan tergerak untuk menulis hampir mematahkan niat itu. Alhamdulillah sikap ragu-ragu bisa disingkirkan dan berkat kegigihan kini menulis bukanlah sesuatu yang sulit untuk dikerjakan. Bahkan berbalik menjadikannya sebagai guru yang terhormat dan disegani. Melalui ide-idenyalah kini guru penulis dapat membuktikan bahwa guru mulia karena karya, dan bukan hanya slogan belaka.

Tuntutan terkait kebijakan kenaikan pangkat dan lainnya kini bukan lagi sebagai tujuan, tetapi yang lebih utama adalah demi kemajuan pendidikan di negeri tercinta ini. Peran guru sangat penting menjadikan wajah pendidikan di Indonesia menjadi berseri. Guru berada pada garda terdepan, karena gurulah yang melahirkan anak-anak bangsa yang kritis, cerdas, cakap serta kreatif untuk membangun Indonesia. Bagaimana generasi bangsa ini bisa lebih baik, jika para gurunya masih enggan untuk berbenah diri? Apalagi ditengah perkembangan jaman yang melesat super cepat, guru harus dapat menjadi motivator dan inovator bagi anak-anak didiknya. Guru harus dapat merevolusi dirinya sendiri. Saat ini guru penulis sudah merasakan betapa manfaat menulis sangatlah banyak. Perbendaharaan kata makin melimpah, kemampuan personalnya makin baik, kemampuan verbalnya juga semakin meningkat, kinerja otak kanan makin optimal dan berbagai manfaat menulis lain. Dengan menulis menjadikan guru penulis makin mahir menulis sehingga memudahkan untuk menulis artikel-artikel, puisi, cerpen, modul, buku pengayaan, buku pegangan siswa, lembar kegiatan siswa hingga membuat penelitian dan jurnal. Semakin guru rajin menulis, maka makin terasah pula kemampuan menulisnya. Dan guru penulis akan dapat merasakan bagaimana kualitas tulisannya serta mampu swa edit. Beragam manfaatnya, beragam pula hasilnya. Seara tidak langsung guru penulis adalah guru yang berkualitas dan cerdas.

Di era yang serba modern ini, guru penulis masih mempunyai banyak tantangan. Guru penulis harus mampu mengintegrasikan pendidikan karakter dengan memanfaatkan teknologi melalui karya-karyanya. Agar para generasi muda mempunyai keimanan yang kuat, perilaku yang santun, dan berbudi luhur. Guru penulis harus tanggap terhadap berbagai dinamika kehidupan generasi milenial.

Semarang, 18 Nopember 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren sangat. Top

18 Nov
Balas

Matur nwn...

18 Nov

Luar biasa

18 Nov
Balas

Mantap Bunda..

18 Nov
Balas

Makasih bunda

18 Nov

SAE

18 Nov
Balas

Makasih

18 Nov

Tulisan yg keren dan menginspirasi para guru. Teruskah menulis utk menggugah motivasi dan jati diri guru lain. Semangat ...!!!

19 Nov
Balas

matur nwn pak...salam literasi

21 Nov

Tulisan yg sangat memotivasi bunda. Sukses sll ya bun.

19 Nov
Balas

makasih bunda...salam kenal

21 Nov

Inspiratif Bu, salam kenal, salam Literasi

18 Nov
Balas

Salam kenal jg bunda...

18 Nov

Kaya ceritaku, Bunda. Dicibir, dicerca, bahkan dihina. Tapi semua pasti akan indah pa waktunya....

18 Nov
Balas

Buah org yg sabar bunda...smoga slalu dlm ridloNya...salam kenal njih bun

19 Nov



search

New Post