Lukman Ismail

Lukman lahir di Wanio sidrap provinsi Sulawesi selatan. Mengajar di smpn 2 panca lautang sidrap. Hobby menulis apa saja yang penting bermanfaat. Otak encer kala...

Selengkapnya
Navigasi Web

ANAK MAIN HAND PHONE IBU STRES

Jaman sekarang hand phone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi anak. Di dalamnya memang sudah tersaji berbagai aplikasi yang sangat diminati utamanya anak-anak di rumah. Sehingga hampir semua waktunya terpakai dengan bermain hand phone.

Jika kita mau melihat dan mendata secara sederhana di sekitar rumah atau tetangga kita maka dapat ditemukan hampir setiap rumah ada hand phone android di rumah itu. Bahkan ada keluarga yang semua anggota keluarganya memiliki hand phone android tersebut karena menganggap sudah menjadi kebutuhan. Anak anaknya mungkin pada menangis merengek rengek untuk segera dibelikan, karena orang tuanya merasa kasihan, akhirnya dibelikan juga. Dan mungkin juga ada alasan lain termasuk dipakai belajar di sekolah dan sebagainya.

Ada alasan ekstrim orang tua memberikan anaknya hand phone android yaitu agar anaknya tidak selalu menangis, artinya jika anak menangis dan rewel terus sama ibunya, kasi saja Hape! Biar tidak rewel lagi, dan memang itu efektif menangani anak yang kecanduan hapenya.

Bagaimana pula dengan orang tua di rumah?. Ternyata ibu dan ayah lebih parah lagi.

Coba kita lihat dan jujur menjawab. Kapan waktu kita tidak memegang hape android?. Mungkin Jawabannya adalah saat mandi karena takut basah, atau saat tidur atau saat lain yang memang harus tidak memegang hape. Yang lain lainnya semua ada hand phone di tangan kita.

Kemudian, kita jujur menjawab. Aplikasi apa yang paling sering dilihat?. Tentu macam-macam kita buka. Bagi kita yang dewasa, tentu kita cari tayangan yang mendidik dan memberi pencerahan ilmu pengetahuan.

Lalu ada orang tua yang sering marah marah sama anak-anak nya karena main hape terus, semua waktunya terpakai dengan bermain game atau aplikasi lain yang menarik bagi dirinya.

Pertanyaannya, Kenapa ibu marah marah sama Anaknya? Ibu dan ayah lebih kecanduan dengan hapenya. Siapa yang belikan hape anak-anak nya? Ibu dan ayah juga khan!

Sebaiknya adalah orang tua memberi teladan yang baik kepada anak nya. Karena sifat anak banyak mencontoh orang tuanya. Kemudian jangan terlalu memperkenalkan hape bagi anak balita, lebih baik perkenalkan mainan lain. Lau anak yang memang harus kenal dunia elektronik di usia sekolah, sebaiknya di beri waktu tertentu untuk bermain hape, Itupun selalu dalam pengawasan orang tua. Lalu yang terakhir berikan anak waktu mengikuti kegiatan kegiatan ekstra misalnya ikut tahfis al qur an, atau TPA di masjid, atau latihan olah raga dan lain lainnya. Semua itu dilakukan untuk mengurangi kesempatan anak bersama hapenya.

Ayo bijak mendidik anak anak kita, berikan keteladan yang baik. Awasi pergaulannya. Wallahu A'lam bis shawab

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post