Lukman Nur Hakim

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TERNAK IKAN LELE DI TAMBAK

TERNAK IKAN LELE DI TAMBAK

TERNAK IKAN LELE DI LAHAN TAMBAK Budidaya ikan lele adalah suatu kegiatan dimana orang memelihara ikan lele untuk kemudian dijual. Ikan lele relatif mudah dibudidayakan di perairan iklim hangat, sehingga dapat menyuplai makanan yang murah bagi pasar setempat. Ikan lele dapat dibudidayakan di kolam, tangki, maupun sungai kecil, (Wikipedia). Masyarakat Randusanga Kulon Brebes, yang sedang lesu di budidaya ikan Bandeng, Udang Windu, dan rumput laut. Ternyata masih ada satu budidaya, yang masih diminati. Salah satunya adalah ikan lele. Asep salah satu pemuda Randusanga Kulon. Mencoba tetap eksis bertahan dengan budi daya lelenya. Mulai bertempat di halaman rumahnya hingga mengembangkan di daerah Sigempol Randusanga. Lahan budidaya ikan lele yang menjadi pengembangan baru, dengan petakan berjumlah 28 dan ukuran 3x4, masih bertahan hingga sekarang. Menurut pemilik tambak ikan lele, Asep Hendra Permana. A.MdPi. Yang juga Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan STIP Jepara. Ia tetap berusaha mempertahankan usaha dibidang perikanan, walaupun bukan ikan bandeng yang dulu menjadi primadona masyarakat Randusanga. Menurut Asep, tidak ada masalah dalam bidudaya ikan lele. Pengelolahan sangat mudah, pemasaranya juga tidak berbelit-belit. Karena para pembeli ikan lele di Randusanga banyak sekali. Kalau ada yang panen dalam sehari 1 ton lebih pun, dipastikan akan dilayani dan pedagangnyapun mampu memasarkannya. Masa panen ikan lele, menurut Asep tidak terlalu lama, hanya memakan waktu 48-50 hari. Kalau dengan satu petak yang berisi 2500 bibit lele, mampu menghasilkan 2 Kwintal lebih, dengan rata-rata harga perkilo 18000. Maka kalau dihitung dalam satu petak dapat menghasilkan menimal 3.600.000. (Tiga Juta Enam Ratus Ribu Rupiah), bahkan sampai 4.000.000 (Empat Juta) lebih. Adapun estimasi dana yang digunakan dalam satu petak sekitar 3.100.000. Biaya tersebut untuk membeli bibit 600.000, dan pakan sekitar 2.500.000. Dengan biaya pengeluaran 3.100.000 dan pendapatan minimal 3.600.000. Maka dapat diperkirakan, keuntungan dari satu petak minimal 500.000. Kalau dihitung dengan jumlah petakan ada 28 , dipastikan mendapatkan keuntungan 14.000.000 (Empat Belas Juta) dari semua petakan yang dipanen. Lebih lanjut, menurut pemilik tambak ikan lele, ukuran rata-rata ketika panen beratnya sekitar 800 sampai 1200 Gram. atau sekitar dalam satu kilo, ada 8 sampai 12 ekor. Sedangkan ketika awal ditabur ikan lele berukuran 6-8 cm. Adapun dalam pencarian bibit lele pun sangat mudah, hanya saja pada saat musim kemarau agak sedikit sulit. Harus memesan dalam waktu agak lama, nanti baru dapat bibit. Memang ketika membuat petakan awal, sangat tingg ongkosnya. Kalau dihitung kebutuhan modal awal untuk 28 petak, dapat menghabiskan biaya 50 sampai 75 juta Rupiah. Dana sebesar itu digunakan untuk pembuatan gubuk, atap, tembok bambu pengaman, pemasangan instalasi listrik dan 2 buah bor artesis. Karane ikan lele hidup di air tawar, maka 2 (dua) buah bor artesis yang dibuat, selalu dialirkan ketambak ikan lele, agar dapat untuk menetralkan air asin. Sehingga tambak lele tersebut airnya bisa tawar. Selamat untuk mas asep, yang masih komitmen untuk membangun desanya, melalui budidaya Ikan lele. Mudah-mudahan akan munculnya peternak ikan lele baru di Randusanga, yang dapat menjadikan randusanga tetap menjadi lumbung ikan, dan selanjutnya hasil dari perikanan, diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan ikan masyarakat Brebes dan sekitarnya. Sukses selalu buat mas Asep, semoga ilmu yang didapat dari perkuliahan dapat terus dikembangkan. Sehingga bermanfaat untuk masyarakat Randusanga, dan menjadi Randusanga terus maju dan sejahtera. Amin (Lukman Nur Hakim).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, peluang bisnis yang cukup potensial Pak. Sukses selalu dan barakallahu fiik

05 Jan
Balas



search

New Post