Luluk Ayunning Dyah P.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

ALERGI PRAKTIK ? KENAPA ?

Nak… belajar tentang perambatan bunyi bagaimana? Ini di buku ada cara mendengarkan perambatan bunyi dari jam tangan. Di coba tidak nak…?

Enggak Bunda… dijelaskan saja sama bu guru….

Walah….*tepok jidat*

Alergi praktik dalam membelajarkan IPA. Kenapa ya…? Benar-benar alergi atau ada indikasi yang lain…? Kalau memang benar-benar alergi segera cari antihistamin biar segera pulih alerginya.

Kalau ada indikasi lain, kita coba cari tahu. Apa penyebabnya?

Gak cukup waktunyalah…. Materinya masih banyaklah… anak-anak jadi ributlah… dan masih banyak lagi alasan yang lain sehingga praktik benar-benar ditinggalkan dan pembelajaran IPA hanya tinggal mendongeng saja.

IPA adalah ilmu yang mempelajari objek dan fenomena alam. Nah… apakah untuk memahami perilaku objek cukup dengan dongeng saja…? Misal begini… kita ingin memahamkan kepada anak tentang perbedaan rangkaian listrik seri dan pararel. Kalau hanya sekedar menunjukkan bentuk fisik rangkaian seri dan parallel, teman-teman bisa menggambarkan di papan tulis kemudian menjelaskan berbedaannya. Pasti tidak lepas dari adanya titik percabangan untuk rangkaian parallel dan tidak adanya titik percabangan untuk rangkaian seri.

Bagaimana kalau ingin menjelaskan perbedaan nyala lampu. Apakah masih dengan mendongeng? Hmmm… tidak bisa! Harus dengan praktikum. Anak-anak harus mempelajari perilaku objek dengan kegiatan praktik.

Kenapa harus alergi praktik? mainkan saja… yaa… ambil waktu 2 jam saja… sebulan sekali saja… gak sulit rasanya. Gak akan memakan banyak waktu rasanya. Anak-anak juga senang, anak-anak dapat membangun pengetahuan dari penemuan mereka sendiri. Wahhh… pasti menyenangkan. Biarkan sedikit ribut karena diskusi mencoba alat-alat praktikum dan mereka berproses menemukan kesimpulan dari pengamatannya.

Pasti di sekolah ada KIT atau alat-alat praktikum. Pakai saja, gunakan semaksimalnya. IPA hanya bisa dipahami dengan maksimal jika anak-anak mengalami sendiri, membangun pengetahuannya sendiri dan bisa menyimpulkan sendiri.

Big Boss sering bilang science should not be book learning but should come to the pupil from actual practices of usefull occupation. Sepakat sekali dengan pendapat beliau. Memahamkan sains atau IPA tidak hanya mendongeng dari buku tetapi harus dengan pengalaman faktual melalui praktik.

Salam...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siip pantang menyerah kelola kelas lebih menarik

20 Sep
Balas

pemberdayaan alat-alat praktik penting bunda... biar anak-anak bisa membangun konsep dari pengamatan mereka... pasti menyenangkan...

20 Sep



search

New Post