Luluk Maslukhah

Untuk bisa menulis buku hanya ada 3 kata kunci: menulis, menulis dan menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ada Sabun dalam Usus Halus Kita, Mungkinkah?

Ada Sabun dalam Usus Halus Kita, Mungkinkah?

Oleh: Luluk Maslukhah, S.Si., M.Pd.

(Guru Kimia SMK Negeri 3 Bondowoso)

Tantangan hari ke-88

#TantanganGurusiana

Ada “sabun” dalam usus halus kita, Mungkinkah?. Ya, ternyata pernyataan ini benar adanya. Hal ini terjadi saat metabolisme lemak berlangsung. Khususnya saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak yang kemudian didegradasi menjadi molekul-molekul yang lebih kecil.

Di dalam usus halus lemak dicerna oleh garam empedu yaitu molekul dengan struktur sabun seperti natrium stearat. Garam empedu terdiri dari dua bagian. Gugus hidrofilik berukuran kecil yang bersifat polar-ionik dan dan gugus hidrofobik yang berukuran lebih besar dan bersifat non polar.

Sebagai produk sekresi hati, garam empedu disimpan dalam kantong empedu, lalu dalam usus halus garam empedu mengemulsi lemak dengan mekanisme yang sama saat sabun cuci piring membersihkan sisa lemak pada peralatan makanan. Di sinilah peran garam empedu sebagai pengemulsi (emulsifier) yang berfungsi untuk membentuk emulsi yaitu agregrat lemak yang dipecah ukuran partikelnya menjadi partikel koloid untuk didispersikan ke dalam air.

Demikianlah. Kehadiran “sabun” dalam usus halus kita sengaja Allah anugerahkan kepada kita agar tubuh kita tetap sehat. Bayangkan jika tidak ada senyawa ini. Tubuh menjadi tidak stabil karena dipenuhi molekul-molekul besar bernama lemak yang kapan saja dapat menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh kita. MasyaAllah.

Sumber:

Tjahhjadarmawan, Elizabeth. 2018. Gagas Kimia Jilid 2: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: PaRama Ilmu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MasyaAllah, bukti kekuasaan AllahTerima kasih ilmunya Ustadzah

11 Apr
Balas

Alhamdulillah. Trmksh ustdzh

11 Apr

Masyaallah...Mahabesar Allah dengan segala ciptaannya

11 Apr
Balas

Alhamdulillah. Trmksh bunda

11 Apr

Baru bisa baca dan coment bu, alhamdulillah. Eesiiip ilmunya bu.

11 Apr
Balas

Barokallah ustadzah

11 Apr

Masyaallah, Allah mahapencipta segalanya

11 Apr
Balas

MasyaAllah benar ustadzah

12 Apr

Bagus bu ..

11 Apr
Balas

Mksh Bu yuni

11 Apr

Siiip mbak Luk..

11 Apr
Balas

Mksh mbkq

11 Apr

Kimia kerohanian.. salute

11 Apr
Balas

He3. Ada2 sj dik risa

11 Apr

Bagus mbak...

11 Apr
Balas

Trmksh mbkq

11 Apr



search

New Post