Luluk Maslukhah

Untuk bisa menulis buku hanya ada 3 kata kunci: menulis, menulis dan menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kisah Seru Di Balik Persiapan Menjadi Narsum Webinar-1 Internet Pendidikan

Kisah Seru Di Balik Persiapan Menjadi Narsum Webinar-1 Internet Pendidikan

Kisah Seru Di Balik Persiapan Menjadi Narsum Webinar-1 Internet Pendidikan Hari Ini

Oleh: Luluk Maslukhah, S.Si., M.Pd.

Guru SMK Negeri 3 Bondowoso

Menjadi Narasumber Webinar-1 Internet Pendidikan benar-benar di luar prediksi saya. Semua berawal dari keikutsertaan dalam lomba menulis tentang Internet Pendidikan yang diselenggarakan Media Guru Indonesia bekerja sama dengan indosat. Alhamdulillah ada nama saya diantara 52 pemenang yang artikelnya dibukukan dalam sebuah buku antologi berjudul Internet Pendidikan.

Diantara 52 pemenang ini, Media Guru Indonesia memilih sejumlah guru untuk “manggung” di acara Webinar-1 Internet Pendidikan. saya bersama dua sahabat saya (Ibu enik Rusmiati dari Biltar dan Bapak Ali Rahajo dari Sumenep) mendapat kesempatan pertama. Bahagia campur kaget. Apalagi peserta webinar ini ratusan guru dari seluruh Indonesia. lebih tepatnya 187 guru.

Hanya ada waktu 5 hari untuk persiapan. Gladi bersih pertama dilakukan dua hari lalu (21/04) bersama P Ihsan dan sejumlah trainer andal Media Guru Indonesia. Ada banyak masukan dari beliau-beliau yang super hebat. Saya bersama dua sahabat saya berusaha memenuhi saran itu. Kami semua akhirnya menggunakan laptop untuk presentasi. Presentasi di Zoom menggunakan HP banyak menimbulkan masalah. Mulai dari notifikasi whatsapp atau facebook kita yang tiba-tiba “nylonong” atau bahkan tampilan-tampilan yang tidak perlu muncul saat kita hendak share screen power point untuk presentasi. Tentu saja ini membuat presentasi kita menjadi sangat tidak menarik.

Selepas gladi bersih pertama tersebut, kami bertiga diminta untuk latihan kembali secara mandiri. Membuat undangan zoom sendiri, share screen sendiri. Termasuk juga menampilkan background virtual bertuliskan Internet Pendidikan, Media Guru Indonesia dan nama masing-masing narasumber. Bapak Ihsan, CEO Media Guru Indonesia benar-benar hebat. Beliau benar-benar seorang penggerak. Tidak memanjakan kami, tetapi menggerakkan kami untuk terus belajar. Belajar membuat undangan zoom sendiri, share screen sendiri dan menampilkan background virtual secara mandiri. Tentu saja ini tantangan tersendiri bagi kami. Kami juga berlatih presentasi efektif secara mandiri selama dua hari berturut-turut (hari Rabu dan kamis menjelang tampil).

Yang paling menarik adalah saat menampilkan background virtual. Ketika pencahayaan tidak tepat (terlalu gelap) gambar kita yang muncul di layar juga gelap. Namun jika pencahayaan terlalu terang, gambar kita justru nampak seperti negatif film. “Wah, wajah Pak Ali seperti hantu, raga nampak tidak utuh,” Ucap saya kepada Pak Ali yang membuat kami erpingkal-pingkal. Butuh perjuangan bagi Pak Ali untuk bisa menampilkan wajahnya dengan sempurna menggunakan background virtual. Alhamdulillah akhirnya sukses.

Saya pun mengalami hal yang sama. Background virtual saya tidak utuh. Ada dua kotak hitam yang nampak di layar (sejatinya itu ventilasi udara yang ada di tembok). Background virtual tidak dapat bekerja dengan maksimal saat tembok di belakang kita ada yang berlubang. Saya mencoba pindah ke tempat yang temboknya tidak ada ventilasinya. Eh ternyata muncul gambar seperti awan di atas gambar saya dengan background virtul tidak utuh. Saya pun mencoba mengambil posisi duduk di lantai tetapi tidak berhasil. Meninggikan posisi laptop juga sama saja. Akhirnya saya kembali ke lokasi pertama. Lalu menutup lubang ventilasi tembok dengan kertas putih. Alhamdulillah background vitual dapat dilihat dengan jelas dan bagus. Bu enik juga begitu. Di awal juga menghadapi permasalahan yang sama.

Alhamdulillah, satu jam sebelum tampil kami bertiga sudah dapat menampilkan background virtual dengan baik tanpa gangguan apapun. Bisa share screen dan presentasi dengan tepat dan efektif tanpa gangguan yang tidak perlu. Tidak ada yang sia-sia dalam hidup ini. Segala usaha maksimal disertai do’a InsyaAllah menghasilkan yang terbaik. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

meski baru pertama tp keren dan sukses mbak Luluk. Selamat!Btw nama mas Ali salah tuh di artikel. Harus bikin bubur merah lho hehe...

24 Apr
Balas

Alhamdulillah. Trmksh bunda. Berkat bimbingan bunda Ari dan tim trainer media guru. Wah iya bunda. Cari bubur merahnya dmn ini.

24 Apr

Terima kasih bu....akhirnya bisa..tak seperti hantu...hahahaha

24 Apr
Balas

Ha3x. Sukses ya pak

24 Apr

keren bu Luluk Maslukah, penampilan ibu siang tadi sebagai narasumber webinar mediaguru sungguh memukau dan mempesona. Terimakasih untuk paparannya dan ilmu yang sudah dibagikan bu. Semoga sehat selalu dan menjadi amal jariyah, aamiin

23 Apr
Balas

Aamiin. Alhamdulillah bunda. Msh harus byk belajar bunda

24 Apr

Persiapan yang seru hasilnya pun seru. Mantap. Selamat Bu Luluk

23 Apr
Balas

Alhamdulillah. Barokallah bunda

24 Apr

Pengalaman adalah guru yang terbaik Bu .salam dari Ngawi

24 Apr
Balas

Betul bgt bunda. Salam kenal jg bunda

24 Apr

Baarokallah Bu Luluk..selamat berprestasi

24 Apr
Balas

Aamiin. Trmksh bunda. Barokallah

24 Apr

Terima kasih ilmunya bu luluk. Semoga menjadi 'ilman nafi'ah. Barakallah. Aamiin

24 Apr
Balas

Aamiin. Barokallah. Smg bermanfaat bunda

24 Apr

Keren Bu, selamat moga makin sukses

24 Apr
Balas

Aamiin. Trmksh bunda

24 Apr

Pengalaman berharga bunda

24 Apr
Balas

Alhamdulillah. Trmksh bunda

24 Apr

Mantap... pengalaman yg sangat berharga

24 Apr
Balas

Alhamdulillah. Barokallah

24 Apr

Keren menewen bu luluk, mantap, barakallah

24 Apr
Balas

Aamiin. Barokallah. Trmksh bunda

24 Apr

Mantap Bu Luluk Maslukhah, Barokallah. Aamiin. Terima Kasih (senior saya di Nanjing Agricultural University, China) atas Ilmunya. Salam Kenal Salam Literasi.

23 Apr
Balas

Aamiin. Wah iya pak Suprapto. Akhirnya ketemuny malah dsini ya pak.

24 Apr

Selamat Bu Luluk. Tadi saya menyimak acaranya di Youtube. Ibu hebat... Keren...

23 Apr
Balas

Alhamdulillah bunda. Trmksh untuk supportnya selama ini.

24 Apr

Selamat bu Luluk, tambah luar biasa.

23 Apr
Balas

trmksh ustdzh

23 Apr

alhamdulillah, akhirnya berjalan lancar khan...selamat deh..salam

23 Apr
Balas

Alhamdulillah p Eko. Giliran berikutnya bpk.

24 Apr

Persiapan yang matang hasilnya keren menewen. Terima kasih ilmunya, Bu.

24 Apr
Balas

Alhamdulillah trmksh atas apresiasinya bpk. Smua karena pertolongan Allah

24 Apr

Hebat ibu. Selamat ya telah terpilih sebagai narasumber dlm webinar 1.

24 Apr
Balas

Alhamdulillah. Smua kehendak Allah.

24 Apr

Sukses slalu ya mbak luluk?

24 Apr
Balas

Aamiin. Trmksh bunda

24 Apr

Selamat dan sukses Bu

23 Apr
Balas

aamiin. trmksh bunda

23 Apr

Selamat mbak Luk.. Sukses terus ya..

23 Apr
Balas

Mksh mbkq sayang yg selalu mensupport n mendoakanku

24 Apr

Selamat Bu.. sangat bermanfaat dan menginspirasi.. tapi sayang sy blm bs berpartisipasi scr utuh karena ada 2 pekerjaan yg hrs diselesaikan dlm waktu bersamaan

23 Apr
Balas

Mksh byk dik risa. Mksh untuk setiap support n doanya selama ini

24 Apr

Sukses selalu...bu...In Sya Allah kalau persiapan maksimal tentu hasil juga maksimal...pengalaman ibu motivasi buat teman2 MGI yang lain..

24 Apr
Balas

Alhamdulillah. Trmksh bunda

24 Apr

Sukses slalu buat Ibu

24 Apr
Balas

Alhamdulillah. Trmksh bunda cantik

24 Apr

Sukses slalu buat Ibu

24 Apr
Balas

Sukses slalu buat Ibu

24 Apr
Balas

Sukses slalu buat Ibu

24 Apr
Balas

Selamat Buk, pengalaman yg terindah dalam kehidupan tak akan terlupakan

24 Apr
Balas

Iya bunda. Trmksh atas apreasiasinya

24 Apr

Keren bu ..hebat salah satu guru dari Bondowoso yang menjadi nara sumber webinar sukses bu

29 Jul
Balas

saya ikut kmrin buk.. bagus

24 Apr
Balas

Alhamdulillah. Trmksh bunda. Smg bermanfaat ya

25 Apr

Selamat bunda sukses selalu.

24 Apr
Balas

Trmksh bunda. Barokallah

24 Apr

Sukses selalu bu

23 Apr
Balas

Trmksh bunda

24 Apr

Pengalaman menarik ibuk

23 Apr
Balas

benar bu. menarik dan berdebar-debar

23 Apr



search

New Post