Lusi Andriani

Lusi Andriani, S. Pd Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 (PSP 1) SDN 05 Benua Kayong Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Menulis adalah proses mencurahkan piki...

Selengkapnya
Navigasi Web
AYO! MENDAFTAR IKM MANDIRI TAHUN 2023 (A-3)
Penuntasan PMM di SDN 05 Benua Kayong

AYO! MENDAFTAR IKM MANDIRI TAHUN 2023 (A-3)

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) mandiri tahun 2023 mulai dibuka pendaftarannya pada 6 Februari 2023 - 31 Maret 2023. Pendaftaran ini dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Banyak reaski di lapangan dalam menyikapi pendaftaran IKM mandiri ini. Ada yang semangat ingin mendaftar, ada yang ragu-ragu, bahkan ada yang takut kebingungan, dll. Reaksi-reaksi tersebut tentu tergantung informasi yang di dapat, sehingga mempengaruhi pikiran Guru dan Kepala Sekolah menentukan pilihan dalam IKM mandiri.

Sebagai sekolah penggerak angkatan 1, kami pun awalnya tidak menyangka akan menjalankan kurikulum baru yang saat ini dikenal dengan kurikulum merdeka. Saat mandaftarkan diri menjadi kepala sekolah penggerak, niatnya hanya ingin mendukung program pemerintah, apa pun itu. Tahun pertama sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) dijalani dengan penuh kebingunggan, karena terjebak dalam penyusunan perangkat ajar. Untungnya pola pendampingan yang diberikan sangat membantu dalam memahami kurikulum merdeka.

Memasuki tahun ke-dua ini, kebingungan tersebut mulai hilang. Hal ini karena pendampingan yang kontinu dan tersedianya PMM. Sekarang kami bahkan sangat menikmati pelaksanaan kurikulum merdeka. Banyak hal positif yang didapatkan, seperti:

1. Guru tidak dikerjar dengan target kurikulum, tetapi mengajar berdasarkan tahap kemampuan siswa, penyampaian materi lebih fokus pada materi esensial dan mengembangkan kompetensi murid sehingga pembelajaran lebih mendalam dan bermakna.

2. Penguatan karakter diberi jam tersendiri dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) atau disebut juga projek profil. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi isu-isu terkini yang ada di lingkungannya, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk menanamkan nilai-nilai baik (karakter) dan kompetensi sesuai profil pelajar Pancasila.

3. Kurikulum Merdeka membimbing guru untuk lebih mengutamakan siswa, siswa dan siswa. Pembelajaran yang mengutamakan kepentingan siswa dengan pembelajaran berdifrensiasi, pola pikir guru diajak untuk berubah lebih baik, dengan pembelajaran paradigma baru.

4. Jika dahulu, untuk mendapatkan ilmu dan sertifikat pelatihan guru harus menunggu undangan dari dinas atau lembaga lainnya, atau mendaftar dengan mengeluarkan uang pribadi, maka dengan IKM, guru dapat mengembangkan kompetensinya dan dapat sertifikat nasional hanya melalui PMM.

5. Jika tahun pertama kami dibingungkan oleh perangakat pembelajaran, ternyata setelah tahun ke-dua kami mulai memahami bahwa perangkat ajar kurikulum merdeka tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya, walau pun juga tidak sama persis. Namun yang pasti perangkat ajar sudah tidaklah menjadi kendala besar bagi kami sekarang.

 

Bagi sekolah yang masih ragu dan takut mendaftar IKM, maka buang jauh rasa tersebut, karena pemerintah telah membuat banyak program untuk membantu memahami IKM, salah satunya melalui PMM. Pemerintah memberikan enam langkah strategi suksek IKM mandiri, yaitu :

1. Guru dan Kepala Sekolah belajar mandiri melalui PMM

2. Guru dan Kepala Sekolah belajar Kurukulum Merdeka dengan mengikuti Seri Webinar, melalui PMM.

3. Guru dan Kepala Sekolah belajar Kurukulum Merdeka di dalam komunitas belajar

4. Guru dan Kepala Sekolah belajar praktik baik melalui narasumber yang telah direkomendasikan

5. Guru dan Kepala Sekolah memanfaatkan pusat layanan bantuan (helpdesk) untuk mendapatkan informasi lebih.

6. Guru dan Kepala Sekolah bekerjasama dengan mitra pembangunan untuk implementasi kurikulum merdeka.

 

PMM sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi Guru dan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan memilih IKM mandiri maka Guru dan Kepala Sekolah akan termotivasi untuk memanfaatkan PMM. Demikian juga sebaliknya, jika sekolah tidak memilih IKM mandri maka motivasi memanfaatkan PMM akan sangat kecil.

 

"Jangan setengah hati menjadi guru,

Ada PMM tempat untuk belajar"

 

Ketapang, 1 Januari 2023

 
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Artikel ini sangat membantu bagi lembaga yang ingin mendaftarkan IKM secara mandiri.

02 Feb
Balas

Terima kasih kawan seperjuangan

02 Feb

Terima kasih kawan seperjuangan

02 Feb

Terima kasih kawan seperjuangan

02 Feb

Terima kasih kawan seperjuangan

02 Feb

Terima kasih kawan seperjuangan

02 Feb

Terima kasih kawan seperjuangan

02 Feb

Terima kasih kawan seperjuangan

02 Feb

Terima kasih kawan seperjuangan

02 Feb



search

New Post