luthfil khakim

Pendidik di Pesantren Terpadu Daarul Fikri Cikarang Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEBIASAAN MENJELANG TIDUR

KEBIASAAN MENJELANG TIDUR

Abi, mana sikutnya? Mas Tisham bertanya, sambil mencari posisi tidur yang diinginkan. Lain lagi adiknya Iftihar ngomong ta ta, sambil jari telunjuk menunjuk ke lubang daun telinganya. Kebetulan Iftikhar belum lancar berbicara jadi ngomong yang dia bisa. Itulah kebiasaan yang terjadi setiap menjelang anak – anakku tidur. Mas Thisam yang tidak pernah absen mencari sikut Abi dan Uminya menjelang tidur. Sedang adiknya, Iftikhar biasa minta dikorek kupingnya dengan korek kuping atau benda lainya.

Kebiasaan menjelang tidur lazim dialami oleh anak – anak, bahkan kebiasan itu sampai berlanjut diusia dewasa. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan itu, namun kadang itu menjadi tantangan tersendiri, apabila kebiasaan tersebut tidak ditunaikan. Bahkan ada anak yang sampai tidak tidur, dikarenakan kebiasaannya itu.

Berikut beberapa cara agar anak – anak lupa untuk melakukan kebiasaan – kebiasaan sebelum tidur yaitu :

1. Banyak beraktivitas

Aktivitas yang tinggi membuat energi anak berkurang. Mereka cepat lelah dan ngantuk. Disaat itulah biasanya anak – anak akan cepat tertidur dengan sendirinya. Kebiasaannya pun lupa untuk dilakukan.

2. Menginap di rumah kakek dan nenek

Biasakan anak untuk dapat berinteraksi selain dengan kedua orang tuanya. Kakek dan nenek adalah keluarga terdekat yang dapat dijadikan sebagai objek belajar dalam bersosialisasi dengan orang lain. Anak dengan kebiasaan yang unik sebelum tidur, apabila menginap ditempat kakek dan neneknya, akan sedikit malu jika kebiasaanya dilakukan. Apabila cara ini tidak ampuh, maka ayah dan bunda tidak ikut menginap bersama anaknya. Dengan cara ini, anak merasa sungkan apabila kebiasaanya dilakukan dihadapan kakek dan neneknya.

3. Treatment

Treatment yang dimaksud yaitu melatih anak – anak supaya dapat lepas dari kebiasannya. Treatment membutuhkan waktu yang lama apabila dilakukan. Dibutuhkan kerjasama yang utuh antara ayah dan bunda, supaya kebiasaan yang dilakukan anak menjelang tidur, tidak dilakukan lagi.

4. Berdoa

Sebagai seorang muslim, ayah dan bunda tidak lepas dari ketentuan sang pencipta. Kebiasaan – kebiasaan yang dilakukan anak juga demikian adanya. Oleh karena itu, doa merupakan senjata yang ayah dan bunda panjatkan, beriringan dengan usaha- usaha yang sudah maksimal untuk dilakukan.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan ayah dan bunda, untuk dapat menghilangkan kebiasaan anak – anak menjelang tidur. Semoga bermanfaat. Salam literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi,sangat menginspirasi

16 Nov
Balas

salam literasi..

16 Nov
Balas

Tulisan yang ringan namun bermanfaat....Salam literasi..

16 Nov
Balas



search

New Post