MA PP Nurul Falah Borongganjeng

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Hikmah di Balik Puasa

Hikmah di Balik Puasa

Saat kita berpuasa apakah merasakan lapar? Sudah pasti, kita haus sudah pasti! Merasa lesuh menahan lapar dan haus mulai dari subuh sampai magrib telah datang. Belum lagi merasa kekeringan saat benar-benar berada dibawah teriknya matahari yang panasnya sangat dahsyat. Pasti kebayang minuman dingin dan segar.

Karena memang belum ada sejarah bahwasanya jika kita sedang berpuasa kita merasakan kenyang, tidak! Semua orang pasti lapar dan semua orang juga tahu itu, tapi itu adalah kewajiban yang memang seharusnya kita laksanakan. Mau tidak mau harus belajar untuk menjalani. Bukankah sebuah peristiwa ada hikmahnya bukan? Jadi jalani dan percayalah.

Sebagaimana sang pencipta yang masih mencintai hambanya, yang masih memberi umur panjang sehingga masih dapat berpuasa. Nah, maka dari itu kita pasti sedikit paham, berpuasa bukanlah hal yang harus kita keluhkan dan biarkan lewat begitu saja, melainkan hal yang patut kita syukuri. Janganah menyia-nyiakan nikmat Allah, karen kita tidak tahu apakah dihari esok kita masih bertemu dengan bulan ramadhan.

Kemungkinan besar banyak orang yang saat berpuasa merasa bosan, malas, lelah, atau mungkin dekspresi karena lebih memikirkan kondisi tubuhnya yang akan turun drastis karena faktor berpuasa, begitu katanya! Siapa bilang kalau berpuasa itu menurunkan stamina tubuh. Namun berpuasalah yang membuat kondisi tubuh kita sehat, diet yang paling bagus itu berpuasa, yang memang dianjurkan juga oleh Rasulullah ketika orang-orang ingin menjaga kesehatan dirinya.

Tidak usah capek-capek mejajah diri sendiri tidak makan seharian, katanya mau mempercantik badan! Haha hal bodoh yang masih dipelihara. Katanya mau langsing, mau kurangi lemak tubuh karena kegendutan! Lah, kenapa tidak puasa saja sekalian, daripada membuang-buang waktu untuk tidak makan, lebih baik amalkan waktu itu untk berpuasa saja Nah selain mengurangi berat badan kamu juga mendapat hikmah berupa pahala disisi Allah.

Saat berpuasa kamu pasti tidak hentin-hentinya terbayang-bayang makanan dan minuman dan makanan lainnya, kamu terus membayangkan betapa segarnya minuman segar saat panas matahari, sampai kamu pun lupa bahwa bayangan itu dapat membatalkan puasa. Jadi, hati-hati saat berpuasa, jangan kebanyakan melamun. Saat melamun bukan hanya merusak puasa tapi merusak semua kejiwaan yang ada pada diri.

Jadi sebenarnya tidak susah mencari hikmah saat berpuasa, cukup kita menyadari hal apa saja yang pantas kita lakukan saat bulan ramadhan selagi sesuatu itu tidak merugikan orang lain dan juga diri sendiri. Jadi, bukan hanya bersabar kita bisa menemukan hikmah, berpuasa pun kita bisa mendapatkan hikmah yang bahkan bisa kita petik isinya. Saat waktu berbuka puasa telah tiba, pasti sudahb bermacam-macam makanan yang juga tertera dihadapanmu, kamu pasti berfikir, saat buka puasa berbuka puasa kamu akan mencoba semua makanan yang ada didepanmu. Tapi, ketika azan sudah berkumandang menandakan buka puasa telah sampai, justru kamu tiba-tiba saja merasakan kenyang, padahal belum makan semua makanan yang kamu bayangkan tadi! Pasti banyak orang yang sudah merasakan hal itu. Nah, begitu sebenarnya ketika kita ikhlas menjalani sesuatu yang awalnya terasa berat untuk dilakukan, kita tidak menyadarinya saja bahwa disetiap hal yang kita lakukan pasti kita menemukan sebuah hikmah.Percayalah kehendak Allah itu nyata adanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post