MA PP Nurul Falah Borongganjeng

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sejalannya Doa dan Usaha

Sejalannya Doa dan Usaha

Pada bulan suci ramadhan tahun ini sebenarnya sama dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu melaksanakan puasa selama 30 hari yang Alhamdulillah sudah kita jalani beberapa hari ini tetapi ada sedikit perbedaan di tahun lalu yang mana di tahun ini banyak di antara kita yang tidak bisa merasakan kenikmatan bulan suci ini dan banyak pula yang harus kehilangan keluarganya teman dan kerabat dekat salah satu penyebabnya adalah adanya virus yang beredar yang biasa disebut covid-19 yang telah banyak meresahkan manusia yang telah memaksa kita untuk tetap tinggal dan beribadah di rumah mengerjakan segala sesuatu di rumah aja.

Sebetulnya dari apa yang terjadi di sekeliling kita ini merupakan teguran atas kesalahan-kesalahan kita di bulan suci tahun-tahun sebelumnya atau Allah SWT ingin menguji keimanan serta kesabaran kita untuk cobaan yang menimpah seluruh dunia saat ini munkin saja pada tahun lalu kita kurang taat kepada Allah SWT, kurang bersih, dan munkin saja tanpa sengaja dan sengaja melakukan hal yang tidak wajar di lakukan seperti masih menyembah atau mentuhankan sesuatu selain Allah masih melakukan kemaksiatan kepada orang lain dan diri sendiri.

Ujian itu tak akan terhenti selagi kita masih menghembuskan nafas di muka bumi ini selalu datang meski tak ada undangan, ujian di kirim untuk mengetahui jumlah manusia yang dapat bertahan dan melewati semua itu.

Kita ini manusia yang lemah manusia yang hanya bersifat sementara di bumi ini lalu kepada siapa lagi kita akan mengadu atas apa yang terjadi saat ini selain kepadaNya?

Teruslah berdoa dan berusaha agar kejadian tahun ini cepat berlalu.

Doa itu mendatangkan begitu banyak manfaat bagi kita entah itu sesuatu yang telah ada maupun yang belum di turunkan sekalipun oleh Allah.

SWTberfirman dalam Surat Al Mukmin, ayat 60:.

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: “Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannnya.”

Begitupun dengan doa itu akan terkabul ketika ada usaha jangan katakan yang penting sudah berdoa jangan berdoa terus menerus tampa dibarengi dengan usaha karena itu akan sulit, Allah SWT lebih mengutamakan doa orang berusaha dibandingkan yang hanya berdoa tampa usaha karena hidup yang kita jalani tidak akan baik-baik saja kecuali kita yang membuatnya menjadi baik.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Ar-Ra’d, ayat 11;

إِنَّ اللهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Untuk itu mari kita sama-sama merenung atas kekhilafan yang pernah kita lakukan di masa lalu mari kita sama-sama memperbaiki diri di bulan suci Ramadhan ini kehidupan kita menjadi lebih baik dijauhkan dari segala macam bentuk kesusahan agar apa yang kita jalani saat ini menjadi bermanfaat dan berberkah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Amiin

27 Apr
Balas



search

New Post