MA'ARIF SETYO NUGROHO

Nama kecilnya Nu atau Enu, dilahirkan dan dibesarkan di tempat yang berbeda. Sumpiuh di kabupaten Banyumas dan Bobotsari di Kabupaten Purbalingga dari leluhur y...

Selengkapnya
Navigasi Web
Di Ujung Senja

Di Ujung Senja

Tepat di ujung senja, meski sore itu tanpa semburat jingga yang ronanya sering kali begitu menakjubkan, saat kuinjakkan kaki di tanah pasir setengah basah usai menempuh perjalanan yang sebagiannya diiringi hujan dan gerimis, yang silih berganti menimpali alunan lagu dan deru mesin turbo armada nan gagah yang kami tumpangi.

Tepat di Ujung Senja, usai ritual panjatkan doa tuk kemuliaan Sang Aulia pendahulu kita, yang jazadnya bersemayam di pelukan bumi pertiwi dalam kedamaian dan insya Allah dalam kerahmatan yang Maha Besar, kutemukan keindahan tersembunyi yang seolah terlupakan sebelum mencapai puncak kejayaan.

Senja kala, adalah ujung senja pada paragraf pertama, yang sepanjang perjalanan dari barat (Pemalang dan Pekalongan) sesampai di wilayah Batang pada sore hari menjelang malam tampak menjadi andalan wisata pantai di garis pertemuan daratan Pulau Jawa dengan Laut Jawa. Ornamen berupa untaian lampu dan lampion menghiasi hamparan kawasan yang di dalamnya bertebaran puluhan bahkan ratusan gubug beratap rumbia, gazebo, meja kursi dan panggung dengan segala gayanya.

Eksotika baru yang belum pernah ada sebelumnya, kecuali di pantai-pantai di kota besar yang kehidupan malamnya begitu semarak. Batang tampaknya menuju ke sana, geliat pembangunan di sepanjang pantainya menampakkan betapa besar nilai investasi yang telah masuk dan siap mengubahnya menjadi magnet baru penduduk dari seantero dunia.

Ujung Senja, adalah nama cafe n resto yang tersemat di papan nama di gerbang penyambutannya. Letak gerbangnya persis di samping makam Syaikh maulana Maghribi, yang menjadi cagar budayà, peninggalan budaya yang dilindungi oleh pemerintah / negara.

Spot wisatanya ada di bagian bawah ( dasar jurang) yang telah dipermudah aksesnya dengan tangga semen permaneñ. Untuk mencapainya kita harus berjalan kaki menuruni lembah itu antara 100 -150 meter. Atau jika dengan hitungan waktu antara 5 -10 menit dengan hati-hati. Dengan berjalan perlahan, kita bisa sambil memandang panorama laut di kejauhan atau keindahan jalinan akar bahar yang berada di sisi kiri dan atas tangga. Terlebih jika bersama pasangan, bakal menjadi perjalanan singkat yang membuat makin merekat.

Sejak di gerbangnya, terlihat kalau bangunan dan ornamen atau dekorasinya tampak belum begitu tua, namun juga tak begitu baru. Ada kesan, spot wisata ini belum lama dikembangkan, tetapi seolah tak sempat mencapai masa keemasan dan ditinggalkan. Sangat disayangkanm kemungkinan akibat kurang gencarnya promosi sehingga kalah bersaing dengan pantai tetangga yang jum.ahnya cukup banyak dan aktifitas di media sosialnya cukup tinggi.

Klimbungan, 20230201

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap mas gagah. Kalau sudah ahlinya, ambil photo dari posisi manapun tetap keren menewen.. Sukses selalu

04 Feb
Balas

Alhamdulillaah, terima kasih Mas bagus, sudah mendoakanku jadi ahli photo, semoga diijabah, amiin.... Sukses selalu juga buat Mase, Sang Teladan

04 Feb

Ujung senja? Waahh....oma bgt itu...hahaaa...

03 Feb
Balas

Keindahannya saat mentari mendekatinya yang selalu menakjubkan, mbakyu, dan yang penting selalu sehat. Terima kasih hadirnya selaluuu

04 Feb

Panoramanya indah, selamat menikmati wisatanya Pak Ma'arif

02 Feb
Balas

Begitulah Pak Rochadi, alhamdulillah sempat menikmati, terima kasih sudah hadir mengapresiasi dan mendoakan. Sukses selalu untuk Pak Roch

03 Feb

Begitulah Pak Rochadi, alhamdulillah sempat menikmati, terima kasih sudah hadir mengapresiasi dan mendoakan. Sukses selalu untuk Pak Roch

03 Feb

Di senja yang indah, ada pantai yang siap dijamah. Tunggu investor yang amanah. Salam bahagia, Bapak.

03 Feb
Balas

Sepertinya begitu, bu Cicik, masih tanggung pengelolaannya. Salam sehat dan bahagia kembali Bu

04 Feb

Jalan-jalan nih. Selamat menikmati panorama pantai yang indah.

03 Feb
Balas

Bersama Jama'ah Yasin, Bu. Ziarah. Pas di dekatnya ada lokawisata.

04 Feb



search

New Post