Muhammad Faturrahman (PAI 3C)

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PLEASE !!! NORMALISASI 'AKU-KAMU'

PLEASE !!! NORMALISASI 'AKU-KAMU'

Muhammad Faturrahman

 

Entah kenapa orang yg menggunakan kata "aku-kamu" pastinya dibilang anak alay, dan ketika ada orang perantau yang menggunakan kata "Aku-kamu" terdengar aneh dan risih. apalagi jika menulis pesan singkat di telepon yang tulisannya pake karakter seperti "Akoh - k4mu" padahal aku kamu adalah bahasa indonesia yg sebenarnya loh. Akan tetapi Kata "lo-gue" yang sering digunakan oleh kita khususnya anak muda sudah mengakar dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang berdomisili di wilayah Bekasi, Depok dan Jakarta.

 

"Lo-gue" diambil dari bahasa Hokian, bahasa salah satu suku Tionghoa.

Kamu akan terkejut ketika mendengar seorang anak suku Tionghoa keturunan Indonesia berbicara pada orang tua mereka pakai gua-lu. Kurang ngajar sekali. Tapi bagi suku mereka inilah yang seharusnya dilakukan. Kalau pakai aku-kamu pada orang tuanya bisa dibilamg kurang ajar. Atau jika menggunakan kata "Saya-anda" bisa dibilang terlalu formal. 

Nah ! Akan tetapi itu budaya mereka, berbeda dengan kita. Oleh karena itu dalam konteks ini, seharusnya kita mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan menggunakan kata "Lo-gue" karna itu bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sudah sepatutnya kita menjaga dan memelihara kemurnian bahasa kita.

 

Kami putra dan putri indonesia , menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, paparan yang keren. Sukses selalu dan barakallahu fiik

10 Jul
Balas

Subhanallah, pancasila NKRI harga mati tidak bisa terpisahkan semoga negara kita menjaga negara aman sejahtera dan damai.

10 Jul
Balas

Subhanallah keren banget pemaparan nya, semoga berkah ilmunya, sukses selalu

11 Oct
Balas



search

New Post