Maemunah,S.Ag.M.Pd

Pengawas Pendidikan Guru Agama Islam(SMP) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di Serang, pernah belajar di IAIN SGD Serang dan IAIB Serang Banten. Pernah meng...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karakter Santun

Karakter Santun

#Tantangan Gurusiana menulis hari ke 63 (27 Juli 2020)

Karakter Santun

Memanfaatkan hari libur kemarin jalan pagi-pagi olah raga menyusuri gang kecil sambil silaturohmi kepada para lansia karena sejak pandemi ga ada kegiatan kumpul dengan komunitas nenek, yang biasanya setiap bulan sekali kumpul dan saling bercerita. Ceritanya pun banyak lucu karena usia mereka yang sudah usia milenial dan tingkahnya juga menjadi bahan guyonan bersama. Cukup indah dan menghibur kumpulan nenek yang bahan hiburan itu ada pada tingkahnya masing-masing.

Kegiatan bersama para lansia sudah belangsung cukup lama kurang lebih 20 tahun dan sudah berganti-ganti lansia, karena ada yang sudah meninggal dan ada yang menyusul menjadi lansia, banyak pelajaran yang aku dapatkan dari mereka. Dari berbagai macam karakter yang cukup unik dan patut dicontoh seperti saling memberikan nasihat sesama lansia, namun ada juga karakter yang harus dibenahi agar tidak membebani orang lain yang ada disekitarnya. Dan untuk merubah karakter itu sangat sulit. Dalam kegiatan komunitas nenek biasanya diisi dengan siraman rohani atau istilah mereka menyebutnya ngaji kuping, karena hanya mendengarkan apa yang disampaikan ustadnya, dan materinyapun sekitar kebersihan, saling menghormati dan mengingaktkan untuk tetap dekat dengan sang maha kuasa.

Sejak pandemi aku tidak bisa kumpul dengan mereka, maka hari minggu kemarin aku silaturohmi kerumah para lansia sambil berbagi sedikit rezeqi dan mereka sangat senang dikunjungi. Alhamdulillah sampai jam 9.00 terkunjungi 23 lansia dan akupun pulang. Kemudian mengerjakan tugas rumah,tak lama kemudian ada suara memanggil namaku, ku bukakan pintu tiba-tiba sinenek yang kutemui paling terakhir datang menangis gara-gara tidak bersalaman dengan aku..yah.. ada-ada saja ya nenek. Karakter santun itulah yang membuat aku harus banyak belajar pada mereka.

Cilegon 27 Juli 2020

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen tulisannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

27 Jul
Balas

Bermanfaat tulisan Ibu, saya suka membacanya.

27 Jul
Balas

Terima kasih..pak sudah menyesaikan bacaannya..salam literasi

27 Jul

bermanfaat, Keren banget bunda, salam literasi, salam sukses

27 Jul
Balas

Terim kasiih bunda..salam kembali , semoga sehat selalu

27 Jul



search

New Post