Maharti Rn

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
mempraktekan free writing

mempraktekan free writing

anak itu telah ditemukan

mendengar berita anak hilang sangat menyedihkan. apalagi ia masih berumur belasan tahun. terdengar diseberang sana seorang ibu menceritakan kehilangan anak. diawali hari itu kamis anak sebut saja iqbal (nama bukan sesungguhnya) berangkat sekolah bersama kakaknya. kebetulan mereka bersekolah di satu komplek perguruan. sang kakak kelas dua sma dan adik kelas satu smp. ketika sampai di halaman sekolah dan saat kakak memparkir motornya, tiba-tiba adik lari menuju gerbang keluar, ternyata diluar gerbang sudah ditunggu teman bermainnya. wal hasil sang adik tidak masuk sekolah hari itu alias membolos. haripun hingga larut keluarga dirumah tidak mendapatkan adik pulang kerumah. kecemasan dirasakan ibunya. upaya menghubungi teman-teman iqbal telah dilakukan, namun belum membuahkan hasil. tak cukup diam menunggu kedatangan sang anak, upaya keras dilakukan ibunya, melaporkan ke radio paling keren di surabaya untuk urusan informasi. upaya tak kalah serunya sang bunda menghubungi teman-teman semasa sma dan teman-teman kuliah, tak ketinggalan melaporkan dan meminta bantuan aparat kepolisian guna memantau keberadaan iqbal. semua bergerak bersama. upaya ini membuahkan sedikit titik terang. beberapa info yang masuk ke bunda iqbal, disinyalir ia dimanfaatkan temannya untuk menjual sepeda motor. beruntung nomor kontak penjual motor ini bisa diketahui teman bunda iqbal. saran dari teman menggunakan trik sebagai pembeli motor, mempridiksi jika yang diminta mengantar motor adalah iqbal maka titik terang bertemu anak akan menjadi nyata. pridiksi kemungkinan kedua jika yang mengantar oranglain maka kemungkinan bisa ditanyakan tentang keberadaan iqbal.

semua merupakan rencana yang tek lepas dari sekenario yang maka kuasa. cobaan kecil telah mendera keluarga iqbal. peringatan untuk pola asuh, pengawasan dan perhatian kepada harta yang tak ternilai dari sang pencipta. "jagalah anakmu sebagai harta tak ternilai titipan yang maha kuasa". hal ini bundapun telah menyadari kesibukan mencari harta dunia sehingga mengabaikan dan menganggap remeh mengasuh anak ketika menginjak remaja. kita ketahui berdasarkan sumber menjelaskan bahwa remaja merupakan usia yang rentan. ketika anak menginjak usia 11 tahun sebagai orang tua perlu waspada. anak telah memasuki uasia remaja, uasia yang identik dengan pembangkangan, sulit diatur (mengikuti aturan orang dewasa). namun mereka memiliki rasa empati, kebersamaan, toleran yang cukup tinggi bersama teman seusianya, teman sebayanya. kondisi ini memunculkan perilaku anak lebih menurut pada apa kata teman daripada mendengar nasehat orang tua, atau kemauan orang tua.

kembali petualangan iqbal selama empat hari tiga malam. setelah ditemukan lantaran transaksi jual beli sepeda motor, beruntung ternyata pridiksi pertama tercapai, bahwa yang diminta mengantar motor adalah iqbal. kemudahan masih berpihak pada keluarga iqbal. bekerjasama dengan aparat saat melakukan pertemuan yang niatnya transaksi jual beli motor tersebut. Pada saat itu motor dibawa oleh iqbal, sedangkan temannya bersembunyi dibalik warung tambal ban tak jauh dari tempat yang sesuai perjanjian. begitu tahu yang membawa motor benar iqbal teman bunda lansung mengkontak bunda iqbal yang juga bersembunyi disekitaran lokasi. drama pencarian anak hilang pun berakhir dengan kembalinya iqbal kekeluarganya, sedangkan teman iqbal mendapat pembinaan aparat setempat yang menjadi wilayah kerjanya.

kondisi dekil hitam kotor dan sayu, begitu yang diceritakan bunda iqbal saat menemukan anaknya. setelah mendapat perawatan dan ketenangan, iqbal masih mampu menceritakan petualangannya selama meninggalkan rumah. begitu trenyuh sang ibu mendengarnya, tak terasa air mata selalu meleleh, merasakan penyesalan yang mendalam karena menurutkan keinginan diri dengan kesibukannya hingga lalai memberikan perhatian pada anak remajanya. selama meninggalkan rumah tak sesuap nasipun disantap iqbal, "ia merasakan kelaparan yang kata keren sekarang lapar tingkat dewa",urainya. bahkan sempat diminta membantu bekerja dibengkel dekat rumah yang disinggahi bersama teman yang mengajaknya. duh gusti mohon ampunan, ketelodaranku mengabaikan titipanmu. kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua orang tua yang masih memiliki amanah berat mengasuh anak usia remaja.

memahami perkembangan dan perubahan-perubahan fisik maupun psikis pada anak remaja sangat diperlukan. ini sangat penting sebagai bekal semua orang tua mendampingi anaknya ketika menginjak usia remaja. ketika masa ini mampu diselamatkan dan anak berkembang dan berproses pada koridor yang pas, maka anak akan menjalani kehidupan pada jalan yang sesuai menjadi harapan keluarga. tak kalah penting pada usia remaja untuk menguatkan dan lebih mendekatkan diri secara spiritual dan membangun akhlaqul karimahnya. selama menjalani proses ini anak sangat membutuhkan kedekatan dengan orang tua. kehadiran mereka memberikan dampak positif pada psikis anak. anak merasakan kehangatan adanya kehadiran orang tua dalam keluarga. memenuhi kebutuhannya juga penting. remaja merupakan bagian dari generasi muda. selamatkan generasi muda untuk masa depan negara. dukung mereka, hindarkan dari permasalahan, peluk dengan kehangatan, hantarkan remaja berkemajuan. STOP! REMAJA BERMASALAH.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Buku yang uar biasa, Bunda. Subhanallah, betapa besar amanah menjaga sang buah hati jelang remaja.

13 Jan
Balas

alhamdulillah terima kasih bunda sri ayu sipah, bunda juga istimewa.

13 Jan
Balas



search

New Post