My Kereta
Saat naik Kereta listrik (KR) di stasiun Manggarai, kulihat 2 orang pekerja pembersih kereta, sibuk mengepel lantai kereta. Padahal di dalam kereta masih banyak penumpang yang menunggu keberangkatan menuju stasiun Bogor. Sementara itu, masih banyak penumpang yang baru naik di stasiun Manggarai. Kasihan juga, melihat kedua pekerja yang belum selesai mengepel, namun sudah diinjak-injak lagi oleh penumpang yang baru tiba. Tetapi, tidak boleh juga kita menyalahkan penumpang-penumpang tersebut. karena KRL tersebut, memang masih beroperasi dan hanya menunggu waktu keberangkatannya saja.
Karena sedang beroperasi, KRL sudah pasti penuh oleh penumpang yang duduk maupun yang berdiri. Sehingga, pada saat pekerja itu mengepel lantai, para penumpang harus mengangkat kaki masing-masing. Saya yang melihat kondisi seperti itu, hanya menahan senyum saja. Seperti tidak ada waktu saja, sehingga timbul pertanyaan, mengapa kRL tidak dibersihkan saat sudah masuk Depo? Padahal lantai kereta masih bersih. Jika hari hujan, dan lantai sedikit basah, mengapa tidak di lap saja secukupnya?. Mengapa juga harus di pel dengan air (menggunakan semprotan air)?.rasanya kurang tepat melakukan pengepelan saat masih banyak penumpang yang lalu lalang.
Di Jepang, pembersihan kereta biasanya diserahkan kepada pekerja paruh waktu, yang kebanyakan adalah mahasiwa. Biasanya mereka mulai bekerja pukul 5 sampai pukul 7 pagi. Kenudian dimalam hari, sekitar pukul 23 sampai 24 malam, di Depo kereta.. Biasanya, mereka melakukan pembersihan bukan hanya lantai kereta saja, tetapi sekeseluruhan kereta. Selebihnya tidak ada pembersihan lagi. Jika ada tumpahan air atau yang lainnya, maka petugas lain di stasiun terdekat yang akan membersihkannya.. Hal ini dilakukan agar tidak menggangu kenyamanan penumpang.
Perusahaan Komuter Line maupun Japan Railway (JR) Line, adalah perusahaan professional pelayanan kereta di Indonesia dan Jepang. Terlepas dari perbedaan sarana dan prasarana antar keduanya, penumpang bagi kedua perusahaan adalah konsumen yang harus diberikan pelayanan terbaik, berupa Keamanan perjalanan, ketepatan waktu, dan kenyamanannya. Kebersihan kereta adalah salah satu bentuk kenyamanan yang diberikan, Namun, alangkah baiknya jika pembersihan dilakukan saat penumpang tidak ada atau saat kereta dalam keadaan kosong. Agar pembersihan dapat dilakukan seefektif mungkin.
Untuk menjaga kebersihan kereta, menyiapkan petugas kebersihan yang siap siaga memang perlu, tetapi meningkatkan kesadaran penumpang untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kereta adalah hal yang paling penting. Karena sejatinya, fasilitas negara, terutama alat transportasi, yang utamanya harus di jaga oleh penggunanya itu sendiri.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar