Maimuna, S. Pd

Bismillahirrahmanirrahim Mencoba bangkit dari kubangan mimpi buruk, merajut mimpi yang lama terpendam, merangkai asa walau tertatih, support sahabat menggelora...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pengaruh Asih, Asuh, Asah Anak dalam Keberhasilan Pendidikan.

Pengaruh Asih, Asuh, Asah Anak dalam Keberhasilan Pendidikan

Oleh: Mimuma, S.Pd

Guru Bimbingan Konseling

SMPN 2 BONDOWOSO

#Tagur 29

Asih, Asuh, Asah. Tiga kata ini mengandung pengertian mengasihi, mengasuh dan mengasah. Sengaja saya awali dengan 3A tersebut diatas karena saya ingin membahas tentang bagaimana peranan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam menerapkan 3A tersebut diatas kepada anak/peserta didik guna menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap masa depan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Sekolah, masyarakat maupun keluarga merupakan pusat pendidikan bagi seorang anak. Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama bagi perkembangan anak selanjutnya. Karena dari keluargalah anak berasal. Anak mengenal segala sesuatu dari yang paling sederhana sampai mengenal lingkungan yang paling awal, bermula dari lingkungan keluarga. Jadi tak mengherankan apabila cara pendidikan yang diterapkan oleh keluarga pada diri anak mewarnai karakter dan pribadi anak selanjutnya.

Pada hakekatnya tiap individu memang memiliki kekhasan karena faktor pendidikan yang diterima oleh anak semasa kecil di lingkungan keluarga akan sangat mewarnai kehidupan anak tersebut bagi perkembangan pribadinya. Oleh karena itu tak berlebihan apabila kunci keberhasilan masa depan anak antara lain terletak pada pada bagaimana cara masing-masing keluarga menanamkan pola Asih, Asuh dan Asah anaknya.

(bersambung)

#BRK19012022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post