Maimuna, S. Pd

Bismillahirrahmanirrahim Mencoba bangkit dari kubangan mimpi buruk, merajut mimpi yang lama terpendam, merangkai asa walau tertatih, support sahabat menggelora...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pengaruh Asih, Asuh, Asah Anak dalam Keberhasilan Pendidikan(2).

Pengaruh Asih, Asuh, Asah Anak dalam Keberhasilan Pendidikan

Oleh: Mimuma, S.Pd

SMPN 2 BONDOWOSO

#Tagur 31

Pada dasarnya orang tua/wali sangat sayang kepada anaknya dan ingin anaknya menjadi orang yang baik, mandiri, tangguh, cerdas, saleh dan berbagai kebaikan dunia akhirat lainnya. Namun demikian tidak semua orang tua/wali menunjukkan kasih sayang secara langsung/terang-terangan kepada anaknya. Ada yang mengungkapkan dengan cara memenuhi semua kebutuhan anak ada pula yang sengaja tidak memenuhi beberapa kebutuhan anak dengan tujuan agar anak tidak manja dll.

Terkadang pola kasih sayang yang di berikan orang tua tidak dipahami oleh anak dan bahkan ada yang tidak selaras dengan kemauan anak. Bila hal ini terjadi akan muncul konflek, ada anak yang merasa tidak disayang oleh orang tuanya padahal orang tuanya sangat menyayanginya. Apabila orang tua tidak memenuhi permintaan/kebutuhan anak, hal itu karena bertujuan agar anak tidak cengeng/lebih mandiri, tangguh, dapat menjadi anak yang saleh dll.

Berikut ini adalah hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh seorang anak kepada orang tuanya:

1. Sayang kepada orang tua/wali

2. Patuh terhadap perintah orang tua/wali

3. Menjadi anak yang baik

4. Rajin belajar/suka menimba ilmu yang bermanfaat di dunia dan akherat.

5. Rajin ibadah dan mendoakan orang tua/wali

6. Selalu siap membantu orang tua/wali

7. Tidak membuat orang tua/wali marah

8. Berupaya menjadi orang yang mandiri dan mapan

9. Menjaga nama baik keluarga dan orang tua/wali

10. Memberi nafkah orang tua/wali ketika lanjut usia.

Dengan didasari oleh kasih sayang yang tulus, komunikasi yang baik, ikhtiar dan doa kontinue yang ikhlas karena Allah semata, Insyaallah pola Asih, Asuh, Asah orang tua/wali akan mencapai tujuan yang diinginkan. Aamiin

(bersambung)

#BRK21012022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu Mai. Tulisan yang mencerahkan.

22 Jan
Balas

Bismillahirrahmanirrahim semoga bermanfaat

21 Jan
Balas

Mantab jeng dan sangat bermanfaat

21 Jan
Balas

Terimakasih Bunda, bagaimana kabar Jateng? Salam literasi inggih

21 Jan



search

New Post