Mala Komalasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Game Pembelajaran Unsur Kebahasaan Teks LHO

Game Pembelajaran Unsur Kebahasaan Teks LHO

Assalamualaikum.

semangat pagi untuk kita semua, salam sejahtera.

Kali ini saya akan berbagi praktik baik mengenai pembelajaran yang saya lakukan di kelas. Saya akan menjelaskan tentang pembelajaran unsur kebahasaan teks LHO di kelas X tingkat SMA kurikulum merdeka. Hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan apersepsi dahulu menganai materi struktur teks LHO. Saya menanyakan kepada siswa apa saja struktur teks LHO yang telah mereka pelajari dengan mengaitkan pada teks yang akan dijadikan media pembelajaran hari ini. Materi yang akan diajarkan hari ini adalah unsur kebahasaan teks LHO tentang kalimat definisi, kalimat deskiripsi, imbuhan di- dan kata depan di.

Selanjutnya, saya membagi kelas menjadi 8 kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa. Setiap kelompok dibagikan teks LHO yang telah disiapkan. Kemudian mereka membaca teks tersebut. Setelah dibaca, setiap kelompok menganalisis kalimat definisi dan deskripsi serta imbuhan di- dan kata depan di yang terdapat pada teks tersebut. Lalu, mereka menuliskannya di buku masing-masing. Untuk lebih menguatkan materi yang telah mereka pelajari, guru memberikan penguatan dan penjelasan lebih mendalam terkait materi tersebut.

Kegiatan selanjutnya adalah membuat game pembelajaran agar siswa lebih mehamai materi yang telah disampaikan. Hal ini dilakukan agar siswa tidak merasa jenuh dan tetap semangat mengikuti pembelajaran sehingga lebih mudah memahami materi yang dipelajari.

Hal yang harus dilakukan untuk melaksanakan game pembelajaran unsur kebahasaan ini adalah :

1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok besar. Saya membuat 4 kelompok besar terdiri dari 8-10 orang siswa.

2. Siswa membuka kembali catatan yang telah mereka tulis tentang imbuhan di- dan kata depan di yang telah mereka tulis.

3. Dua kelompok pertama siswa bersiap untuk melakukan game ini. teknisnya adalah setiap kelompok menuliskan kata imbuhan yang telah mereka temukan pada kegiatan sebelumnya pada papan tulis. Satu orang siswa menuliskan satu kata imbuhan di- yang telah mereka temukan secara bergirliran dengan waktu yang telah ditentukan.

4. setelah waktunya habis, guru memeriksa benar atau tidaknya jawaban dari setiap kelompok. kelompok yang paling banyak jawaban benar adalah pemenangnya. Game diulang sesuai kebutuhan agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Dari kegiatan ini, manfaat yang bisa didapatkan adalah siswa belajar berpikir cepat dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk bisa mengerjakan. Menciptakan kekompakan dalam kelompok dan tentunya agar siswa tetap semangat belajar.

Itulah kegiatian pembelajaran game unsur kebahasaan teks LHO yang saya lakukan di dalam kelas. Terima kasih.

Cianjur, 22 Agustus 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post