Pembelajaran Kalimat Majemuk
Assalamualaikum.
Hari ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam mengajarkan kalimat majemuk dalam teks ceramah. Biasanya, dalam pembelajaran ini saya suka menerangkan secara langsung dan gamblang apa itu kalimat majemuk. Siswa menyimak apa yang saya sampaikan. Hasil dari pembelajaran yang saya lakukan ini tidak terlalu maksimal karena pembelajaran berfokus pada guru bukan pada siswa. Ketika guru menerangkan, ada beberapa murid yang memang tidak menyimak dengan baik sehingga mereka tidak memahami materi yang disampaikan oleh gurunya.
Terkadang, muncuknya ide untuk menggunakan metode yang pas untuk pembelajaean muncul begitu saja. Ketika di rumah sudah menyiapkan ini dan itu, sesuai dengan RPP. Akan tetapi, terkadang di lapangan tidak sesuai dengan harapan sehingga muncul lah ide untuk menggati metode. Pun dengan saat ini, ketika di kelas setelah siswa membaca doa, munculkan metode pengajaran yang akan saya bagikan sekarang. Simpel dan sering dilakukan tapi setidaknya membuat siswa lebih aktif dan tidak hanya menyimak saja.
Hal pertama yang saya lakukan dalam menyampaikan materi ini adalah saya memberikan beberapa soal yang harus langsung mereka jawab yang berkaitan dengan kalimat majemuk. Misalnya, jelaskan pengertian kalimat majemuk beserta contohnya! Ibu beri waktu 3 menit. Nah, ketika di kasih waktu seperti itu, siswa sangat antusias untuk mencari jawabannya karena ketika lewat waktu yang ditentukan guru sudah lanjut ke pertanyaan selanjutnya sehingga ia akan tertinggal. Siswa boleh membuka buku paket atau mencari di internet terkait jawabannya. Tujuannya agar siswa belajar mencari, membaca dab menuliskan apa yang dia dapatkan. Saya memberikan beberapa soal terkait materi kalimat majemuk ini dintaranya:
1. Jelaskan pengertian kalimat tunggal! Berikan contoh kalimatnya! (Waktu 3 menit)
2. Jelaskan pengetian kalimat majemuk! Berikan contoh kalimatnya! (Waktu 4 menit)
3. Sebutkan jenis-jenis kalimat majemuk! (Waktu 2 menit)
4. Jelaskan pengertian kalimat majemuk setara, tuliskan cirinya, dan tulis satu contoh kalimatnya! (Waktu 5 menit)
5. Jelaskan pengertian kalimat majemuk bertingkat, tuliskan cirinya, dan tulis satu contoh kalimatnya! (Waktu 5 menit)
Setelah semuanya selesai, dan siswa telah mengerjakan semua. Guru mengarahkan siswa untuk menerangkan materi tersebut di depan kelas. Siswa dituntut keberaniaannya untuk berbicara di depan kelas. Siswa belajar mempresentasikan materi yang telah merka temukan berdasarkan pertanyaan. Siswa sangat antusias ingin maju ke depan. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjelaskan materi tersebut.
Dalam pembelajaean ini , guru memfasilitasi kegiatan ini agar berjalan dengab lancar. Di akhir, guru menyimpulkan pembelajaran dan membahas sekilas materi tersebut untuk menguatkan dari apa yang telah disampaikan oleh siswa.
Nah itulah pembelajaran yang saya lakukan dalam menyampaikan materi kalimat majemuk. Setiap guru pasti punya metode tersendiri agar siswanya menjadi aktif. Semoga cerita saya ini bisa menjadi inspirasi yang mebaca tulisan saya.
Terima kasih. Wasalam
Salam literasi!
Cianjur, 13 Oktober 2022
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
mantap ulasannya keren
Hatur nuhun bunda