Malihatul arifah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Gengsi Terberat Atau Seluas Samudra
Seluas samudra, jadi bebaskan

Gengsi Terberat Atau Seluas Samudra

Maaf

Yaaaaaaaa, inilah kata yang biasa di sebutkan untuk sedikit menyelesaikan masalah, meski terkadang tidak begitu saja selesai dengan kata maaf.

Maaf, biasa orang kata kan saat diajak merasa jika dia bersalah. Namun beberapa orang ada yang sangat sulit untuk mengucapkan kata maaf, gengsi nya diatas rasa kebersamaan, gengsinya melebihi rasa hormat, gengsinya melampaui tali silaturahin, meski dengan maaf dia tau kadang semua nya sudah cukup dan selesai.

Maaf adalah sesuatu yag mahal untuk dia ucapkan, bahkan jika sebenernya dia yang menyinggung perasaan orang, dia yang melukai orang, dia yang membuat orang lain jatuh dan terpuruk. Dia tau dia bersalah dan harus minta maaf, namun sekali lagi gengsi di atas segalanya.

Sedangkan orang yang tersakiti? Terdzolimi? Dan terkhianati? Apakah dia begitu saja tenang dan mau memaafkan bahkan dengan orang itu tidak meminta maaf?

Berluas hatilah sahabat kuuuuuuuuu. Maafkan mereka yang telah mendzolimimu baik berupa kata-kata atau bahkan perbuatan, Allah maha tau, Allah maha mendengar, dan Allah sangat mendengar doa orang-orang yang di dzolimi

Namun sayangggg, diantara kita banyak juga orang yang sulit sekali memberikan maaf, bahkan menjadi dendam turun temurun, Masyaallah....... Betapa tidak luasnya hati kita, bahkan saat ini saya sedang menulispun saya tau, apa rasanya itu sakit karna fitnah, ocehan, dan kedzoliman mereka yang menyakiti kitaaaaa.

Tapi tidak bisakah kita lepaskan itu semua???? Tidak bisakah kita lapangkan hati kita lebih luas dari samudranya Allah? Bukan untuk mereka! Tapi untuk kita, untuk kedamaian kita, untuk ketentraman kita, bahwa kita baik-baik saja, bahwa kita belajar kuat karna allah hadirkan mereka yang melukai kita, harapan kita, dan semua yang kita usahakan.

Pasrahkan semua rasa sakit kita yang dibuat oleh meraka. Dan katakan "Aku memaafkanmu" bahkan sebelum iya minta maaf.

Ketahuilah sahabatku, maaf bukanlah sesuatu yang mudah diucapkan oleh sebagian orang, bahkan mereka harus melunturkan semua ego yang ia miliki untuk meminta maaf kepada mu. Jadi ketika seseorang meminta maaf mu, itu sesuatu yang berharga dari batin dan dirimu, bahkan yang terjadi semua menjadi persahabatan, semua menjadi persaudaraan, semua menjadi ukhwah yang Allah sangat ridho di dalamnya.

Bahkan ampunan Allah pada kesalahan kita pun tak pernah ada batasnya, lalu mengapa kita membatasi maaf dari orang lain?

Semoga kita semua Allah lapangkan untuk saling meminta maaf, dan memaafkan. Entah posisi kita menjadi orang yang bersalah, ataupun slalu disalahkan.

Jadi hashtag nya sekarang #akumemaafkanmu yaaaaaa temen-temen.

Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kalian bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah. Dan hendaklah mereka memberi maaf dan berlapang dada. Apakah kalian tidak ingin Allah mengampuni kalian? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. An-Nur: 22).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Belajar untuk memaafkan dan meminta maaf yah dengan buang jauh jauh rasa ego dan gengsi. Sukses selalu dan barakallahu fiik

20 Oct
Balas

Trimakasih bunda. Baarokallah

20 Oct

Sungguh sangat luas samudera hati mereka yang memberi maaf sebelum diminta

19 Oct
Balas

Semoga kita juga bisa seluas itu ya buuun

19 Oct



search

New Post