Ermawati

Profil Penulis: Penulis lahir di RS Jalan Agus Salim Jakarta Pusat, menempuh pendidikan dasar di Cibubur; dan SLTP di Gandaria, Jakarta Timur, d...

Selengkapnya
Navigasi Web
BELAJAR SAINS MELALUI KOMIK
Aska, Aril, Gilang, Arka, Bihan dan Naufal berperan sebagai Falzet, Mahez, Shalli, Khurru, Narator dan Mr Zoola

BELAJAR SAINS MELALUI KOMIK

RINGKASAN KOMIKUARK JILID 1

HARAPAN PROFESSOR GORDY

Tahapan Inquiry ada lima tahap ABCD yaitu: Amati, Bertanya, Cari, Diskusi dan Evaluasi.

1. Amati : Mengamati suatu obyek untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.

2. Bertanya : Mengajukan pertanyaan untuk merumuskan permasalahan

3. Cari : Mencari jawaban dengan melakukan eksplorasi atau investigasi. Merumuskan temuan dan menarik kesimpulan.

4. Diskusi : Mengkomunikasikan temuan dan menjustifikasi kesimpulan.

5. Evaluasi : Memperdalam pengetahuan yang didapat melalui penerapan dalam situasi baru. (Ahmad Husni, Pengantar Redaksi Komikuark hal 7, Level 03, Edisi 01).

Komik yang diamati termasuk salah satu stimulus yang dapat membuat hidup sebuah pròses pembelajaran. Berikut ini adalah ringkasan dari komik yang diamati diawal pembelajaran.

CIRI RANGKA YANG TAK DISANGKA

Zoologi, Naskah: Bhakti , hal 8 – 14 komikuark Edisi 03, Level 01

MATERI POKOK : GERAK PADA HEWAN

INDIKATOR : Memahami perbedaan cara bergerak hewan

Darat berdasarkan struktur rangkanya.

PEMERAN: MAHEZ àAhli computer dari India.

SHALI àAhli Biologi dari Afrika

FALZET à Anjing peliharaan

KHURRU à Ahli hal-hal misterius

Mr Zoola : Direktur Museum Zoologi

Narator: Tahun ini alat peraga koleksi Quark Zoological Park bertambah

dengan kehadiran 5 model kerangka hewan. Saat ini baru tersedia dua dari lima model. Sedangkan yang lain masih dirakit.

Mahez: Menakjubkan

Shali : Ih, menurutku, malah sedikit menyeramkan…

Mahez: Semoga Falzet nggak ngiler melihat tulang sebanyak itu…

Shali : Itu bukan tulang asli Mahez… Hanya replika yang dibuat

dengan mesin cetak 3 dimensi.

Falzet: Lagi pula tulang tiruan yang macam itu bukan seleraku tahu?!

Shali : Kalau sudah lengkap, kerangka kerangka yang dipajang disini

akan mewakili lima kelas vetebrata atau hewan bertulang belakang, Yaitu ikan, amfibi, reptile, unggas dan mamalia.

Khurru: Kenapa mesti kelima-limanya? Bukankah cukup satu kelas saja, karena semua vetebrata pasti punya tulang belakang, kan?!

Mahez: Accha KHURRU…kita yang sekelas saja beda banget, badanku kekar sedangkan kamu kurus, apalagi kalau berbeda kelas….

Shali: Kalau kasih contoh jangan asal-asalan begitu dong…

MR Zoola: Hallo anak-anak.

Shali: Nah, itu Mr Zoola… penjelasannya pasti lebih terpercaya.

Narator: Seperti biasa… Mr Zoola selalu siap mendengarkan pertanyaan anak-anak yang ingin tahu lebih banyak.

MR Zoola: Pertama kalian perlu tahu, rangka hewan terbagi menjadi dua macam, yaitu rangka dalam dan rangka luar.

Mahez: Rangka luar, jadi tuangnya diluar, dagingnya didalam gitu ya?

Kurrhu: Seperti ksatria berbaju baja dong…?

MR Zoola: Lebih tepatnya seperti udang dan kepiting…

Rangka luar itu biasa disebut cangkang.

Nah, vetebrata merupakan hewan dengan rangka dalam.

Mahez, Farghan dan Khurru secara serentak:

Oh Begitu…..

MR Zoola: Rangka semua kelompok vetebrata memiliki lima fungsi umum

yang sama

1. Berfungsi sebagai penopang bagi seluruh tubuh.

2. Berfungsi sebagai alat gerak pasif bagi otot yang melekatinya

3. Berfungsi sebagai pelindung bagi organ dalam

4. Berfungsi sebagai tempat pembuat sel darah marah di sumsum tulang pipih bagi system peredaran darah manusia.

5. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan bagi calsium dan fosfor.

Narator: Dapatkah kalian mengenali bagian rangka lain yang serupa

pada rangka ikan dan rangka ular pada gambar rangka ikan

dan rangka ular…?

MR Zoola: Seperti kata Khurru . Semua vetebrata memiliki kesamaan ciri, yaitu memiliki tulang belakang yang menjadi sumbu simetri

rangkanya..

Mahez: Yang jelas terlihat ada pada keduanya… TULANG BELAKANG, TENGKORAK…

Khurru: Burung punya tulang rusuk dan anggota gerak, ular tentu saja tidak…

Shali: Ya, Anggota gerak hewan’kan bermacam-macam?

Narator: Bandingkan beberapa macam rangka tungkai depan pada vetebrata. ( tungkai atas pada manusia). Bagian-bagian yang berwarna sama merupakan struktur yang bersesuaian.

Tungkai atas manusia untuk memegang dan tidak digunakan berjalan.

Tungkai atas kadal untuk berjalan

Tungkai kucing untuk berjalan

Tungkai paus untuk mengayuh

Tungkai kelelawar untuk memegang

Tungkai katak mendorong saat melompat

Tungkai burung untuk mengepak saat terbang.

MR Zoola: Betul, coba amati kemiripan dan perbedaan dari anggota gerak vetebrata berikut .

Perhatikan ciri masing-masing… menurut kalia , mengapa rangka makhluk hidup ini memiliki ciri tersebut?!

Shali: Karena manusia kenggunakan tangan untuk memegang.

Khurru: Lengan Paus menyerupai sirip untuk mendayung.

Mahez: Lalu ruang-ruang diantara jemari kelelawar akan tertutup olaeh sayapnya.

Falzet: Akhirnya bisa kasih jawaban serius juga!

MR Zoola: Kalian betul. Perbedaan ciri rangka tiap jenis hewan disebabkan perbedaan cara hidup masing-masing.

Sebagai contoh, ular yang bergerak melata dengan otot perutnya memiliki tulang belakang beruas banyak yang amat lentur.

MRZoola: Hal itu berbeda dengan kadal yang bergerak merayap… kaki depan kadal berfungsi menarik tubuhnya sedangkan kaki belakang mendorong.

Narator: Dapatkah kalian menyebutkan nama-nama tulang pada diagram rangka buaya…?!

1. Tulang pinggul

2. Rangka tengkorak

3. Tulang ekor

4. Tulang tungkai belakang

5. Tulang rusuk

6. Tulang tungkai depan

Shali : jadi,fungsi kaki depan kadal seperti tangan kita,

sedangkan fungsi kaki belakang nya seperti kaki kita ?

Mr.Zolla : nah kemiripan nya mulai terlihat kan !

Khurru : Kenapa bisa ada kemiripan seperti gitu ya ?

Mahez : kamu gak berfikir kita satu nenek moyang dengan

mereka kan?

Mr.Zolla : Penyebab kemiripan anggota tubuh di antara berbagai jenis makhluk hidup

masih terus di pelajari para ilmuwan.Ada beberapa teori …salah satu

diantara nya menduga hal itu terjadi akibat pengaruh adaptasi.

Perpustakaan punya beberapa buku yang membahas hal itu. Kalian bisa meminta bantuan MISS AXLI untuk mencari nya.

Shali : teman teman, yuk kita langsung ke sana !

Mahez : adduh duhh … kapan kapan kan bisa ?

Khurru : kalo di tunda tunda bisa keburu lupa .

Falzet : susah di tebak apa mau nya !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu..

22 Nov
Balas

Iya bu. Diringkas supaya 25 orang siswa bisa baca semua. Kalau beli komik nya sebanyak siswa masih terasa mahal.

22 Nov

Bu Ermaaaa, mana cerita misteri nya????

24 Nov
Balas

Tunggu ya bu Fitriii

29 Nov

Ko bisa yh...kerenn bu erma

22 Nov
Balas



search

New Post