Ermawati

Profil Penulis: Penulis lahir di RS Jalan Agus Salim Jakarta Pusat, menempuh pendidikan dasar di Cibubur; dan SLTP di Gandaria, Jakarta Timur, d...

Selengkapnya
Navigasi Web

Istilah Editing

Dalam bidang ilmu penerbitan dikenal beberapa istilah. Berikut ini saya sarikan beberapa kata sulit dari bahasa inggris dan artinya.

A.

Acknowledgement 'halaman persantunan/sanwacana'- Halaman ucapan terimakasih yang dipersembahkan penulis kepada orang atau organisasi tertentu; biasanya diletakan setelah halaman prakata. Acquisition editor 'editor pemerolehan'- Editor yang bertugas dalam pengadaan naskah atau mencari pengarang dalam sebuah penerbitan. Advance'uang muka'- Sejumlah uang yang dibayarkan oleh penerbit kepada penulis untuk naskah-naskah yang diprioritaskan dan nantinya diperhitungkan dengan royalti. Biasanya uang muka dibayarkan 50 persen saat penandatanganan kontrak dan 50 persen setelah naskah lengkap disertakan. Advance copy 'buku contoh' - Bukti penerbitan buku yang diserahkan kepada penulis oleh penerbit dalam jumlah tertentu. Artwork'ilustrasi'- Bahan-bahan grafis dalam bentuk foto, gambar, peta, dan bentuk lainnya yang direproduksi untuk digunakan dalam terbitan.

B

Back list- daftar buku yang diterbitkan sebelumnya. Back matter'
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post