Firma Gumilar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Koneksi Antar Materi Budaya Positif

Koneksi Antar Materi Budaya Positif

Setiap individu anak itu berbeda dan Unik, mereka berhak mendapatkan perlakuan berbeda agar bisa bertumbuh dan berkembang. Ini merupakan tantangan bagi guru agar dapat memberikan ruang dan kebebasan bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan yang semestinya, Pembelajaran yang berpusat pada murid, mandiri, reflektif, inovatif, kolaboratif merupakan nilai nilai yang harus melekat pada seorang guru.

Dalam membangun budaya positif di sekolah atau di kelas tidak bisa secara individu, tetapi harus kolaborasi diantara guru, kepala sekolah, siswa, orang tua atau warga sekolah lainnya. Ini tentunya jelas sekali bahwa kolaborasi yang merupakan salah satu nilai guru penggerak sangat penting dimiliki oleh seorang Guru Penggerak. Selanjutnya seorang guru harus mempunyai visi, salah satunya yatiu mampu mewujudkan Insan Pelajar Pancasila, dalam mewujudkan Visi tersebut, membangun budaya positif disekolah maupun di kelas merupakan salah satu cara atau proses dalam mewujudkan visi tersebut.

Penerapan Pendekatan Inkuiri Apresiatif metode BAGJA yang telah dilakukan yaitu mencari kekuatan yanag luar biasa untuk melakukan perubahan dan membangun budaya positif di Kelas. Realisasi dari Penerapan Pendekatan Inkuiri Apresiatif metode BAGJA adalah dengan

Membuat Keyakinan Kelas pada awal pembelajaran membuat Asesmen Awal (kognitif), karena ini sejalan dengan Filosofi Pemikiran Ki HajarDewantara dan juga Nilai Guru penggerak yaitu berpusat pada murid. Selajutnya berbagi praktik baik dari apa yang sudah dilakukan dan dirasa berhasil kepada rekan sejawat.

Disiplin kelas dan Motivasi Prilaku, dengan menanamkan nilai-nilai kebajikan yang telah mereka yakini, bahwa melakukan disiplin positif itu bukan karena taat hukum atau mendapatkan penghargaan, akan tetapi belajar menghargai diri sendiri.

Posisi Kontrol yang digunakan dalam proses budaya disiplin yaitu posisi kontrol manajer karena posisi kontrol manajer memberikan kebebasan kepada murid untuk menemukan diri mereka sendiri, belajar bertanggung jawab atas masalah yang mereka hadapi dan menemukan solusi yang terbaik. Sebagai manager terdapat nilai-nilai dan peran guru penggerak salah satunya mandiri dan pemimpin pembelajar.

Restitusi membantu murid menjadi lebih memiliki tujuan dalam belajar, budaya disiplin positif, dan memperbaiki dirinya setelah berbuat salah. Penekanannya bukanlah dengan cara menilai bagaimana berperilaku untuk menyenangkan orang lain atau menghindari ketidaknyamanan, akan tetapi tujuannya adalah menjadi orang yang menghargai nilai-nilai kebajikan yang mereka percayai.

Perubahan yang terjadi dan cara berfikir dalam menciptakan budaya positif di kelas yaitu harus bisa menumbuhkan disiplin positif pada murid dari motivasi intrinsiknya bukan melalui hukuman ataupun penghargaan, selanjutnya menggambil peran kontrol manajer dalam membantu dan memberikan solusi pada murid atas permasalahannya melalui langkah segitiga restitusi.

Sebagai guru di Sekolah Dasar, dalam menerapkan budaya positif tidaklah mudah, banyak dan perlu proses, apalagi Budaya Positif merupakan pengetahuan dan wawasan baru, akan tetapi Proses Budaya positif dimulai dari Keyakinan Kelas, Disiplin Kelas dan Motivasi Prilaku, Posisi Kontrol dan Restitusi, mampu memberikan perubahan dan dampak positif di Kelas, Murid mulai membiasakan disiplin, lebih percaya diri dan mereka mempelajari dan menjalankan nilai nilai kebijakan tanpa paksaan. Selanjutnya dampak positif dari pembelajaran ini diimplementasikan kepada teman sejawat agar menerapkan budaya positif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post