Mansiah Abdurrahman

Nama : Dra. Mansiah Tempat tanggal lahir : Jakarta 8 Mei 1966 Alamat; Jalan Kebagusan Raya RT 010/05. No.4, Kelurahan Jagakarsa, Kec,Jagakarsa, Jakarta Selata...

Selengkapnya
Navigasi Web
CARA MENGATASI MINDER ATAU RENDAH DIRI
#Tantangan Menulis hari ke 381

CARA MENGATASI MINDER ATAU RENDAH DIRI

#Tantangan Menulis hari ke 381

Mansiah Abdurrahman

CARA MENGATASI MINDER ATAU RENDAH DIRI

Kepercayaan diri merupakan keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri. Seseorang yang mempunyai kepercayaan diri akan memngaruhi bagaimana cara orang tersebut berpikir dan bertindak. Misalnya, bagaimana ia berpikir tentang orang lain. Begitu juga tingkat kesuksesannya dalam kehidupan.

Minder atau merasa rendah diri adalah sifat yang tidak baik. Jika kalian merasa minder akan banyak kerugian yang kaian alami. Pertama kalian akan merasa jadi anak yang tidak berharga. Kedua kalian akan menjadi penakut. Sehingga kalian merasa tidak punya teman, walaupun di kelas itu jumlah murid bisa sampai 36 orang. Pada akhirnya kalian tidak bisa mengembangkan bakat yang ada pada diri kalian.

Langkah-langkah untuk mengatasi rasa rendah diri atau minder adalah sebagai berikut

1. Merawat Diri Sendiri

Penampilan bisa menentukan dan meningkatkan rasa percaya diri. Untuk itu, lakukanlah perubahan. Menjaga kebersihan badan dengan mandi dan pakaian yang bersih, rapi tidak bau keringat, tentu akan lebih meyakinkan untuk menjaga penampilan. Tidak perlu selalu memakai minyak wangi.

2. Menerima Diri Sendiri

Menerima keadaan diri sendiri merupakan hal yang penting. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan pada dirinya sendiri. Berusahalah untuk menerima keadaan fisik yang sudah diberikan oleh Allah. Itu tandanya kita termasuk hamba-Nya yang pandai bersyukur. Carilah bakat dan prestasi yang positif yang bisa kalian kembangkan untuk menjadi lebih dikenal dan dihargai.

Jangan melihat kelebihan orang lain, lalu kalian membenci diri sendiri yang tidak sama dengan apa yang kalian inginkan. Hal ini akan membuat kalian menjadi lebih terpuruk.

3. Introspeksi Diri

Sesungguhnya Allah SWT menciptakan manusia dalam keadaan fitrah(suci) dan memiliki kecerdasan dan potensi yang bisa dikembangkan. Lakukan introspeksi(menilai) diri sendiri agar jangan hanya meratapi kekurangan dan ketidak berdayaan. Carilah kemampuan apa yang bisa dikembangkan yang ada pada diri kalian. Mintalah bantuan guru BK untuk menemukan potensi diri kita.

4. Memperbaiki Penampilan

Jika di sekolah berpenampilanlah yang sederhana saja. Jangan sombong dengan memakai brang mewah dan berjalan dengan kesan sombong. Sifat sombong akan semakin dibenci oleh teman.

5. Menghargai Pencapaian Diri

Berilah penghargaan pada diri sendiri setiap kali kalian melakukan sesuatu yang berharga dan bermanfaat. Ucapkan rasa syukur, dan berterima kasih lah pada Allah yang sudah membantu kalian mencapai kesuksesan. Walaupun keberhasilan itu kecil, jika disyukuri akan bisa menjadi motivasi bagi diri kita selanjutnya.

6. Carilah Dukungan

Untuk menghilangkan rasa minder, kalian butuh orang lain yang bisa mendukungmu. Jika di sekolah, silakan curhat pada teman yang bisa kalian percaya. Jika belum menemukan jalan keluarnya, maka mintalah dukungan pada wali kelas atau kepada guru BK di sekolahmu. Pasti kalian akan mendapatkan bimbingan yang baik.

7. Meningkatkan Pengetahuan

Pengetahuan merupakan kekuatan. Karena itu sangat penting setiap orang mencari dan menambah ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. Dengan banyak pengetahuan tentu akan menambah kecerdasan, semakin cerdas IQ seseorang, maka ia akan semakin siap menghadapi segala hal termasuk meningkatkan rasa kepercayaan dirinya.

8. Jangan Malas Bergerak

Bergerak atau berolah raga erat kaitannya dengan kelancaran peredaran darah. Seseorang yang malas bergerak bisa menimbulkan banyak penyakit. Apalagi saat malas bergerak hanya ditemani gadget, dan gawai yang hanya pasif sebagai penonton saja. Aliran darah di dalam tubuh semakin tidak lancar, maka tidak menutup kemungkinan penyakit akan banyak bersarang di dalam tubuh. Jika ini terjadi, tentu akan semakin besar rasa minder dan rendah diri.

9. Berpikir dan Bertindak Positif

Biasakan berpikir positif, karena dengan demikian kita akan selalu berda di tempat yang baik. Jangan cepat mengambil kesimpulan yang negatif, hal ini sangat tidak disukai oleh orang lain. Bahkan bisa berbahaya untuk sikap kalian. Selain berpikir positif, bertindaklah positif. Lakukan hal-hal yang yang baik-baik untuk diri sendiri dan untuk olrang lain.

10. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh juga sangat menentukan kuat tidaknya rasa percaya diri. Bila kalian biasa berjalan dengan langkah yang mantaf, tatapan lurus ke depan, tanpa ada keraguan, tegas dalam berbicara, maka bisa dipastikan kalian akan bisa menumbuhkan rasa percaya diri penuh.

Tetapi jika sebaliknya jika kalian berjalan dengan menunduk, tampak lesu dan kurang bersemangat,

Jika postur tubuhmu terlalu gemuk berusahalah untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Karena biasanya murid yang punya postur tubuh gemuk sering menjadi sasaran empuk perundungan. Jika rasa percaya diri lemah, maka sering kali anak tersebut menjadi semakin minder.

11. Temukan Potens/Kemampuan Diri

Jika sudah mengenali diri sendiri dengan baik, maka temukanlah kelebihan potensi diri. Berusahalah menemukan potensi dan kemampuan diri yang bisa dikembangkan. Berusahalah untuk memeupuk potensi diri atau bakat terpendam yang belum muncul. Lakukan latihan-latihan. Cari informasi di internet, berusahalah semksimal mungkin untuk membuat dirimu mempunyai keunggulan, sehingga akan bisa membunuh rasa minder atau rendah dirimu itu.

Jakarta, Ahad 11 Syawal 1442 H./ 23 Mei 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang super mantap. Inspiratif, menarik. Semoga sukses selalu Bu Mansiah.

24 May
Balas



search

New Post