Mar'atus Sholihah, S. Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembiasaan Ungkapan Terima Kasih Melalui Kartu Ucapan di SD Al Muslim Bekasi
Kartu ucapan terima kasih

Pembiasaan Ungkapan Terima Kasih Melalui Kartu Ucapan di SD Al Muslim Bekasi

Best Practise

Habit Mengungkapkan Rasa Terima Kasih Melalui Kartu Ucapan di SD Al Muslim Bekasi

Mar’atus Sholihah, S. Pd

A. PERENCANAAN

Terima kasih adalah ucapan yang sangat mudah dan ringan untuk diucapkan bagi sebagian orang. Kata terima kasih juga merupakan kata atau ucapan sehari-hari yang biasa kita ungkapkan kepada orang yang sudah membantu kita.

Ucapan terima kasih walaupun ringan dan mudah untuk diucapkan, tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Mungkin karena tidak terbiasa mengucapkannya atau ada rasa gengsi untuk mengungkapkannya. Padahal hanya dengan mengucapkan terima kasih saja secara tulus, akan membuat orang lain merasa bahagia dan dihargai.

Seorang pendidik mempunyai tugas penting untuk membantu para peserta didik menumbuhkan jiwa sosial sejak dini. Jika penanaman karakter ini sudah menjadi habit, maka akan terbentuk sikap sopan, santun dan peduli kepada sesama.

Ungkapan rasa terima kasih bisa kita berikan kepada orang lain yang berjasa dalam hidup kita seperti ayah, bunda, kakek, nenek, saudara, teman, bahkan bibi yang bekerja di rumah dan om jemputan yang sudah antar jemput sekolah. Ada berbagai cara untuk mengungkapkannya salah satunya adalah dengan memberikan kartu ucapan.

Mengungkapkan rasa terima kasih ini merupakan salah satu pembelajaran yang ada di SD Al Muslim pada mata pelajaran Leadership skill ketiga yaitu Menyatu dengan yang lain KD 4.3 _Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli dan berbagi kepada orang lain pada sub bab “ Terima Kasihku”.

Guru Leadership membantu dan mendampingi proses pembuatan kartu ucapan terima kasih ini dari awal sampai selesai.

Pada tahap perencanaan adalah sebagai berikut :

1. Peserta didik menyiapkan alat dan bahan seperti kertas origami, lem, dan gunting

2. Peserta didik melakukan proses pembuatan kartu ucapan.

3. Peserta didik melakukan presentasi dan guru melakukan penilaian.

B. PELAKSANAAN

Pada tahap selanjutnya adalah pelaksanaan sebagai berikut :

1. Peserta didik membaca dan memahami materi pelajaran Leadership skill ketiga menyatu dengan yang lain tentang ungkapan rasa terima kasihku di digislamic.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru kegiatan selanjutnya.

3. Peserta didik menyimak video cara membuat kartu ucapan di digislamic.

4. Setelah selesai menyimak video, peserta didik dan guru melakukan tanya jawab seputar orang yang berjasa dalam hidupnya dan kira-kira bagaimana caranya mengungkapkan rasa terima kasihnya.

5. Peserta didik membuat kartu ucapan dan mempresentasikannya di depan kelas dengan percaya diri.

6. Guru memberikan penilaian berdasarkan indikator pencapaian pembelajaran dilanjutkan dengan evaluasi.

Kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik level 2 SD Al Muslim Tambun Bekasi pada awal bulan September sebelum PTS Ganjil.

Kartu ucapan ini diberikan kepada kedua orang tua sebagai bentuk rasa terima kasih dan hormat anak kepada ayah bundanya.

Seperti yang tercantum dalam Al-Qur’an Surat Al – Isra’ : ayat 23 – 24 yang artinya “Dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang baik dan rendahkan dirimu dengann penuh kasih sayang. Dan katakanlah, “Wahai Rabb-ku sayangi keduanya sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil,” (QS Al-Isra’: 23-24).

C. VISUAL HASIL

Berikut ini daftar nilai Ledership skill ketiga : Menyatu dengan yang lain dan beberapa dokumentasi hasil praktik baik pembuatan kartu ucapan terima kasih.

D. TINDAK LANJUT

Kegiatan tindak lanjut yang dilakukan guru untuk memberikan apresiasi terhadap peserta didik adalah sebagai berikut :

1. Apresiasi diberikan kepada peserta didik karena sudah selesai melaksanakan kegiatan pembuatan kartu ucapan dan melakukan presentasi dengan baik.

2. Peserta didik memberikan kartu ucapan kepada ayah bundanya dengan lemah lembut dan santun.

3. Peserta didik dan guru melakukan diskusi untuk kegiatan selanjutnya membuat kartu ucapan yang akan diberikan kepada guru dan sahabatnya.

4. Memajang kartu ucapan di mading kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post