Mardi Panjaitan

Saya adalah seorang guru, pelatih dan pembicara . Bagiku hidup untuk belajar dan terus belajar. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tiba Belajar Online, Banyak Yang Offline...

Tiba Belajar Online, Banyak Yang Offline...

Tantangan Gurusiana Ke 20

Hari ini aku kebagiaan jadwal belajar Online di kelas X satu SMA Swasta di kota Medan. Pagi hari sebelum jadwal belajar tiba, aku sudah mengumumkan di group agar semua siswa mengingat dan aktif mengikuti pelajaran yang olahraga yang akan saya sampaikan. Memang agak berbeda sensasinya, bukan seperti biasanya kami belajar olahraga dilapangan, melakukan pemanasan, mempraktekkan materi dan biasanya anak-anak akan antusias mengikutinya, sebab bagi mereka pelajaran olahraga ibarat angin segar yang memberi kesempatan untuk bebas dari tembok-tembok yang seakan mengurung raga mereka.

Tibalah waktunya tepat pukul 12.00 WIB aku mulai chat digroup...menyuguhkan daftar presensi untuk mereka tuliskan siapa saja siswa yang terlibat dalam PBM daring kami siang itu. Sungguh diluar dugaanku, setelah 10 menit menunggu, hanya beberapa siswa yang merespon tak sampai 50 persen. Maka kamipun sepakat untuk memulai pembelajaran. Tentu walau kami belajar daring tetap saja harus kami mulai dengan doa bersama. Selanjutnya, ku sampaikan materi kebugaran jasmani melalui rekaman audio, anak-anak menyimak setiap materi yang ku sampaikan. Ku awali dengan defenisi kebugaran jasmani, komponen-komponen kebugaran jasmani, pengertian masing-masing komponnen kebugaran jasmani, sampai contoh-contoh gerakan dari masing-masing komponen kebugaran jasmani yang telah kami bahas dalam pembelajaran siang itu.

Akhir daripada pembelajaran, saya meminta anak-anak mencatat ulang setiap materi yg saya sampaikan kemudian mengirimkan bukti fisiknya berupa catatan yang mereka kirim setelah di foto melalui gawai yang mereka gunakan. Saat saya ajukan adakah pertanyaan...? sama seperti anak Indonesia pada umumnya semua menjawab tidak.

Ya...setelah membahas materi kebugaran jasmani ini kelas saya berikan tugas atau semacam proyek yang harus dikerjakan dirumah masing-masing yaitu membuat contoh-contoh latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan, kelentukan, koordinasi, keseimbangan, ketepatan. Semua contoh gerakan akan mereka lakukan di vidiokan lalu setiap hari akan mereka kirimkan kepada saya, dan ini adalah aktivitas yang akan mampu meningkatkan derajat kebugaran jasmani siswa saya saat-saat mengalami pandemik covid 19 yang sedang mewabah saat ini.

Memang ada plus minusnya belajar online ini, sebab saat kita online banyak siswa justru offline, entahlah kenapa, bisa saya karena paket tak ada, atau karena lupa, atau karena tak peduli, itulah sebabnya saya sengaja buat rekaman audio materi pembelajaran saya, kalaupun hari ini siswa sebagaian offline semuga saat online dia bisa mengulang materi saya sehingga tidak ketinggalan untuk mengikuti materi diminggu yang akan datang.

Closing Stetmen dari saya pada pembelajaran daring siang tadi adalah " Tetap semangat, rajin belajar dan jangan lupa berdoa, sebab masa depan bangsa ini ada ditangan kalian", dan Jangan kemana-mana tetaplah di rumah demi dirimu, keluargamu, bangsa dan negaramu.

#GurudiatasGaris

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali pak.. Ada saja yg jadi alasan mereka offKita byk bersabar aja dulu, mdh2an kondisi kita saat ini akan segra berakhir.Slm

04 Apr
Balas

Iya bu... Hehehe.. Harus banyak inovasi....kita sebagai guru...agar selalu dirindukan siswa

04 Apr



search

New Post