Marfis Yuna Riza

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari Ke-20 bersama UMM 'Sebuah Refleksi Setelah Mempelajari Modul IPA'
Tantangan Menulis Gurusisana Hari Ke-154

Hari Ke-20 bersama UMM 'Sebuah Refleksi Setelah Mempelajari Modul IPA'

Refleksi Modul Profesional Modul G

Pendalaman materi ilmu pengetahuan alam

oleh: Marfis Yuna Riza,S.Pd

 

Alhamdulillah, selalu dilayangkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan saya kesempatan untuk bisa mengikuti program PPG ini, mengikuti pendalaman materi baik modul pedagogik maupun modul profesional. Selama 2 hari ini saya telah belajar modul pendalaman materi IPA, terima kasih telah mengajak dan mengenalkan saya kembali tentang modul IPA ini, Ketika saya menemui permasalahan ilmiah yang pernah saya alami dalam kehidupan sehari-hari, maka modul IPA ini menjawab permasalahan yang saya alami. 

Dalam  ilmu pengetahuan alam dikenal sebuah langkah yang  dikenal dengan metode Ilmiah, Oleh karena itu, sebagai peserta PPG setelah mempelajari modul ini,  saya dapat  memahami tentang konsep metode ilmiah dan mampu menganalisis penerapan langkah-langkah metode ilmiah dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari hari.

Pada kesempatan ini,  terima kasih telah mengajak dan  mengenalkan saya kembali unsur terpenting penyusun segala yang dapat diobservasi di alam semesta ini yaitu: materi dan perubahannya; serta peristiwa-peristiwa yang terkait dengan keduanya.Keberadaan materi/zat/benda, bukanlah sesuatu yang baru ditelinga para guru. Materi dekat dengan kehidupan kita, dan kehidupan anak-anak didik kita. Ragam penampakan materi berubah dari suatu bentuk ke bentuk yang lain, dari suatu keadaan ke keadaan yang lain, dari satu fase ke fase yang lain, Hal ini terjadi karena peran dari unsur lain yaitu energi. Ini saya dapatkan ketika saya mempelajari kegiatan belajar 1 modul IPA.

Dan juga, saya mendapatkan kesempatan untuk mengkaji ulang kembali yaitu pemahaman IPA yang berkaitan dengan dua elemen penting penyusun segala yang dapat diobservasi di alam semesta ini yaitu: gaya dan energi. Sehingga akhirnya memiliki wawasan yang cukup luas dan mendasar tentang gaya dan energi serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, saya juga diberi kesempatan, untuk mengenal dan mempelajari kembali tentang Mempelajari tubuh manusia, sebaiknya terlebih dahulu harus memahami organisasi tubuh manusia. Organisasi ini diawali oleh sel, yaitu unit atau unsur terkecil dari tubuh manusia. Sel yang sama bentuk dan fungsinya membentuk jaringan. Ada empat jaringan pembentuk tubuh manusia, yaitu jaringan epithel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Jaringan-jaringan bekerjasama membentuk organ (alat tubuh) seperti jantung, ginjal, paru-paru, hati, lambung dan lain-lainnya lagi. Semua organ tubuh akan bekerjasama dalam suatu sistem yang dikenal dengan sistem organ tubuh manusia. Sistem organ pada manusia merupakan kumpulan berbagai organ yang memiliki fungsi masing-masing, namun dapat saling bekerja sama untuk menjaga kesinambungan fungsi tubuh seutuhnya. Kendali kegiatan fisiologi organ tubuh dalam mekanisma kerja sistem organ tubuh manusia harus melalui penginderaan terlabih dahulu, melalui koordinasi sistem saraf pusat tubuh, guna merespon semua stimulasi yang diterima oleh organ indera.

Yang terakhir pada kegiatan belajar 4, saya juga diajak kembali untuk mengenal dan  mempelajari tentang bumi dan alam semesta. Di antara bentangan jagat raya yang luasnya tak terbatas, planet Bumi sebenarnya hanyalah sebuah planet kecil yang tampak tidak lebih dari setitik debu di tata surya. Namun, Bumi begitu unik dan berbeda dari planet maupun benda langit lain. Bumi adalah mukjizat dalam alam semesta.  Manusia, hewan, dan tumbuhan hidup dipermukaan bumi yang sangat luas. Bumi yang kita tempati ini merupakan planet ketiga dalam tata surya. Tata surya yang terdiri dari matahari, planet-planet, satelit-satelit, komet, meteor, dan asteroid hanyalah satu dari jutaan bintang yang bergabung dalam suatu kelompok yang dikenal dengan nama galaksi. Dalam alam semesta ini terdapat ribuan galaksi yang berjarak relatif jauh dan berukuran relatif besar.

Dalam mempelajari modul IPA ini, tidak banyak yang menjadi kendala bagi saya, awalnya saya sedikit ada keraguan dalan fikiran tentang materi ipa ini, namun setelah mengikuti diskusi kelompok kecil dan diskusi kelompok besar, setelah di diskusikan dan di baca paparan dari hasil kelompok lain membuat saya p aham serta wawasan saya bertambah, apalagi yang didiskusikan masing-masing kelompok berbeda topik yang dibahas, masing-masing kelompok mempunyai pendapat yang berbeda, dan dari sinilah pengetahuan dan wawasan saya bertambah. Semoga esok ketika web meeting dengan dosen pembimbing lebih mantap lagi nantinya, sehingga saya lebih paham lagi dengan harapan nantinya dapat saya ajarkan dan praktekkan nanti di lingkungan tempat saya mengajar.  Aamiin.

Demikian hasil refleksi saya setelah mempelajari modul ini, dan saya simpan dalam blog gurusiana ini, semoga suatu saat dapat saya baca kembali tulisan ini. 

(Marfis Yuna Riza)

GP:16092020

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang menarik..

16 Sep
Balas

Terima kasih, ibu....

17 Sep

Mantap ulasannya bu sukses selalu

17 Sep
Balas

Terima kasih, Pak...

17 Sep



search

New Post