Marialena Barus

Membaca menambah banyak wawasan, dan kini tertarik membuat tulisan. Guru anak usia dini di TK PKMI EFESUS AEK BATU LABUSEL ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memilih Putus atau Terus (8)

Perjuanganku bersama para malaikat kecil itu begitu banyak berkat. Banyak pembelajaran hidup yang aku dapat. Semua aku tuangkan dalam buku" Terbang bersama malaikat kecil". Dari hari ke hari kecintaan ku pada malaikat kecil itu kian bertambah. Aku tak berharap gaji yang sangat tinggi. Tapi dengan ketulusan dan keikhlasan semua dicukupkan dan aku begitu bahagia.

Dan pada tahun ke- 9 aku melanjutkan pendidikan ku di bidang kependidikan anak usia dini. Awalnya untuk melengkapi administrasi sebagai seorang guru agar linier katanya. Dari situ aku semakin bertambah cinta pada para malaikat kecil itu. Semula jika orang bertanya kerjanya apa? Aku paling menjawab, cuma guru TK. Jawaban itu begitu terasa lirih karena kurang percaya diri. Memang pandangan orang-orang begitu sepele dengan guru TK. Achh... mereka cuma nyanyi - nyanyi saja. Baru pulang. Sungguh sedih rasanya mendengar pandangan itu.

Padahal pemerintah sudah menggalakkan dan menetapkan bahwa pendidikan usia dini sudah menjadi pendidikan formal. Dan perbandingan nya juga sangat signifikan. Kalau dulu anak boleh langsung masuk Sekolah Dasar (SD) namun sekarang sebelum SD harus TK dulu. Dan kalau dulu guru SD kelas satu harus kerja keras untuk mengenalkan dasar pembelajaran, sekarang sudah ringan. Mereka sudah bisa menulis, sudah mengenal angka dan bahkan sudah ad yang bisa membaca. Mereka tidak pernah mengerti bagaimana susahnya saat kita mengenal kan dasar pembelajaran pada anak usia dini.

Semua pandangan itu kujadikan cambuk untuk meningkatkan kuwaitas diri menjadi seorang guru yang profesional. Dalam menjalani pendidikan, begitu banyak hal yang disepelekan ternyata begitu sangat penting yang harus dikembangkan. Kuliah sembari bekerja bukanlah hal yang ringan untuk dijalani. Banyak cerita suka dan duka yang harus dilewati. ( Bersambung..)

Tantangan menulis..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post