Maria Monalisa, S.Pd

Lahir di Indarung Kota Padang pada tanggal Oktober1978. Pernah kuliah di UMMY Solok dan sekarang bertugas sebagai guru di SMPN 6 Sawahlunto Sumatra Barat. Kegia...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berawal Dari Berkemah

# Tantangan menulis hari ke-324

Berawal Dari Berkemah

Kolom

Oleh: Maria Monalisa

Sungguh suatu tantangan sebagai seorang guru sekaligus sebagai wali kelas. Pengelolaan kelas dan baik dikegiatang dalam kelas atau kegiatan ekstra. Dan itu menjadi kegiatan yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Dalam hal ini tak terlepas dari pembentukan karakter, keterampilan dan kecakapan. Yang nanti menjadi modal dasar yang akan dimiliki siswa untuk melakukan pengembangan diri untuk hidup kehidupan nyata dikemudian hari.

Seperti halnya pengembangan bakan dan minat. Sangat disayangkan bila kita sebagai guru belum mampu untuk melihat mampuan yang dimiliki oleh para peserta didiknya.

Misalnya saja dari kegiatan pramuka. Untuk kegiatan perkemahan Sabtu dan Minggu yang menjadi kegiatan yang wajib diikuti. Dalam kegiatan ini akan tampak kegiatan yang sangat bermanfaat baik untuk guru sebagai pembina maupun peserta didik sebagai yang akan dikembangkan bakat dan minatnya.

Sejak pandemi ini memang kegiatan itu tak terlaksana lagi. Tapi itu bisa menjadi suatu tolak ukur bahwa para siswa kita bisa melalukan kegiatan yang merupakan pengembangan bakat dan minat yang dimiliki dan sangat positif.

Sebut saja siswa yang bernama Aisyah. Ia menjadi andalan di tenda dalam kegiatan memasak. Ia bisa menyiapkan makanan untuk regunya. Dengan masakan yang sederhana namun itu bukanlah menjadi penghalang untuk ia menggeluti kegiatan masak memasak.

Dari hal itu, ketika pihak sekolah memilih perwakilan untuk kegiatan memperingati Hari Kesehatan yaitu membuat makanan sehat dengan menggunakan tema menggunakan bahan makanan tertentu, ia terpilih menjadi perwakilan kecamatan.

Ini adalah sesuatu yang mungkin tak kita sadari sebelumnya. Tetapi memiliki pengaruh yang besar dikemudian hari. Jadi untuk para pendidik teruslah untuk melakukan tugas sebagai pendidik dan juga dapat mengembangkan kemampuan peserta didiknya.

Swl, 01032021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

01 Mar
Balas

Terima kasih Pak Dede. Salam literasi

03 Mar

Mantab ulasannya bu. salam kenal!

01 Mar
Balas

Terima kasih Bu. Salam kembali bu

03 Mar



search

New Post