Mariyatul Kiptiyah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Masa Iddah

Masa Iddah

Jumat (28/07/2023) merupakan hari pertama saya hadir ke pertemuan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kecamatan Pademawu. Pukul 07.30 saya berangkat dari sekolah ke kantor PKG (Pusat Kegiatan Guru) atau tempat diadakan pertemuan tersebut. Sesampainya disana, ternyata sudah banyak ibu-ibu yang datang dan sebagian duduk di kursi sambil berbincang santai dengan temannya.Tidak banyak yang saya kenal karena saya baru mutasi dari kecamatan Proppo.

Pertemuan Dharma Wanita Persatuan, dimulai pukul 08.00 WIB. Seperti biasa, sekretaris DWP membacakan susunan acara. Yang paling saya suka dari acara ini, yaitu " Masalah ke Dharma Wanitaan dan oleh-oleh dari DWP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan termasuk juga acara lain-lain yang biasa diisi dengan materi kegiatan, usul saran, arisan dan jimpitan.

Ibu Aliyatul Musfirah selaku ketua DWP Kecamatan Pademawu menyampaikan masalah ke Dharma Wanitaan dan oleh-oleh dari DWP Disdikbud Kabupaten Pamekasan tentang"Masa Iddah Bagi Seorang Wanita"

Beberapa hal yang beliau sampaikan tentang masa iddah ibu hamil sampai melahirkan. Jika cerai hidup, masa iddahnya 3 kali suci, sedangkan yang suaminya meninggal, masa iddahnya 4 bulan 10 hari.

Tidak ada masa iddah bagi pasangan suami istri yang bercerai sebelum berhubungan badan. Jika suaminya pergi merantau dan keadaan suaminya tidak diketahui keberadaannya maka masa iddahnya 4 tahun 4 bulan 10 hari

Sedangkan larangan pada masa iddah, tidak boleh menerima pinangan orang lain ataupun menikah, tidak boleh keluar rumah kecuali janda miskin untuk mencari nafkah atau menghadiri wisuda anak dan selama masa iddah tidak boleh memakai bedak atau berdandan.

Sebelum acara ditutup dengan doa, ada penggalangan dana seikhlasnya untuk diberikan kepada anak yatim. Santunan anak yatim tahun ini diberikan kepada anak yatim yang ada di lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK (Taman Kanak-kanak). Sedangkan tahun depan, khusus anak yatim yang masih sekolah di tingkat SD (Sekolah Dasar)

Banyak ilmu yang saya peroleh di pertemuan ini. Semoga pada pertemuan berikutnya akan banyak ilmu yang bermanfaat bagi ibu-ibu yang hadir, terutama untuk saya pribadi. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post