Marlina

Sulung dari empat bersaudara ini kelahiran Bondowoso, 4 Maret 1971. Pendidikan dasar dan menengahnya diselesaikan di Bondowoso. Kuliah D2 PGSD di IKIP Negeri Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa harus Guru Penggerak?

Mengapa harus Guru Penggerak?

Saat ini kata Guru Penggerak bukanlah suatu hal yang asing lagi bagi insan pendidikan di negeri kita. Mas Nadiem telah mengajak guru-guru terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan di Indonesia dengan mendaftar menjadi Guru Penggerak.

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid. Selain itu juga, Guru Penggerak menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan dalam mewujudkan profil Pelajar Pancasila

Seorang Guru Penggerak harus mampu memahami dan menguasai filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara serta melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.

Selain itu Guru Penggerak juga harus mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif. Dan yang tak kalah pentingnya adalah seorang Guru Penggerak harus mampu mengembangkan dan mengomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.

Lantas mengapa harus menjadi Guru Penggerak?

Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh guru dalam posisi uenak (PW) dan enggan berubah.

Zaman berjalan seiring perputaran bumi sehingga perubahan terjadi setiap saat. Perubahan yang terjadi akan memaksa kita untuk beradaptasi agar bisa bertahan hidup, dalam arti yang lebih luas.

Sebagai seorang guru agar keberadaannya tetap diakui dan dibutuhkan dalam dunia kerja, mau tidak mau maka harus beradaptasi dengan perubahan yang ada. Program Guru Penggerak yang disesuaikan dengan perkembangan zaman ini bertujuan mulia dalam mencetak generasi emas bangsa ini. Agar posisi seorang guru tetap bertahan dengan tujuan mulianya, maka menjadi Guru Penggerak merupakan suatu tuntutan. Contoh sederhana pentingnya pengakuan Guru Penggerak yang dirupakan dalam bentuk sertifikat adalah perekrutan kepala sekolah harus dari Guru Penggerak.

Keistimewaan seorang Guru Penggerak juga dirasakan oleh mereka yang belum memiliki sertifikat pendidik sebagai guru yang professional. Seorang Guru Penggerak dalam menyelesaikan pendidikan profesi guru dalam jabatan cukup menyelesaikan UKIN dan UP saja. Dari sini terlihat betapa pentingnya sertifikat Guru Penggerak yang nota bene dimiliki oleh seorang Guru Penggerak.

Suatu saat nanti jika ada perekrutan yang berasal dari guru dalam pengembangan karier, bukan hal yang tidak mungkin kalau syarat utamanya adalah guru yang memiliki sertifikat guru penggerak. Dengan begini, guru yang enggan berkembang mau tidak mau akan tergeser dengan sendirinya jika yang bersangkutan stagnan nyaman di tempat. Mari, guru muda yang masih panjang perjalanan kariernya jangan pernah ragu untuk bergabung dalam pendidikan guru penggerak agar visi misinya sebagai seorang guru dapat terwujud sempurna.

Salam Merdeka Mengajar!

menyambut senja@poncogati, awal Februari 2023

Marlina, S.Pd.

Guru SDN Badean 1 Bondowoso

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang sangat menarik dan tentu saja sangat bermanfaat. Sukses selalu bunda

13 Feb
Balas

Guru penggerak harus bergerak demi generasi emas

26 Feb
Balas

Keren. Salam sukses

05 Feb
Balas

Mantap ulasannya, Bu. Salam gerak selalu!

24 Feb
Balas

Keren bun, daftar guru penggeraknya gimana?

03 Feb
Balas

lewat akun simpkb, Bu...sekarang angkatan 9 sedang proses penilaian esai

03 Feb

Baik terimakasih bun...

03 Feb

Keren bun, daftar guru penggeraknya gimana?

03 Feb
Balas

Saatnya kita sama sama bergerak untuk tunas pancasila bu

04 Feb
Balas

Mantap bu..

18 Feb
Balas

Mantap bu..

18 Feb
Balas

Mantab Bu, dan terus bergerak dalam memajukan pendidikan.

24 Feb
Balas



search

New Post