Marlina

Sulung dari empat bersaudara ini kelahiran Bondowoso, 4 Maret 1971. Pendidikan dasar dan menengahnya diselesaikan di Bondowoso. Kuliah D2 PGSD di IKIP Negeri Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web
Situs Megalitik Maskuning Kulon
koleksi pribadi

Situs Megalitik Maskuning Kulon

Bondowoso sedang berbenah menuju Unesco Global Geopark bersama Kabupaten Banyuwangi dengan Ijen Geopark yang terdapat di wilayahnya. Berbagai sektor dilibatkan dalam kegiatan ini, termasuk sektor pendidikan. Materi Ijen Geopark juga diharapkan include dalam proses pembelajaran sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta dalam kegiatan tersebut melalui peserta didik dan orang tua atau walinya. Para guru sibuk membuat persiapan mengajar (RPP) yang memuat materi ijen Geopark khususnya wilayah Bondowoso. Salah satu bahan bacaan yang dapat dijadikan referensi untuk materi Ijen Geopark adalah tulisan yang dibuat penulis kali ini yaitu Situs Megalitik Maskuning Kulon.

Di kawasan Ijen Geopark Wilayah Bondowoso terdapat sejumlah Situs Budaya dengan klasisfikasi Warisan Budaya Benda (Tangible Heritage) dan Tak Benda (Intangible Heritage). Salah satu warisan budaya benda (Tangible Heritage) adalah situs megalitik yang terletak di Desa Maskuning Kulon Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, sehingga terkenal dengan sebutan Situs Megalitik Maskuning Kulon. Lokasi situs ini kurang lebih 13 km dari pusat kota Bondowoso.

Terdapat 90 benda Cagar Budaya di tempat ini, yaitu Batu Silindris, Batu Dakon, Dolmen yang letaknya berdekatan, tertata rapi, dan mempunyai keunikan tersendiri. Situs ini berbentuk Komplek Pemakaman yang terbuat dari batu berbentuk besar dengan kaki-kaki dibawahnya yang bertujuan agar jenazah tidak dimakan binatang buas atau dicuri orang karena di dalamnya terdapat bekal kubur berupa perhiasan dan pelaratan lain sebagai bekal menuju Alam Nenek Moyang.

Situs megalitik Maskuning Kulon letaknya tersebar di pemukiman, kebun, dan ladang penduduk setempat. Tidak ada pagar khusus yang membatasi situs yang jumlahnya sangat banyak ini sehingga pengunjung dapat masuk kapan saja untuk melihatnya. Ada seorang petugas yang dapat memberikan penjelasan seputar situs di lokasi. Penduduk setempat juga dengan ramah dapat menunjukkan semua situs yang ada di sini. Pengunjung bisa datang untuk segera menggali informasi dan melihat secara langsung Situs Megalitik Maskunig Kulon.

Bondowoso, 15 Februari 2022

Marlina, S.Pd.

Guru SDN Dabasah 3 Bondowoso

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasan yang luar biasa

15 Feb
Balas

informatif, trims sdh berbagi.

15 Feb
Balas

Keren dan informatif.

16 Feb
Balas



search

New Post