Marliza

Marliza, M. Pd . ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perlunya PHBS

Perlunya PHBS

Marliza. M. Pd

Tagursiana. 158#

Bersih itu sehat. Kalimat ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan kalimat tersebut sangat sering kita dengarkan dan kita ucapkan. Serta semua orang sangat mendambakan wujud dari kalimat tersebut. Namun apakah semua orang sudah bisa berperilaku bersih dan sehat?. silahkan kita jawab sendiri. berikut saya uraikan tentang PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.PHBS merupakan usaha memberdayakan anggota keluarga dan masyarakat agar tahu dan mau serta mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam menggerakkannya.Hal ini dilakukan secara sadar dalam aktifitasnya. Selain itu PHBS merupakan langkah awal menuju peningkatan kualitas diri dan masyarakat. Dengan tujuan mencapai keluarga sehat ,kuat,dan tidak mudah sakit.Anak yang tumbuh sehat akan menjadi cerdas, keluarga yang sehat tentu akan giat bekerja dan beraktifitas.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu dan masyarakat. Penerapan dan edukasi PHBS ini dilaksanakan pada tatanan rumah tangga, sekolah, kantor atau tempat kerja , serta di tempat umum .

Beberapa indikator PHBS antara lain : 1. menggunakan air bersih. 2. Mencuci tangan dengan air dan sabun 3. Menggunakan jamban sehat 4. Memberantas jentik nyamuk.5. Membuang sampah pada tempatnya 6. Tidak merokok dalam rumah. Pelaksanaan indikator PHBS diberbagai tatanan dapat menjadi sebuah gerakkan untuk mengedukasi masyarakat.

Dengan terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat tentu akan membuat individu dan masyarakat yang sehat dan kuat, yang akan menopang aktifitas dan kualitas individu dan masyarakat tersebut. Apabila masyarakat sehat dan kuat tentu bangsa ini juga akan menjadi tangguh. Maka penerapan PHBS sangat perlu diaplikasikan dalam kehidupan bila ingin jadi manusia yang sehat dan berkualitas. Ayo terapkan PHBS dimana dan kapan pun juga. Salam Sehat

baitijannati.07.09.2021*****

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post