Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang Benar?

Tantangan Menulis Hari ke-41

#tantangangurusiana

Pasien yang positif terpapar virus Covid-19 di negeri ini semakin bertambah. Dari pemberitaan di televisi, melalui juru bicara mencapai angka tiga puluhan. Hal ini tentu saja semakin membuat masyarakat awam cemas dan resah. Kecemasan dan keresahan ini justru melebihi bahaya dari virus itu sendiri. Apalagi bila ditambah dengan hoaks yang dengan mudah tersebar melalui media sosial. Untuk itu Pak Jokowi juga mengingatkan agar kita mengedepankan fakta dan logika. Jangan sampai kecemasan membuat warga melakukan hal-hal yang tidak baik.

Aksi pembelian masker, hand sanitizer yang berlebihan tentu saja bukan penyelesaian masalah. Mengapa? Karena sesungguhnya masker diperuntukkan bagi mereka yang menderita, bukan mereka yang sehat. Begitu juga dengan hand sanitizer, sampai-sampai barang ini sudah langka di pasaran. Yang tak kalah heboh lagi adalah empon-empon atau jamu tradisonal. Sejak diberitakan cucurma bisa menangkal virus ini, maka masyarakat pun berbondong-bondong membeli aneka minuman dari empon-empon. Tentu saja ada sisi positif juga di sini. Banyak penjual jamu tradisional mengalami kenaikan omset penjualan yang luar biasa. Empon-empon pun akhirnya menjadi barang istimewa yang mahal di pasar.

Sebenarnya ada cara jitu yang disosialisasikan oleh World Health Organization ( WHO ), atau Badan Kesehatan Dunia. Cara mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan cuci tangan yang benar. Mudah bukan? Namun demikian cara mencuci tangan yang benar, belum semua orang mengetahuinya. Untuk itu perlu dilakukan penyuluhan atau sosialisasi di lingkungan terdekat untuk mencuci tangan yang benar, sehingga terhindar dari virus Covid-19.

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Beriut adalah cara yang disarankan oleh WHO, agar kita selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Jangan lupa gunakan air yang mengalir untuk mencuci tangan.

6 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO yaitu :

Tuang sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Poster cara cuci tangan yang benar ini sudah tersebar dan banyak di pasaran. Bisa dipasang di temapt-tempat strategis. Di beberapa titik di lingkungan sekitar kita. Cara cuci tangan yang benar dan teratur dapat mencegah penularan virus Covid-19. Mengapa? Karena cara penularan virus paling cepat adalah melalui tangan. Virus akan menempel dan mudah sekali berpindah, untuk itu mencuci tangan secara terartur dan benar menjadi sebuah keharusan agar kita tetap sehat. Sudahkah Anda mencuci tangan dengan benar?

Bantul,12032020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmunya, Insha Allah bermanfaat

12 Mar
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih sudah singgah Bund..Barakallah...Gegara tulisan ini pula saya didaulat untuk sosialisasi cuci tangan yg benar kepada para wali siswa...

12 Mar

Kebersihan itu bagian dari iman. Sejak 15 abad yang lalu Rasulullah sudah mengajarkan kita untuk selalu dalam keadaan berwuduk untuk menjaga kebersihan anggota wuduk termasuk tangan. Setidaknya kita yang muslim berwuduk 5 kali sehari. Berarti kita mencuci tangan juga sebanyak itu. Artinya bagi yang selalu berwuduk akan jauh dari virus Covid-19. Benar nggak bu?

12 Mar
Balas

Tepat Bunda....semoga dengan wudu yg benar kita terhindar dari virus-virus yang meresahkan ya..Terima kasih sdh singgah Bund.. barakallah Bun

12 Mar

Terima kasih ilmunya, bisa sy imbaskan ke murid2 saya.

12 Mar
Balas

Alhamdulillah.. Mangga Bu Tyas..ini juga habis sosialisasi ke wali siswa.. Sehat n sukses Mbak..barakallah..

12 Mar



search

New Post