Bagaimana Cara Menyusun PTK?
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) sebenarnya merupakan penelitian yang sudah tidak asing lagi bagi guru. Namun kenyataannya masih ada beberapa kendala yang dihadapi guru sehingga belum bisa menyelesaikan penyusunan PTK. Selain untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran, yang akhirnya berpengaruh pada siswa, PTK juga merupakan salah satu publikasi ilmiah yang wajib dilaksanakan oleh guru, terutama yang akan naik pangkat dari golongan 3d ke 4a.
Penelitian ini dilakukan secara siklik oleh guru dengan tindakan terhadap proses pembelajaran di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi. Melalui penelitian yang dilakukan ini guru dapat meningkatkan prosfesionalisme tanpa harus meninggalkan kelas dan pembelajaran. PTK dilakukan di kelas yang diampu, pada jam PBM yang berlangsung. Pada penelitian ini guru bisa berkolaborasi dengan teman sejawat sebagai observer atau pengamat. Jam yang dipilih untuk pelaksanaan pun bisa diusahakan ketika peneliti maupun pengamat bisa bersama-sama masuk dalam kelas.
Siklus dalam PTK minimal dua, dengan tiap siklus bisa terdiri dari dua pertemuan. Berikut adalah format mudah untuk menyusun proposal PTK yang masih bisa diubah sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing.
LATIHAN MEMBUAT PROPOSAL PTK
JUDUL:
Judul hendaknya ditulis dengan singkat dan spesifik menggambarkan masalah yang akan diteliti. Sekurang-kurangnya dalam judul mencerminkan 4 aspek yaitu:
1) Subyek penelitian, yaitu siswa kelas ... SMP .....
2) Obyek atau masalah yang akan diteliti (aspek, skill, pokok bahasan)
3) Cara yang akan digunakan (metode atau media)
4) Wadah atau pada mata pelajaran apa
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kondisi ideal yang diharapkan
............................................................................................................................................................
Kenyataannya
............................................................................................................................................................
Bukti
............................................................................................................................................................
Faktor penyebab
............................................................................................................................................................
Solusi/cara pemecahan masalah
............................................................................................................................................................
Penjelasan singkat solusi yang digunakan
............................................................................................................................................................
Keunggulan solusi yang digunakan
............................................................................................................................................................ B. Rumusan Masalah
a. Apakah .............. dapat meningkatkan................................................................... ?
b. Bagaimanakah.................. dapat meningkatkan.................?
c. Bagaimanakah peningkatan .......................... setelah mengikuti pembelajaran ..................................... menggunakan ............................?
B. Tujuan Penelitian
a. Untuk meningkatkan ..................................................................................
b. Untuk meningkatkan ...................................................................................
C. Manfaat Penelitian
a. Bagi Siswa
......................................................................................................................................................
b. Bagi Guru
......................................................................................................................................................
c. Bagi Sekolah/peneliti lain
......................................................................................................................................................
II. KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Kajian Pustaka (Tulis teori tentang metode, teknik, atau media pembelajaran yang yang digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam penelitian serta hasil penelitian sebelumnya (bila ada) ).
a. ......................................................................................................................................................
b. ......................................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................................
d. ......................................................................................................................................................
B. Hipotesis Tindakan
Penggunaan ...................................dapat meningkatkan ................................................................
III. METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian
Berisi waktu dan tempat penelitian: kapan dan dimana penelitian dilakukan?
Alasan pemilihan tempat dan waktu penelitian:
............................................................................................................................................................
B. Subjek Penelitian
Siswa kelas ............... jumlah .................
Alasan pemilihan kelas tersebut dijadikan subjek penelitian:
............................................................................................................................................................
C. Rancangan Penelitian (Prosedur Penelitian)
Sajikan gambar kemudian berilah penjelasan.
Contoh gambar:
Perencanaan
Refleksi
Pelaksanaan/Tindakan
Pengamatan
Penjelasan Gambar
1. Perencanaan
Tulis kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan.
.....................................................................................................................................................
2. Pelaksanaan
Tulis langkah-langkah pelaksanaan tindakan atau langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Awal ..................................................................................................................................................... Kegiatan Inti
..................................................................................................................................................... Kegiatan Penutup
.....................................................................................................................................................
3. Pengamatan
Tulis kapan dilakukan pengamatan dan apa yang diamati.
.....................................................................................................................................................
4. Refleksi
Tulis kapan dilakukan refleksi dan apa yang dilakukan.
.....................................................................................................................................................
D. Teknik Pengumpulan Data
Bagaimana cara pengumpulan data? Apa saja alat/instrumen utk mengumpulkan data?
1. Pedoman Observasi
Digunakan untuk mengamati ..............................................................................................................
2. Pedoman Wawancara
Digunakan untuk .............................................................................................................................
3. Catatan Lapangan
Digunakan untuk .............................................................................................................................
4. Tes ....................................
Digunakan untuk .............................................................................................................................
5. Instrumen lainnya?
......................................................................................................................................................
E. Indikator Kinerja (Indikator Keberhasilan Penelitian)
Tulis batas minimal penelitian dikatakan berhasil.
Misal: Penelitian ini dikatakan berhasil apabila: ............................................................................................................................................................ Teknik Analisis Data
1. Tulis teknik analisis data apa yg akan dilakukan:
......................................................................................................................................................
2. Tulis langkah-langkah melakukan analisis data:
..........................................................................................................................................................
IV. JADWAL PENELITIAN
Tulis jadwal atau rencana pelaksanaan penelitian dari awal hingga akhir. Lebih sistematis apabila jadwal dibuat dalam bentuk matrik.
Contoh:
No.
Uraian Kegiatan
Pelaksanaan/Bulan/Minggu ke-
Juli 2019
Agustus 2019
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1.
Penentuan subjek penelitian
2.
Pembuatan instrumen pnltn
3.
Koordinasi dgn para pengamat
4.
Pelaksanaan pre test
5.
Pelaksanaan Tindakan I
6.
Dst ............
V. DAFTAR PUSTAKA
Tulis/susun daftar pustaka dengan menggunakan pedoman penulisan yang berlaku.
Semoga format di atas bisa mempermudah guru dalam menyusun PTK.
Sumber: Workshop PTK bersama Pak Agus Ramea ( Pengawas )
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) sebenarnya merupakan penelitian yang sudah tidak asing lagi bagi guru. Namun kenyataannya masih ada beberapa kendala yang dihadapi guru sehingga belum bisa menyelesaikan penyusunan PTK. Selain untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran, yang akhirnya berpengaruh pada prestasi siswa, PTK juga merupakan salah satu publikasi ilmiah yang wajib dilaksanakan oleh guru, terutama yang akan naik pangkat dari golongan 3d ke 4a.
Penelitian ini dilakukan secara siklik oleh guru dengan tindakan terhadap proses pembelajaran di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi. Melalui penelitian yang dilakukan ini guru dapat meningkatkan prosfesionalisme tanpa harus meninggalkan kelas dan pembelajaran. PTK dilakukan di kelas yang diampu, pada jam PBM yang berlangsung. Pada penelitian ini guru bisa berkolaborasi dengan teman sejawat sebagai observer atau pengamat. Jam yang dipilih untuk pelaksanaan pun bisa diusahakan ketika peneliti maupun pengamat bisa bersama-sama masuk dalam kelas.
Siklus dalam PTK minimal dua, dengan tiap siklus bisa terdiri dari dua pertemuan. Berikut adalah format mudah untuk menyusun proposal PTK yang masih bisa diubah sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing.
LATIHAN MEMBUAT PROPOSAL PTK
JUDUL:
Judul hendaknya ditulis dengan singkat dan spesifik menggambarkan masalah yang akan diteliti. Sekurang-kurangnya dalam judul mencerminkan 4 aspek yaitu:
1) Subyek penelitian, yaitu siswa kelas ... SMP .....
2) Obyek atau masalah yang akan diteliti (aspek, skill, pokok bahasan)
3) Cara yang akan digunakan (metode atau media)
4) Wadah atau pada mata pelajaran apa
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kondisi ideal yang diharapkan
............................................................................................................................................................
Kenyataannya
............................................................................................................................................................
Bukti
............................................................................................................................................................
Faktor penyebab
............................................................................................................................................................
Solusi/cara pemecahan masalah
............................................................................................................................................................
Penjelasan singkat solusi yang digunakan
............................................................................................................................................................
Keunggulan solusi yang digunakan
............................................................................................................................................................ B. Rumusan Masalah
a. Apakah .............. dapat meningkatkan................................................................... ?
b. Bagaimanakah.................. dapat meningkatkan.................?
c. Bagaimanakah peningkatan .......................... setelah mengikuti pembelajaran ..................................... menggunakan ............................?
B. Tujuan Penelitian
a. Untuk meningkatkan ..................................................................................
b. Untuk meningkatkan ...................................................................................
C. Manfaat Penelitian
a. Bagi Siswa
......................................................................................................................................................
b. Bagi Guru
......................................................................................................................................................
c. Bagi Sekolah/peneliti lain
......................................................................................................................................................
II. KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Kajian Pustaka (Tulis teori tentang metode, teknik, atau media pembelajaran yang yang digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam penelitian serta hasil penelitian sebelumnya (bila ada) ).
a. ......................................................................................................................................................
b. ......................................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................................
d. ......................................................................................................................................................
B. Hipotesis Tindakan
Penggunaan ...................................dapat meningkatkan ................................................................
III. METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian
Berisi waktu dan tempat penelitian: kapan dan dimana penelitian dilakukan?
Alasan pemilihan tempat dan waktu penelitian:
............................................................................................................................................................
B. Subjek Penelitian
Siswa kelas ............... jumlah .................
Alasan pemilihan kelas tersebut dijadikan subjek penelitian:
............................................................................................................................................................
C. Rancangan Penelitian (Prosedur Penelitian)
Sajikan gambar kemudian berilah penjelasan terkait dengan perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi.
Penjelasan Gambar
1. Perencanaan
Tulis kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan.
.....................................................................................................................................................
2. Pelaksanaan
Tulis langkah-langkah pelaksanaan tindakan atau langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Awal ..................................................................................................................................................... Kegiatan Inti
..................................................................................................................................................... Kegiatan Penutup
.....................................................................................................................................................
3. Pengamatan
Tulis kapan dilakukan pengamatan dan apa yang diamati.
.....................................................................................................................................................
4. Refleksi
Tulis kapan dilakukan refleksi dan apa yang dilakukan.
.....................................................................................................................................................
D. Teknik Pengumpulan Data
Bagaimana cara pengumpulan data? Apa saja alat/instrumen utk mengumpulkan data?
1. Pedoman Observasi
Digunakan untuk mengamati ..............................................................................................................
2. Pedoman Wawancara
Digunakan untuk .............................................................................................................................
3. Catatan Lapangan
Digunakan untuk .............................................................................................................................
4. Tes ....................................
Digunakan untuk .............................................................................................................................
5. Instrumen lainnya?
......................................................................................................................................................
E. Indikator Kinerja (Indikator Keberhasilan Penelitian)
Tulis batas minimal penelitian dikatakan berhasil.
Misal: Penelitian ini dikatakan berhasil apabila: ............................................................................................................................................................ Teknik Analisis Data
1. Tulis teknik analisis data apa yg akan dilakukan:
......................................................................................................................................................
2. Tulis langkah-langkah melakukan analisis data:
..........................................................................................................................................................
IV. JADWAL PENELITIAN
Tulis jadwal atau rencana pelaksanaan penelitian dari awal hingga akhir. Lebih sistematis apabila jadwal dibuat dalam bentuk matrik.
Contoh:
No.
Uraian Kegiatan
Pelaksanaan/Bulan/Minggu ke-
Juli 2019
Agustus 2019
I
II
III
IV
I
II
III
IV
1.
Penentuan subjek penelitian
2.
Pembuatan instrumen pnltn
3.
Koordinasi dgn para pengamat
4.
Pelaksanaan pre test
5.
Pelaksanaan Tindakan I
6.
Dst ............
V. DAFTAR PUSTAKA
Tulis/susun daftar pustaka dengan menggunakan pedoman penulisan yang berlaku.
Semoga format di atas bisa mempermudah guru dalam menyusun PTK.
Sumber: Workshop PTK bersama Pak Agus Ramea, M.Pd. ( Pengawas )
Sekolahku,02042019
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar