Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru seperti Apakah Saya?

Guru seperti Apakah Saya?

Waktu terus berlalu, jaman terus berganti, roda kehidupan pun terus berputar. Demikian juga dengan dunia Pendidikan terus bergerak, sebagaimana tata surya. Semua berrotasi dan berevolusi seperti yang seharusnya. Namun sejauh ini guru seperti apakah kita? Bagaimana nilai dan peran guru?

Ada beberapa nilai yang harus dimiliki seorang guru penggerak, di antaranya adalah ;

1. Mandiri

Mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan, tiddak menunggu atau bergantung pada orang lain.

2. Reflektif

Mampu merefleksikan setiap kejadian di sekitarnya baik pada diri sendiri maupun orang lain. Mau membuka diri terhadap pengalaman yang telah dilaluinya atau mengevaluasi setiap pengalaman guna menentukan Langkah selanjutnya.

3. Kolaboratif

Mampu membina hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak, pemangku kepentingan dari dalam sekolah maupun luar sekolah.

4. Inovatif

Mampu memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi dan masalah tertentu.

5. Berpihak pada murid

Mampu bergerak dengan mengutamakan kepentingan dan perkembangan murid atau peserta didik.

Nilai-nilai itu sangat penting dimiliki oleh seorang guru penggerak, agar mampu menjalankan peran untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Apa saja peran guru penggerak?

1. Menjadi pemimpin pembelajaran

2. Menggerakkan komunitas praktisi

3. Menjadi coach bagi guru yang lain

4. Mendorong kolaborasi antar guru

5. Mewujudkan kepemimpinan pada murid

Suka tidak suka ketika kita sudah memilih menjadi guru maka sosok kita pun dipandang dari segala sisi, sehingga dianggap menjadi teladan baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar , untuk itu nilai-nilai ini semestinya melekat dalam diri seorang guru penggerak.

Setelah mengikuti paparan dai nara sumber , ada bebrapa ide baru yang saya dapatkan, bahwa ternyata dalam kolaboratif kita harus menjaga komunikasi yang baik secara konsisten dan kontinyu. Demikian juga ketika menjadi coach bagi guru lain, semstinya kita tidak hanya sekadar mendampingi saja, tetapi mampu menemukan kelebihan yang dimiliki oleh rekan lain, sehingga bisa berjalan bersama untuk mengembangkan diri secara maksimal.

Konsep utama yang saya pelajari dari materi ini adalah betapa pentingnya kelima nilai seorang guru penggerak. Nilai-nilai itu harus tumbuh dalam diri dan melekat agar bisa mengambil peran dalam aksi nyata mewujudkan merdeka belajar.

Guru adalah tukang kebun atau petani, agar bisa bertani dengan baik, maka harus mau untuk berubah dan terus belajar. Saya pun merasa belumlah menjadi petani yang andal, maka saya pun ingin terus belajar , tidak sehari atau dua hari tetapi butuh waktu dan proses agar nilai-nilai itu melekat dalam diri . Mungkin butuh waktu yang tak cepat, namun saya yakin tekad dan kemauan dalam diri untuk terus belajar dan mengambil peran dalam perubahan ini akan menjadi modal utama untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui merdeka belajar. Semoga Allah mengijinkan, guru bergerak, Indonesia maju.

Salam dan bahagia

#jurnalrefleksimingguke-4

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Guru bergerak Indonesia maju. Sukses selalu buat Ibu Marlupi

12 Sep
Balas

Terima kasih Bapak... Salam dan bahagia

12 Sep

Guru seperti harapan mas menteri... Yang up to date.. Salam Kenal bunda...

12 Sep
Balas

Semoga... salam kenal juga Bapak.. Salam literasi

12 Sep

Guru jaman now Bu itu yang diharapkan, salam kenal ijin follow dan follow back ya terima kasih

14 Sep
Balas

siap Bapak.. terima kasih sdh singgah

19 Jul



search

New Post