Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manajemen Perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA

Manajemen Perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA

Tujuan visi adalah mencapai perubahan yang lebih baik dari kondisi saat ini sebagai garis “start” dan membayangkan garis “finish” seperti apa yang ingin dicapai. Untuk mencapai finish maka diperlukan alat dan Inquiri Apresiatif adalah alat untuk mencapainya.

Inkuiri Apresiatif ( IA ) merupakan manajemen perubahan secara kolaboratif dan berbasis pada kekuatan. Setiap orang pada dasarnya memiliki inti positif yang dapat memberi kontribusi melalui hal-hal yang positif yang pernah dicapai dan kekuatan-kekuatan yang dimiliki sehingga bisa menentukan langkah selanjutnya.

Menurut Cooperrider, saat ini kita hidup pada zaman yang membutuhkan mata yang dapat melihat dan mengungkap hal yang benar dan baik. Mata yang mampu membukakan kemungkinan perbaikan dan memberikan penghargaan. Bila organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan meningkat dan kemudian organisasi akan berkembang secara berkelanjutan.

Pemimpin harus bisa menyelarasakan kekuatan yang dimiliki, dimulai dari hal-hal yang positif. Hal-hal baik yang telah dicapai, apa yang menarik dan bagaimana cara mengembangkannya.

IA dimulai dari pertanyaan utama. Ada beberapa tahapan dalam IA yang disingkat dengan istilah BAGJA. Sementara Bagja dalam Bahasa Sunda berarti Bahagia. Berikut tahapan dalam BAGJA ;

1. Buat Pertanyaan

Hal ini bertujuan untuk menentukan arah penelusuran dengan beberapa pertanyaan, yang kemudian diambil kalimat utama

2. Ambil Pelajaran

Digunakan untuk menuntun mengambil pelajaran atau hikmah

3. Gali Mimpi

Menggali mimpi, keadaan ideal yang diinginkan bisa dengan menyusun narasi keadaan yang diinginkan

4. Jabarkan Rencana

Mengidentifikasi tindkaan yang diperlukan

5. Atur Eksekusi

Membantu transformasi rencana menjadi nyata

Mengelola perubahan bagaikan burung yang baru belajar terbang, ia tidak akan langsung naik ke atas, tetapi ke bawah baru kemudian bisa ke atas. Perlu proses dan waktu secara bertahap.

Manajemen perubahan IA dan tahapan BAGJA ini penting bagi guru penggerak untuk mewujudkan visi. Guru penggerak harus bisa belajar dari hal-hal positif yang terjadi, menemukan kekuatan-kekuatan yang dimiliki, sehingga bisa menyusun strategi dan Langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai visi tersebut.

Pada intinya perubahan akan terjadi bila orang-orang dibangunkan, lingkungan diciptakan dan kebiasaan-kebiasaan lama ditinggalkan. Pendekatan perubahan diawali dengan pertanyaan utama dan mengikuti sintaks BAGJA. Dengan berbasis kekuatan yang dimiliki para guru penggerak, berkolaborasi dan akhirnya akan mampu mengeksekusi dengan strategi dan aksi nyata yang tepat.

Mari menjadi bagian dari perubahan. Guru Bergerak, Indonesia Maju

Salam dan Bahagia

#Marlupi_CG1_80# 1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post