Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Navigasi Web
PHBS, Pentingkah?

PHBS, Pentingkah?

Tantangan Menulis Hari ke-42

#tantangangurusiana

Virus Covid-19 benar-benar mendapat perhatian sereius dari semua pihak. Saling bahu membahu untuk mencegah penyebaran virus ini. Virus ini telah menjadi pandemi, menyebar secara serempak di berbagai tempat di dunia ini. Berbagai upaya penyuluhan, sosialisasi dilakukan baik di lingkungan masyarakat maupun lingkungan pendidikan. Salah satunya adalah melalui penyuluhan atau penyegaran kembali Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ). Pun demikian dengan sekolah kami.

Pada waktu pertemuan dengan orang tua/wali siswa , sekaligus kami gunakan sebagai tempat untuk berbagi dan sosialisasi PHBS. Apabila orang tua mengetahui dan menerapkan, harapannya akan tercipta kehidupan yang bersih dan sehat naik di sekolah maupun di rumah. Apakah PHBS itu?

PHBS di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Beberapa contoh PHBS di sekolah antara lain;

Mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun

Cuci tangan kembali digalakkan, karena tangan sangat mudah sekali menularkan virus. Seringnya cuci tangan yang benar diharapkan dapat menekan penyebaran virus. Ada poin pokok yang perlu diperhatikan dalam melakukan cuci tangan yang benar. Mulai dari penggunaan sabun dan air mengalir. Menggosok telapak tangan, punggung tangan, sela jari-jari, kunci genggaman tangan, memutar ibu jari secara bergantian, kemudian memutar seluruh jari pada telapak tangan, dan yang terakhir pergelangan tangan.

Mengkonsumsi jajanan sehat di warung/ kantin sekolah

Memperbanyak makan buah dan sayur untuk menambah daya tahan tubuh. Tubuh yang fit dan sehat diharapkan dapat menangkal penyebaran virus.

Membuang sampah pada tempatnya

Menjaga lingkungan dari sampah, dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Hal ini bisa dilakukan dengan program TSP. Tahan buang sampah sembarangan. Simpan sampah pada tempatnya. Pungut sampah, berkah. Perilaku membuang sampah pada tempatnya ini sangat mendukung agar virus tidak berkembang dengan baik di lingkungan yang bersih dan sehat.

Olahraga secara teratur dan terukur

Menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga yang teratur dan terukur. Tidak berlebihan , dan dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh.

Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan minimal 6 bulan sekali. Tidak merokok di lingkungan sekolah Memberantas jentik nyamuk Menggunakan jamban bersih dan sehat

Demikian beberapa PHBS yang perlu ditanamkan kepada seluruh warga sekolah dan masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Semoga tetap sehat dan selaludalam lindungan-Nya.

Bantul,13032020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post