MARNIATI, S.Sos, M.Pd

Hamba Allah yang diamanahkan sebagai Pendidik pada MTsN 1 kota Pekanbaru...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perbaiki Diri Lakukan yang Terbaik

Perbaiki Diri Lakukan yang Terbaik

Tantangan H-24

Pernahkah ketika sedang ada masalah, kemudian mendengar atau membaca tulisan seakan memberikan pencerahan dari masalah yang sedang kita hadapi ??!

Jawabannya, Ada. Bahkan kita jadi berkata sendiri, kok masalahnya seperti yang sedang saya hadapi ya ...

Kalau kita berpikir dan renungkan, maka disitulah sebenarnya cara Allah memberikan jawaban terhadap masalah yang sedang kita hadapi.

Bagi hati yang lapang ia akan menerima, merasa bersyukur dan dapat mengambil pelajaran dari pencerahan tersebut. Sebaliknya hati yang sempit akan merasa tersinggung dan marah.

Saya pernah mendengar kata ulama, ada 2 tipe manusia SALAH di dunia ini. Pertama, ia salah dan ketika di beri tahu atau di nasehati maka ia berubah, menjadi benar. Kedua, ia salah, ketika di beri tau atau di nasehati, ia tidak menerima karena merasa tidak salah.

Kedua tipe manusia ini nyata, kedua-dua nya ada dalam kehidupan kita.

Tipe yang menerima dan menjadi benar/baik, kita bagi lagi :

A, menjadi baik kemudian bisa ikhlas dan sabar. Kedua, B, menjadi baik tapi tidak ikhlas dan sulit untuk sabar.

Kita bahas saja tipe yang pertama, A. Menjadi Baik, Sabar dan Ikhlas. Mengapa ?? karena ini tipe yang sebaiknya ada pada diri kita.

Ikhlas melakukan kebaikan semata-mata karena Allah SWT, mengharapkan Ridho-Nya. Bukan mengharapkan pujian orang.

Orang yang ikhlas ketika berbuat , tidak lagi memperdulikan penilaian manusia, yang terpenting ia berbuat tidak melanggar ketentuan dan tidak merugikan orang lain.

Baginya pujian dan cacian tidak akan mempengaruhi sikapnya. Seperti istilah yang mengatakan orang yang ikhlas "Tidak akan menjadi tinggi karena pujian dan Tidak akan hina karena cacian.

Bagi orang yang ikhlas, derajat seseorang di angkat oleh Allah SWT bukan oleh manusia.

Jadi bagaimana cara nya kita bisa ikhlas dan sabar kata kunci nya adalah Perbaiki Diri untuk bisa ikhlas, Lakukan yang Terbaik dan kemudian bersabar.

Tidak mudah tapi terus berusaha ...

Pekanbaru, Selasa 28 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kalau pendapat saya Bu, ikhlas itu masalah hati dan sepenuhnya kita serahkan kepada Allah SWT. Kita tetap saja memperbaiki diri. Dan tetap optimis! Pasti ada jalan keluarnya. 'Innama 'al ushri yusroo. Wa innama 'al ushri yusroo.'

22:27
Balas

InsyaAllah pak ...Ikhlas ternyata sangat sulit kalau kita masih memikirkan penilaian manusia

03 May



search

New Post